Doyan Makan Mie, Ini Resep Membuat Mie Lezat

Jika kalian ingin membuat mie sendiri kalian bisa mengikuti resep mie yang dibuat oleh Chef Devina Hermawan. Simak ulasannya berikut.
Ilustrasi - Mie. (Foto: Tagar/Unsplash/@wendyrake)

Jakarta – Mie merupakan suatu makanan pokok yang digunakan oleh sebagian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan karbohidratnya. Umumnya masyarakat membeli mie yang sudah siap makan atau mie instan untuk mereka konsumsi, namun apakah kita bisa membuat mie sendiri di rumah?

Karbohidrat merupakan suatu zat gizi yang digunakan sebagai energi bagi tubuh manusia. Mie menjadi salah satu makanan alternatif yang bisa dikonsumsi manusia sebagai pemenuh karbohidrat selain nasi.

Tepung terigu yang menjadi bahan utama pembuat mien adalah alasan mie dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Umumnya masyarakat membeli mie siap saji atau mie instan untuk dimakan dibandingkan membuatnya sendiri.

Lantas apakah masyarakat bisa membuat mie sendiri dari bahan dasar tepung terigu? Jawabannya adalah bisa. Meskipun terkadang memberikan rasa yang berbeda, namun mie buatan sendiri lebih sehat loh dibandingkan membeli mie siap saji ataupun mie instan.

Alasan utama yang mendasari mie buatan sendiri sehat adalah kita mengetahui semua bahan yang kita gunakan di dalamnya. Jika kalian ingin membuat mie sendiri kalian bisa mengikuti resep mie yang dibuat oleh Chef Devina Hermawan seperti di bawah ini.


Bahan-bahan yang diperlukan

  • 450 gr tepung protein sedang
  • 200 ml air
  • 2 sdt garam
  • 1 ½ sdm minyak
  • Maizena secukupnya


Langkah-langkah berikut

  1. Setelah semua bahan siap kalian bisa memulai dengan mencampurkan semua bahan hingga tercampur rata dan berbentuk adonan.
  2. Setelah berbentuk adonan diamkan selama 2 jam dan tutupi dengan cling wrap atau lap bersih
  3. Uleni adonan sesekali dan istirahatkan 20-30 menit, lakukan proses ini 2-3 kali hingga adonan menjadi kalis
  4. Taburi talenan dengan tepung maizena, pipihkan adonan menggunakan rolling pin hingga ketebalan ½ cm
  5. Jangan lupa taburi seluruh permukaan adonan dengan tepung maizena hingga rata
  6. Setelah Rata kemudian lipat dan iris menggunakan pisau sesuai ketebalan yang diinginkan
  7. Mie siap digunakan

Resep mie diatas untuk 4-5 porsi oleh karena itu dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Kalian juga dapat melihat video pembuatan mie ini di kanal YouTube Devina Hermawan dengan judul “TANPA Telur & Mesin: Resep Mie Kenyal [100% Sukses, Bikin Sendiri]”

(Dimas Rafika)


Berita terkait
Bisa Jadi Ide Berjualan, Ini Resep Sempol Ayam Tanpa Daging
Menjadi gorengan yang selalu berhasil memikat pelanggan dengan cita rasa khasnya, berikut resep sempol ayam tanpa daging dan ini cara membuatnya.
Bosen Digoreng Terus? Ini Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak
Salah satu olahan ayam panggang yang wajib kamu coba adalah dengan dibaluri bumbu rujak. Nah, berikut baha-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat.
Resep Membuat Bubur Mutiara yang Murah Meriah
Yuk simak bagaimana cara membuat bubur mutiara yang murah meriah ala rumahan.
0
Doyan Makan Mie, Ini Resep Membuat Mie Lezat
Jika kalian ingin membuat mie sendiri kalian bisa mengikuti resep mie yang dibuat oleh Chef Devina Hermawan. Simak ulasannya berikut.