Mengenal Lebih Dekat Soal Asuransi Travel dan Macam Jenisnya

Siapkan asuransi perjalanan jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan, jangan sudah sampai di tempat tujuan baru mengajukan asuransi sia-sia deh.
Ilustrasi traveling. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Asuransi travel siap menjadikan liburan Anda terasa aman dan nyaman. Anda bisa mengisi agenda pergantian tahun dengan liburan panjang, tentu akan terasa seru dan menyenangkan. Terutama Bagi Anda yang telah melindunginya dengan asuransi travel. 

Banyak program dan paket dari asuransi travel yang bisa disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan Anda. Ini akan sangat menguntungkan, terutama bagi Anda yang selalu merencanakan perjalanan setiap tahunnya.

Asuransi travel adalah produk asuransi yang ditujukan untuk memberikan perlindungan pada orang – orang yang tengah melakukan perjalanan. Asuransi ini biasanya memiliki masa berlaku yang relatif singkat, yaitu antara satu minggu hingga maksimal 1 tahun. 

Seperti yang telah kita ketahui bersama, ketika sedang berada di perjalanan, ada banyak kemungkinan dan risiko yang mungkin kita alami. Dari mulai risiko kehilangan barang di bagasi pesawat sampai dengan risiko meninggal dunia karena kecelakaan di perjalanan. Semua risiko tersebut sangat mungkin kita alami.

Nah, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi nya semua kejadian tersebut, kita dapat membeli produk asuransi travel. Harapan nya, dengan ada nya produk asuransi ini aktivitas perjalanan kita akan bisa berlangsung dengan lebih nyaman.


Jenis-jenis Asuransi Travel

Saat ini asuransi travel sudah tersedia dalam berbagai macam jenis. Setiap jenis asuransi travel tersebut biasa nya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda – beda. Sehingga konsumen bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi mereka masing – masing


Asuransi Travel Berdasarkan Frekuensi Perjalanan

Berdasarkan frekuensi perjalanan yang akan dilakukan, asuransi travel dapat dibagi menjadi dua jenis. Yaitu asuransi travel untuk satu kali perjalanan, dan asuransi travel untuk perjalanan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu (annual travel insurance). 

Asuransi travel untuk satu kali perjalanan memiliki jangka waktu yang sangat singkat, yaitu hanya selama masa perjalanan saja. Asuransi ini sangat cocok untuk Anda yang tidak terlalu sering melakukan perjalanan.

Sebaliknya, annual travel insurance memiliki jangka waktu yang relatif lebih panjang, yaitu berkisar antara beberapa bulan hingga satu tahun. Karena jangka waktu nya yang lebih panjang, asuransi ini memiliki beban premi yang jauh lebih mahal. Dalam praktek nya, asuransi travel jenis ini cenderung lebih cocok untuk Anda yang sering melakukan perjalanan ke luar kota.


Asuransi Travel Berdasarkan Jumlah Orang

Satu akun asuransi travel bisa digunakan untuk menampung lebih dari satu orang. Oleh karena nya, jika dilihat dari jumlah orang yang akan ditanggung. Maka asuransi travel dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu individual travel insurance, dan group travel insurance.

Individual travel insurance merupakan asuransi travel yang hanya dapat digunakan untuk satu orang saja. Sedangkan group travel insurance adalah asuransi travel yang bisa digunakan untuk menampung beberapa orang sekaligus. Dalam prakteknya, group travel insurance biasanya sering digunakan oleh perusahaan yang hendak memberangkatkan karyawan untuk perjalanan dinas ke luar kota.


Asuransi Travel Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Berdasarkan tujuan perjalanan nya, asuransi travel dapat dikelompokkan menjadi dua jenis. Yaitu asuransi travel untuk aktivitas wisata / aktivitas travelling dan asuransi travel untuk aktivitas bisnis. Biasanya asuransi travel untuk perjalanan wisata cenderung memiliki beban premi yang sedikit lebih besar. Jika yang jadi perbandingannya dengan beban premi asuransi travel untuk perjalanan bisnis.


Asuransi Travel Berdasarkan Tempat Tujuan

Berdasarkan tempat tujuan perjalanan, produk asuransi travel dapat digolongkan menjadi dua jenis. Yaitu asuransi travel untuk perjalanan domestik dan asuransi travel untuk perjalanan luar negeri atau pun internasional. Biasanya asuransi travel untuk perjalanan domestik cenderung memiliki beban premi yang jauh lebih murah. Ketimbang beban premi asuransi travel untuk perjalanan manca negara.

Dalam prakteknya, beberapa perusahaan asuransi travel yang ada pada saat ini juga banyak yang menyediakan asuransi travel untuk ke dua jenis tujuan perjalanan sekaligus. Annual travel insurance misalnya, produk asuransi travel yang berlaku dalam kurun waktu satu tahun. Ini biasa nya bisa digunakan untuk semua jenis perjalanan. Baik itu perjalanan domestik (dalam negeri), mau pun perjalanan manca negara (internasional).


Asuransi Travel Khusus untuk Pelajar di Luar Negeri

Jenis Asuransi travel yang satu ini yang diperuntukkan bagi para mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di luar negeri. Manfaatnya mencakup banyak hal, seperti perlindungan selama mereka berada dalam perjalanan dari Indonesia ke luar negeri. Yakni asuransi jiwa hingga asuransi kehilangan barang selama mereka berada di luar negeri, dan lain sebagainya.


Asuransi Travel Khusus

Asuransi travel ini ditujukan untuk aktivitas perjalanan yang dijalankan pada waktu – waktu tertentu. Contohnya asuransi travel jenis ini adalah asuransi untuk para peserta haji dan umroh yang hendak berangkat ke Tanah Suci Mekah.

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda.

Buat Anda para pecinta travelling dalam maupun luar negeri wajib memiliki asuransi perjalanantiap kali pergi travelling. Walaupun hanya dalam negeri atau sekitaran negara Anda Masing-masing, kita nggak akan pernah tau risiko seperti apa nantinya yang kita temui. 

Siapkan asuransi perjalanan jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan, jangan sudah sampai di tempat tujuan baru mengajukan asuransi sia-sia deh. Yang harus selalu diingat adalah teliti membaca polis serta pahami hak dan kewajiban sebelum menentukan pilihan asuransi perjalanan.[]


(Farhan Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Tips Mencari Makanan Enak Saat Traveling
Makanan enak bisa ditemukan hampir dimana saja. Tanpa menggunakan ulasan online, berikut tips untuk mengetahui makanan yang lezat saat traveling.
Jakarta-Surabaya Rp 700 Ribu, Artis Ini Nyaman Traveling Mobil
Dengan mobilnya, artis ini melintasi Surabaya dari Jakarta lantas nyeberang liburan ke Pulau Bali.
Yuk, Simak 3 Ide Berkelanjutan Traveling ke Anyer Banten
Provinsi Banten memiliki banyak destinasi wisata menarik. Seperti di Anyer berjejer keindahan alam berupa pantai yang cantik.
0
Mengenal Lebih Dekat Soal Asuransi Travel dan Macam Jenisnya
Siapkan asuransi perjalanan jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan, jangan sudah sampai di tempat tujuan baru mengajukan asuransi sia-sia deh.