6 Tips Traveling di Era New Normal yang Wajib Kamu Ketahui

Pelonggaran pembatasan sosial tentunya membuat orang-orang tidak sabar untuk melakukan perjalan wisata. Berikut tips yang harus diketahui.
Ilustrasi - Tips & trik traveling. (Foto: Tagar/Unplash/Annie Spratt)

Jakarta - Pelonggaran pembatasan sosial tentunya membuat orang-orang tidak sabar untuk melakukan perjalan wisata. Walaupun saat ini beberapa tempat wisata sudah mulai buka walaupun hanya beberapa saja dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat.

Namun ada beberapa hal nih yang harus kalian tahu sebelum kamu melakukan traveling ke beberapa tempat wisata agar kamu tetap terlindungi dari terpaparnya Covid-19. Nah berikut ini tips yang dapat membuat kamu tetap aman.


1. Cek kesehatan tubuh

Sebelum berpergian, pastikan tubuh kamu dalam keadaan sehat dan sedang tidak dalam keadaan sakit apapun. Kemauan cobalah untuk melakukan swab test atau rapid test hal ini bertujuan untuk memastikan kamu bahwa kamu tidak membawa virus covid-19 saat berpergian. 

Selain itu, hasil dari rapid test atau swab test juga diperlukan loh sebagai syarat untuk memasuki wilayah-wilayah ataupun destinasi wisata tertentu.


2. Hindari kerumunan serta jaga jarak

Pastikan anda menghindari kerumunan dan berjaga jarak pada saat berpergian ke wisata manapun hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari terpaparnya virus Covid-19.


3. Membawa alat kebersihan sendiri

Sangat dianjurkan untuk membawa alat kebersihan sendiri seperti Hand Sanitizer, Sabun, serta masker. Penggunaan masker sangatlah penting maka dari itu disarankan untuk membawa masker cadangan guna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


4. Menggunakan pembayaran non-tunai

Dengan melakukan pembayaran non-tunai hal ini dapat menghindari kontak langsung dengan orang-orang yang ada di sekitar kalian, sehingga dapat mengurangi potensi terpaparnya virus Covid-19. 

Saat ini juga sudah banyak metode pembayaran non-tunai antara lain seperti debit ataupun dengan Smartphone yang dapat mempermudahkan kita dalam bertransaksi.


5. Pilihlah destinasi wisata outdoor daripada indoor

Selama menerapkan protokol kesehatan seperti berjaga jarak, destinasi outdoor merupakan destinasi yang cenderung lebih aman ketimbang indoor yang lebih banyak memberikan potensi penyebaran virus lebih banyak. Destinasi outdoor juga tidak kalah menarik antara lainnya seperti gunung, pantai, taman, dan lain-lainnya.


6. Menentukan destinasi wisata

Selama pandemi Covid-19 banyak sekali tempat wisata yang harus ditutup demi menurunkan angka penyebaran Covid-19. Akan tetapi saat ini sudah beberapa tempat wisata sudah mulai buka karena menurunnya angka penyebaran Covid-19 namun tetap harus melakukan protokol kesehatan. 

Disarankan untuk memilih destinasi wisata yang tidak terlalu berdampak alias zona hijau. Destinasi zona hijau ini dianggap akan memberikan manfaat yang besar dengan resiko rendah terhadap penularan Covid-19

(Ranutyas Djati Kusuma)


Berita terkait
Wisata Budaya di Papua dan Papua Barat
Inilah referensi tempat-tempat wisata budaya di Papua dan Papua Barat yang menarik dan membuat para wisatawan jatuh hati
5 Destinasi Wisata Alam di Papua
Inilah lima destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat meluangkan waktu setelah menonton PON XX Papua
Gunung Kidul Siap Uji Coba Terabatas Pembukaan Objek Wisata
Banyak wisatawan yang datang di wilayah ini setiap akhir pekan, meski sudah diumumkan bahwa seluruh objek wisata ditutup sementara.
0
6 Tips Traveling di Era New Normal yang Wajib Kamu Ketahui
Pelonggaran pembatasan sosial tentunya membuat orang-orang tidak sabar untuk melakukan perjalan wisata. Berikut tips yang harus diketahui.