Manfaat Mengonsumsi Daging Sapi yang Jarang Diketahui

Pada perayaan Hari Raya Iduladha banyak warga yang mendapat daging kurban, dan kebanyakan daging tersebut dimasak dengan berbagai macam.
Ilustrasi - Manfaat mengonsumsi daging sapi. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta – Seolah bak tradisi setiap tahunnya, umat muslim di Indonesia ramai-ramai mendapat daging kurban pada perayaan Hari Raya Iduladha, tak jarang daging yang didapat diolah dengan beranekaragam dan bermacam-macam. 

Dari segi kesehatan, mengonsumsi daging sapi dapat membawa banyak manfaat baik. Tentunya jika diolah dengan cara yang sehat dan tidak berlebihan. 

Hal ini karena daging sapi mengandung protein, aneka vitamin, serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Nah, berikut manfaat daging sapi yang jarang diketahui banyak orang. 


1. Kekebalan dan penyembuhan

Daging sapi adalah sumber seng yang baik, yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan jaringan yang rusak dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Anak-anak dan remaja juga membutuhkan jumlah zinc yang sehat untuk memastikan mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.


2. Kesehatan Darah

Sebagai sumber zat besi yang sangat baik, daging sapi membantu tubuh memproduksi hemoglobin, yaitu protein yang membantu darah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Kurang konsumsi zat besi dapat menempatkan Anda pada risiko anemia defisiensi besi, yang berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. 

Gejala yang mungkin dirasakan adalah lelah, lesu, lemah, dan pusing. Jadi, mengonsumsi daging sapi dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi pada orang yang berisiko.


3. Meningkatkan Fungsi Otot

Protein sangat penting untuk kesehatan otot. Ini membangun kembali jaringan otot yang secara alami hilang dalam keausan kehidupan sehari-hari. Protein juga membantu membangun lebih banyak otot dan sangat membantu jika melakukan latihan kekuatan.

Satu porsi daging sapi memasok jumlah protein harian yang direkomendasikan, membantu mencegah hilangnya massa otot. Kehilangan massa otot dapat membuat tubuh terasa lebih lemah dan mungkin menyulitkan untuk menjaga keseimbangan, terutama jika berusia 55 tahun atau lebih.

Nah, itulah berbagai manfaat mengonsumsi daging sapi bagi kesehatan. []

Berita terkait
Cara dan Resep Olahan Daging Sapi Pedas Manis
Saat berakhir pekan tak salah mencoba menu baru berbahan sapi. Olahan daging sapi pedas manis yang dapat Anda sajikan untuk keluarga.
Resep Soto Daging Sapi Kuah Bening, Dijamin Nagih!
Soto daging kuah bening bisa menjadi pilihan untuk makan siang di akhir pekan oleh sebab itu Anda harus coba membuatnya sendiri simak caranya.
Tips Konsumsi Daging Merah Tetap Sehat
Beberapa pihak masih memperdebatkan tentang konsumsi daging merah yang diduga memiliki sejumlah masalah kesehatan ketimbang manfaatnya.
0
Manfaat Mengonsumsi Daging Sapi yang Jarang Diketahui
Pada perayaan Hari Raya Iduladha banyak warga yang mendapat daging kurban, dan kebanyakan daging tersebut dimasak dengan berbagai macam.