Resep Soto Daging Sapi Kuah Bening, Dijamin Nagih!

Soto daging kuah bening bisa menjadi pilihan untuk makan siang di akhir pekan oleh sebab itu Anda harus coba membuatnya sendiri simak caranya.
Ilustrasi - Resep soto. (Foto: Tagar/Bratanews)

Jakarta - Soto daging kuah bening bisa menjadi pilihan untuk makan siang di akhir pekan. Kuahnya gurih hangat, cocok dinikmati saat musim hujan.

Selain soto ayam berkuah bening, soto daging berkuah bening juga tak kalah enak, seperti soto Triwindu di Solo yang terkenal karena gurih sedap kuah kaldunya, seperti soto ayam, dan soto daging.

Untuk mendapatkan soto daging dengan kuah kaldu yang bening dan gurih, selain daging juga perlu ditambahkan lemak. Selain itu gunakan api kecil agar bumbu meresap dan daging empuk lembut.

Soto daging bisa disajikan dengan lauk pelengkap. Seperti keripik tempe, keripik paru, tempe dan tahu goreng atau aneka kerupuk. Jangan lupakan sambal rawit dan air jeruk nipis. Berikut ini cara membuat soto daging sapi kuah bening.

Pertama, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mebuat soto sebagai berikut.

  • 500 g daging tetelan sapi atau sandung lamur, potong-potong
  • 1.5 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 4 sdm minyak sayur
  • Haluskan: 5 butir kemiri, 5 siung bawang putih, 2 cm kunyit, 1 cm jahe, 1 sdt merica butiran, 1 sdt gula pasir, 1 sdm garam.
  • Pelengkap: 200 g tauge, siram air panas, tiriskan, 3 sdm daun bawang iris kasar, 2 sdm daun seledri cincang, 5 sdm bawang merah goreng, dan sambal rawit

Setelah baha-bahan Anda siapkan, selanjutnya Anda bisa memulai mencoba untuk membuatnya sendiri dengan cara, pertama, didihkan air secukupnya dalam panci, masukkan daging tetelan, rebus hingga kaku dan berubah warna, angkat dan buang air perebusnya.

Kedua, rebus kembali daging tetelan sapi atau sandung lamur dengan api kecil hingga lunak. Ketiga, tumis Bumbu halus hingga wangi, kemudian masukkan serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk hingga layu.

Selanjutnya, angkat, masukkan ke dalam kaldu berisi daging, dan didihkan kembali dengan api kecil hingga bumbu meresap lalu angkat. Kemudian sajikan soto daging.

Nah, untuk mendapatkan soto daging dengan kuah bening dan gurih, gunakan daging sapi tetelan dengan campuran lemak atau daging sandung lamur yang berselingan lemaknya.

Soto daging berkuah bening ini harus disajikan dalam keadaan hangat, karenanya racik saat akan disajikan. Selain dengan nasi putih yang langsung dicampur soto, soto daging juga enak disajikan dengan potongan lontong atau ketupat. []

Berita terkait
Resep Ayam Goreng Pedas McDonals Buat Sendiri di Rumah
Berikut resep membuat sendiri ayam goreng pedas di rumah ala MCDonalss.
Resep Nasi Goreng Kimchi Spesial
Berikut resep sederhana untuk membuat nasi goreng kimchi dengan rasa yang spesial.
Resep Kue Sagu Keju Tekstur Garing
Resep Sagu Keju dengan tekstur garing yang sangat cocok untuk menemani waktu bersantai keluarga di rumah.
0
Resep Soto Daging Sapi Kuah Bening, Dijamin Nagih!
Soto daging kuah bening bisa menjadi pilihan untuk makan siang di akhir pekan oleh sebab itu Anda harus coba membuatnya sendiri simak caranya.