Cara Membersihkan Pisau Usai Memotong Daging Agar Tak Bau

Bau tak sedap yang menempel pada pisau atau beberapa peralatan masak lain memang mengganggu. Berikut cara membersihkan pisau agar tak bau.
Ilustrasi - Cara membersihkan pisau. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Bau tak sedap yang menempel pada pisau atau beberapa peralatan masak lain memang mengganggu, terlebih saat selesai memotong daging, tidak jarang bau amis hingga lemaknya masih menempel meski sudah dicuci.

Oleh karena itu, membersihkan pisau ataupun parutan makanan menjadi sangat penting dan tidak boleh sembarang dilakukan. Jika tidak sesuai prosedur, maka kedua alat mampu menyebarkan mikroorganisme dan bakteri ke makanan. Nah, berikut cara membersihkan pisua.


1. Bersihkan secara perlahan

Penting untuk selalu berhati-hati dan bersihkan secara perlahan saja. Sebisa mungkin, saat mencuci bagian ujung pisau yang tajam gunakan spons supaya lebih aman. Alternatif lainnya, bisa juga letakkan di atas permukaan yang rata kemudian bersihkan satu per satu ujung pisau yang tajam tersebut.


2. Cuci langsung dengan tangan

Seringkali kita langsung menggunakan spons guna membersihkan pisau. Sayangnya, cara tersebut bikin bau daging kerap masih tercium. Maka dari itu, sebaiknya gunakan tangan terlebih dahulu ketika membersihkan pisau. 

Oleskan sabun ke permukaan pisau lalu beri sedikit air. Gosok secara perlahan dan merata dengan tangan. Setelahnya, diamkan dahulu sekitar satu sampai dua menit agar wangi sabun dapat menempel lekat di permukaan pisaunya. 


3. Rendam pisau secepatnya

Usahakan jangan pernah menyisakan makanan kering di permukaan pisau. Begitupun usai memotong daging, hal ini hanya membuat bau pisau jadi tak sedap dan amis. Bila bekas makanan tersebut tidak bisa hilang, sebaiknya langsung rendam pisau secepatnya.


4. Keringkan pisau dengan handuk

Keringkan pisau dengan baik dan benar. Setelah digosok, dicuci, dibilas, maupun direndam, wajib sekali untuk langsung mengeringkan pisau. Umumnya, setelah memotong daging, bau amis di pisau kerap bertahan cukup lama. 

Sesaat usai dicuci, usahakan langsung keringkan permukaan pisau. Selain membuat baunya cepat hilang, cara ini juga mencegah pisau agar tidak berkarat. []

Berita terkait
Cara Memasak Daging Agar Tidak Bau
Banyak orang yang menyukai makan daging sapi atau kambing apalagi rasa dan teksturnya yang lembut. Berikut cara memasak daging agar tak bau.
Cara Perawatan Wajah yang Dapat Hilangkan Noda Hitam
Noda hitam disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit, berikut cara mengatasinya dengan mudah dan cepat.
Cara Cepat dan Mudah Unfollow Massal Instagram
Aplikasi ini akan membantu Anda melakukan unfollo secara massal apa bila orang tersebut tidak mengikuti Anda balik.
0
Cara Membersihkan Pisau Usai Memotong Daging Agar Tak Bau
Bau tak sedap yang menempel pada pisau atau beberapa peralatan masak lain memang mengganggu. Berikut cara membersihkan pisau agar tak bau.