Tips Konsumsi Daging Merah Tetap Sehat

Beberapa pihak masih memperdebatkan tentang konsumsi daging merah yang diduga memiliki sejumlah masalah kesehatan ketimbang manfaatnya.
Daging merah. (Foto: Tagar/Pexels/Kasumi Loffer)

Jakarta – Beberapa pihak masih memperdebatkan tentang konsumsi daging merah ada yang mengatakan daging merah baik untuk kesehatan, atau sebaliknya mendatangkan sejumlah masalah kesehatan.

Alhasil dalam dunia kuliner pamor daging merah pun kalah saing jika dibandingkan dengan daging hewan lainnya seperti unggas atau ikan.

Menurut Healthline beberapa studi observasi menunjukkan bahwa konsumsi daging merah dapat menyebabkan risiko kematian lebih tinggi, juga mengundang penyakit kardiovaskular dan kanker.

Selain itu, konsumsi daging merah olahan pun dilaporkan dapat menyebabkan risiko penyakit diabetes.

Daging merah jauh lebih buruk jika dibandingkan dengan daging ayam, ikan, atau kacang-kacangan. Daging merah memiliki lebih banyak lemak jenuh dari pada yang dimiliki daging ayam, ikan, atau protein kacang-kacangan.

Diketahui, lemak jenuh low density lipoprotein (LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat karena memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan jika kadarnya melebihi batas normal.

Meskipun begitu para pencinta daging tidak perlu putus asa, mengingat daging merah sebenarnya punya nutrisi yang diperlukan tubuh.

Beberapa kandungan nutrisi yang ada pada daging merah di antaranya seperti vitamin B3, vitamin B12, vitamin B6, zat besi, zinc, selenium, dan protein.

Jika pengolahnya dilakukan secara baik Anda tak perlu khawatir akan dampak buruk daging merah yang menghantui.

Konsumsi daging merah yang baik adalah yang dimasak dari daging segar yang sebelumnya tidak diolah sama sekali raw meat. Daging merah segar cenderung memiliki sedikit zat pengawet atau zat tambahan sehingga lebih baik dikonsumsi ketimbang olahan seperti sosis, kornet, atau bacon.

Selama Anda tidak memiliki kolesterol, tekanan darah tinggi, atau penyakit kardiovaskular dalam riwayat keluarga, maka konsumsi daging merah sebenarnya tidak jadi masalah.

Konsumsi daging merah berlebihan memang berdampak buruk bagi tubuh. Namun bukan berarti Anda harus menyingkirkan menu daging merah dalam piring.

Nah Anda cukup membatasi makan daging merah sebanyak 6-8 ons sekali atau dua kali dalam seminggu agar terhindar dari risiko penyakit yang mengancam akibat daging merah. []

Berita terkait
7 Manfaat Daging Kambing Selain untuk Aktivitas Malam Jumat
Daging kambing memang dapat meningkatkan kinerja seksual. Selain itu, ternyata memiliki sejumlah manfaat lain bagi kesehatan tubuh.
Resep Semur Daging Sapi Betawi Menggiurkan
Semur daging sapi betawi bisa menjadi pilihan menu makanan keluarga tercinta di akhir pekan. Berikut ini resepnya.
Cara Masak Daging Sapi Empuk Saat Idul Adha
Saat Idul Adha, kebanyakan orang belum memahami cara masak daging sapi yang empuk. Berikut Chef William Gozali memberikan cara masak daging empuk.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.