Cara Memasak Daging Agar Tidak Bau

Banyak orang yang menyukai makan daging sapi atau kambing apalagi rasa dan teksturnya yang lembut. Berikut cara memasak daging agar tak bau.
Ilustrasi - Cara mengolah daging agar tak bau. (Foto: Tagar/Kuliner)

Jakarta - Banyak orang yang menyukai makan daging sapi atau kambing, terlebih kalau rasa dan tekstur dagingnya lembut dan tidak meninggalkan bau, seperti bau amis. 

Sayangnya, pengolahan yang kurang tepat kadang membuat aroma bau tersisa di daging. Masalah lainnya adalah saat dimakan alot. Bau dan alot saat dimakan membuat kelezatan daging jadi berkurang. Berikut caranya. 


1. Membersihkan daging

Sebelum memasak daging, bersihkan dahulu agar aman untuk dikonsumsi. Bersihkan daging dengan tisu atau lap bersih setelah itu peras jeruk nipis untuk dilumuri pada daging kemudian rebus daging dengan air mendidih sebentar saja agar kotoran, bakteri, dan sisa darah pada daging keluar.

Setelah dibersihkan rebuslah daging dengan air mendidih, lebih bagus lagi jika direbus sebanyak dua sampai tiga kali agar daging menjadi bersih dan empuk.


2. Rendam dengan nanas

Sebelum memasak Anda bisa mendiamkan nanas pada permukaan daging nanas mampu mengempukan daging dalam sekejap saja, jangan lupa pastikan daging tidak terlalu lama direndam nanas karena kalau kelamaan daging bisa hancur dan terlalu lembek.


3. Tambahakan rempah-rempah

Mengolah daging sebelum dimasak sebaiknya daging didiamkan kurang lebih 10 menit dengan ditambahkan bawang putih dan garam sebelum merebusnya. Ketika daging direbus kamu bisa tambahkan jahe ke dalam air rebusan agar bau amisnya hilang.


4. Penggunaan api yang tepat

Jika saat dimasak daging telah berubah warna Anda harus segera mengecilkan api pada kompor ya karena jika tidak daging akan cepat hancur dan bumbunya juga tidak meresap secara utuh.

Gunakanlah api kecil saat memasak daging untuk menghindari terjadinya tekstur yang mudah hancur. Penggunaan api kecil dapat membuat bumbu lebih meresap pada daging.


5. Bungkus dengan daun pepaya

Kalau di rumah tidak ada nanas, Anda bisa menggunakan daun pepaya sebagai penggantinya. Caranya dengan membungkus daging ke dalam daunnya, membungkus daging juga jangan terlalu lama karena getahnya bisa masuk ke dalam daging dan menghilangkan gizi sehat yang ada pada daging.

Nah, itulah cara memasak daging yang tidak mengeluarkan bau dan lezat untuk dinikmati. []

Berita terkait
Resep Nasi Kuning Praktis Untuk Sarapan
Anda dapat membuat nasi kuning sendiri untuk sarapan dengan resep yang praktis dan menyesuaikan selera Anda.
Resep Sehat Jamu Kunyit Asam
Jamu kunyit asam ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi keputihan bagi wanita.
Resep Es Kopi Aren A La Puguh Kristanto
Es kopi gula aren sedang populer. Ya, sensasi gula aren menjadi keunikan tersendiri, sehingga menyedot animo masyarakat.
0
Cara Memasak Daging Agar Tidak Bau
Banyak orang yang menyukai makan daging sapi atau kambing apalagi rasa dan teksturnya yang lembut. Berikut cara memasak daging agar tak bau.