6 Manfaat Mint untuk Kesehatan Tubuh

Daun mint juga aman dikonsumsi secara berkepanjangan dan tidak memiliki efek samping serius yang dapat dialami oleh orang yang mengonsumsinya.
Ilustrasi daun mint. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Tanaman mint merupakan tanaman yang termasuk ke dalam genus Mentha, seperti halnya peppermint dan spearmint.

Mint adalah bahan populer yang sering dicampurkan pada beberapa makanan dan minuman, mulai dari saus, salad, makanan penutup, teh hingga minuman beralkohol. Daun mint juga mudah dijumpai di swalayan atau pasar tradisional di seluruh dunia.

Tidak banyak diketahui orang, ternyata daun mint menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Daun mint juga aman dikonsumsi secara berkepanjangan dan tidak memiliki efek samping serius yang dapat dialami oleh orang yang mengonsumsinya. Seperti dirangkum dari laman Healthline, berikut 6 manfaat daun mint untuk kesehatan.


1. Kaya nutrisi

Daun mint memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, sepertiga cangkir mint mengandung 6 kalori, 1 gram serat, vitamin A, besi, mangan, serta folat. Walaupun mint biasanya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar, daun ini mengandung cukup banyak nutrisi dan merupakan sumber vitamin A dan antioksidan yang baik untuk tubuh.


2. Meningkatkan fungsi otak

Selain dengan mengonsumsinya secara langsung, ternyata ekstrak daun mint juga diklaim memiliki aromaesensial yang dapat memberikan manfaat kesehatan, terutama meningkatkan fungsi otak. Mencium aroma ekstrak daun mint selama lima menit sebelum bekerja akan menghasilkan peningkatan memori yang signifikan.


3. Mengurangi nyeri saat menyusui

Ibu menyusui umumnya mengalami puting yang sakit dan pecah-pecah, sehingga membuat menyusui menjadi sulit dan menyakitkan. Mengoleskan ekstrak mint ke kulit dapat membantu meringankan rasa sakit yang berhubungan dengan menyusui .

Satu studi menunjukkan bahwa mengoleskan air ekstrak daun mint setelah menyusui lebih efektif daripada mengoleskan ASI dalam mencegah puting susu pecah-pecah. Campurkan sejumlah air dengan ekstrak daun mint, diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air bersih.


4. Dapat membantu meringankan gangguan pencernaan

Mint juga efektif untuk meredakan masalah pencernaan lainnya seperti sakit perut dan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat terjadi ketika makanan berada di perut terlalu lama sebelum masuk ke saluran pencernaan lainnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak peppermint dapat mempercepat makanan bergerak melalui perut, dan juga dapat menghilangkan gejala pencernaan yang terkait dengan gangguan pencernaan.


5. Baik untuk mata

Kandungan vitamin A pada daun mint sangat baik sekali untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan antioksidannya yang tinggi dapat membantu menangkal radikal bebas. Meskipun daun mint lebih banyak dimanfaatkan untuk hidangan. Ternyata daun mint juga memiliki banyak cara penyajian untuk mendapatkan manfaat untuk kesehatan dari daun satu ini.


6. Dapat Menyamarkan Bau Mulut

Permen karet rasa mint adala hal umum pertama yang biasa dilakukan orang ketika mencoba untuk mencegah atau menghilangkan bau mulut.

Para ahli sepakat bahwa sebagian besar produk ini dapat menutupi bau mulut selama beberapa jam. Namun, mereka hanya menutupi bau mulut dan tidak mengurangi bakteri atau senyawa lain yang menyebabkan bau mulut.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga :



Berita terkait
Digunakan dalam Produk, Berikut Manfaat Daun Mint
Daun mint atau peppermint merupakan tanaman yang banyak orang manfaatkan menjadi obat tradisional. Berikut manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
10 Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan
Daun pepaya banyak digunakan dalam bentuk jus atau teh untuk mengobati berbagai penyakit.
5 Manfaat yang Tersembunyi di Balik Daun Singkong
Biasany daun singkong akan ditemukan di restoran nasi Padang ternyata daun singkong tersebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.
0
6 Manfaat Mint untuk Kesehatan Tubuh
Daun mint juga aman dikonsumsi secara berkepanjangan dan tidak memiliki efek samping serius yang dapat dialami oleh orang yang mengonsumsinya.