5 Manfaat Lari untuk Kesehatan Mental

Olahraga lari dapat bermanfaat bagi kesehatan mental sebab mental dan jiwa seseorang juga memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi - Olahraga lari. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta – Olahraga lari dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, sebab mental dan jiwa seseorang juga punya peranan penting dalam kehidupan. Terutama untuk menanamkan nilai-nilai positif pada pikiran.

Manfaat lari untuk mental dan manfaat lari untuk jiwa adalah dua hal yang akan kita dapatkan dari olahraga ini. Bukan sekadar manfaat lari untuk otot semata.

Untuk itu, Anda perlu melakukan olahraga jenis ini, untuk kesehatan mental dan jiwa Anda. Oleh sebab itu, Tagar merangkum dari sejumlah sumber terkait manfaat olahraga lari.


1. Memperbaiki insomia atau kualitas tidur yang buruk

Berkurangnya kualitas tidur akan membuat seseorang menderita dan nggak bergairah saat beraktivitas. Dengan berlari bisa membantu mengembalikan kualitas tidur lo. Agar lebih efektif, cobalah berlari di malam hari.

Selain bisa memperbaiki pola tidur karena berlari sangat melelahkan, manfaat lari malam adalah mendapat kualitas udara yang jauh lebih sejuk serta terhindar dari kebiasaan-kebiasaan buruk malam hari seperti ngemil sampai begadang nggak jelas. Udara malam yang sejuk tanpa polusi mampu memberikanmu kebahagiaan dan relaksasi.


2. Mengurangi stres

Secara general, olahraga lari memiliki banyak manfaat. Baik itu manfaat lari jarak pendek maupun manfaat lari jarak jauh. Salah satu manfaat lari yang paling terasa adalah menurunkan stres dan mengangkat beban pikiran. Jadi kalau kamu punya banyak beban di sekolah, kampus, atau di tempat kerja, manfaat lari pagi sebelum mulai beraktivitas bakal terasa.

Hal ini bisa didapat karena berlari bisa mengalihkan perhatian dari beragam masalah yang menyebabkan stres. Aktivitas berlari yang aerobik juga bisa menstimulasi efek anti kecemasan. Mereka yang menderita anxiety, biasanya jauh dari aktivitas otot.

Manfaat lari pagi setiap hari akan terasa, sebab berlari adalah solusi alami untuk menetralisir hormon penyebab stres dan anxiety atau kecemasan. Sifat berlari yang punya irama berulang membuat badan dan jiwa rileks dan tenang. Anda juga belajar fokus pada pernafasan dan gerakan kaki layaknya meditasi.


3. Meredakan gejala-gejala depresi

Salah satu manfaat lari sore adalah menekan gejala depresi. Berlari jadi terapi paling murah dan tentu saja bermanfaat. Manfaat lari sprint atau manfaat lari bolak-balik diperuntukan bagi mereka yang ingin lebih atletis. Namun bagi kita yang ingin sehat mental, berlari dengan kecepatan normal dan berirama sudah cukup.

Berlari akan membantu tubuh kita menciptakan lebih banyak hormon yang meningkatkan suasana hati dan harapan. Tubuh akan melepaskan endorfin, antidepresan alami dalam tubuh yang akan menyebabkan seseorang merasakan euforia. Dengan berlari secara rutin dan konsisten, masalah depresi bisa berkurang bahkan menghilang.


4. Berlari bisa meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat dari berlari adalah meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan bersosialisasi. Mereka yang mengalami masalah mental biasanya akan sangat sulit atau cepat kelelahan saat bersosialisasi dengan banyak orang.

Ada juga penderita anxiety yang berawal dari insecure atau ketidakpercayaan dirian. Berlari, bagi mereka yang baru mulai akan memberikan dorongan kuat karena adanya target untuk terus maju dan punya kebiasaan baru.

Kebiasaan berlari secara tidak langsung bisa memberikan motivasi kuat dan membentuk kepercayaan diri pada individu. Pasalnya, berlari adalah aktivitas yang manfaatnya langsung berdampak. Selain kepercayaan diri, berlari juga bisa mendorong seseorang kembali memperoleh kesenangan saat berinteraksi.

Para pelari pasti akan bertemu dengan pelari lain di satu momen tertentu. Akan jadi hal yang membahagiakan jika menemukan orang lain yang punya masalah yang sama dan menggunakan lari sebagai jalan keluar. Dari sana, kesempatan untuk mengenal lebih banyak orang baru terbuka dan persahabatan yang positif bisa terjalin dengan baik.


5. Metode rehabilitasi yang bisa membentuk kebiasaan baru

Berolahraga, terutama berlari jadi salah satu komponen dan aktivitas rehabilitasi paling mudah, murah dan efektif untuk mereka yang kecanduan rokok, narkotika atau alkohol.

Pasalnya para pecandu biasanya menggunakan barang-barang haram tersebut karena banyaknya waktu luang dan ketiadaan aktivitas. Dengan berlari, mereka bisa memiliki aktivitas yang membuatnya semakin hidup dan berharga.

Bagi seorang pecandu, berlari jadi aktivitas yang produktif dan membuat hidup lebih terstruktur. Keringat yang dihasilkan juga bisa jadi detoks dari zat-zat berbahaya yang selama ini mengendap dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat lari untuk kesehatan mental seseorang yang dapat Anda coba jika sedang mengalami hal di atas. []

Berita terkait
7 Jenis Buah-buahan Bermanfaat Untuk Memperpanjang Umur
Sejumlah buah-buahan dapat membantu Anda lebih sehat dan pajang umur jika mengkonsumsinya, seperti alpukat, apel, melon, tomat, dan lainnya.
7 Manfaat Kebiasaan Makan Tempe
Hari Tempe Nasional diperingati setiap 6 Juni bertepatan dengan hari lahir Presiden pertama Indonesia Sukarno karena tempe memiliki banyak manfaat.
7 Manfaat Bernyanyi Perbaiki Suasana Hati dan Kesehatan
Bernyanyi diketahui bisa mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati, keuntungan lain juga perbaiki kondisi fisik dan psikologis
0
5 Manfaat Lari untuk Kesehatan Mental
Olahraga lari dapat bermanfaat bagi kesehatan mental sebab mental dan jiwa seseorang juga memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.