Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Garam Hitam

Kebanyakan orang menggunakan garam hitam sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kram otot, gas, dan mulas.
Ilustrasi garam hitam. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Garam hitam, yang dikenal sebagai kala namak adalah bahan yang umum digunakan dalam masakan India dan telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda selama berabad-abad, berkat potensi manfaat kesehatannya dan aroma serta rasanya yang unik yang memberikan cita rasa khas pada hidangan.

Garam hitam adalah sejenis garam batuan vulkanik India yang bersumber dari kaki bukit pegunungan Himalaya di India, Pakistan, Nepal dan Bangladesh. Ada banyak jenis garam hitam, yang paling umum adalah garam hitam Himalaya yang memiliki corak coklat kemerahan. Varietas garam hitam lainnya bisa berwarna merah muda muda hingga ungu muda.

Kebanyakan orang menggunakan garam hitam sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kram otot, gas, dan mulas. Garam hitam terdiri dari natrium klorida dan jejak kotoran natrium bisulfat, natrium bisulfit, natrium sulfat, besi sulfida, natrium sulfida dan hidrogen sulfida. Zat-zat tersebut sudah teruji kemampuannya.


Jenis-jenis garam hitam

  1. Garam hitam Himalaya : ini adalah jenis garam hitam yang paling umum digunakan dalam masakan India. Ini memiliki mineral penting dan memiliki rasa gurih dan menyengat. Rasanya mirip dengan telur, itulah sebabnya digunakan dalam hidangan vegan untuk memberi rasa seperti telur.
  2. Garam lava hitam : juga dikenal sebagai garam hitam Hawaii, warnanya kehitaman dan menambahkan rasa berasap yang khas pada hidangan. Secara tradisional, garam jenis ini ditambang dari lava hitam di Hawaii; Namun sekarang ini biasanya dibuat dengan mencampurkan garam laut dengan arang aktif.
  3. Garam ritual hitam : juga dikenal sebagai garam penyihir, ini terdiri dari garam laut, arang dan abu. Garam ritual hitam tidak dimaksudkan untuk dimakan, melainkan digunakan untuk melindungi dari roh jahat atau negatif. Namun, kepercayaan takhayul ini belum dipelajari melalui penelitian


Manfaat kesehatan dari garam hitam 

  1. Dapat mengatur tekanan darah. Karena, garam hitam rendah natrium dibandingkan dengan garam meja komersial yang tinggi natrium. Garam hitam ini dapat menjadi alternatif yang bagus untuk garam meja bagi mereka yang ingin mengurangi konsumsi natrium mereka, terutama orang dengan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kanker perut, dan pengeroposan tulang.
  2. Meningkatkan kesehatan pencernaan. Garam hitam juga diklaim dapat meningkatkan pencernaan dan menurunkan penyakit terkait perut lainnya seperti sembelit, refluks asam, kembung dan gas. Namun, studi penelitian ilmiah lebih lanjut diperlukan untuk mendukung klaim tersebut.
  3. Mencegah kram atau kejang otot. Garam hitam dapat membantu mengatur fungsi otot dan meredakan kram otot yang menyakitkan karena kandungan kalium di dalamnya. Kalium adalah mineral penting yang membantu mengatur kontraksi otot dan mencegah kram otot.
  4. Membantu menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan garam dapat meningkatkan risiko obesitas. Garam hitam juga mengandung natrium dalam jumlah rendah yang dapat membantu dalam mengatur berat badan. Namun, ada studi terbatas yang tersedia untuk mendukung poin ini dan studi lebih lanjut diperlukan.
  5. Dapat mengurangi retensi air. Retensi air terjadi ketika kelebihan air menumpuk di tubuh Anda, terutama di perut, kaki dan lengan yang menyebabkan pembengkakan, kembung, kekakuan pada persendian, penambahan berat badan, nyeri pada bagian tubuh yang terkena dan perubahan warna kulit dan kulit bengkak. Salah satu penyebab retensi air adalah terlalu banyak mengonsumsi garam sehingga beralih ke garam hitam yang secara alami rendah natrium dapat membantu mengurangi retensi air. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme pasti yang bertanggung jawab atas manfaat ini.
  6. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Karena garam hitam mengandung banyak mineral, ini dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan rambut. Bukti anekdot menunjukkan bahwa garam hitam dapat meningkatkan pertumbuhan rambut Anda dan mendetoksifikasi tubuh Anda untuk menghilangkan semua racun, sehingga meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.


Garam hitam dengan garam meja

Garam hitam berbeda dengan garam meja dalam hal proses pembuatan dan rasanya. Garam hitam Himalaya secara alami berwarna merah muda dan secara tradisional dikombinasikan dengan bumbu, rempah-rempah dan bumbu lainnya dan dipanaskan hingga suhu tinggi.

Saat ini, banyak produsen membuat garam hitam sintetis dengan mencampurkan natrium klorida, natrium sulfat, besi sulfat, dan natrium bisulfat dengan arang aktif, kemudian dipanaskan untuk menghasilkan produk akhir. Di sisi lain, garam meja diperoleh dari endapan garam batu besar dan kemudian diproses dan dimurnikan, menghilangkan sebagian besar jejak mineral.

Garam hitam kurang diproses dan kecil kemungkinannya mengandung bahan pengawet atau aditif berbahaya dan garam meja, sebaliknya mengandung zat anti penggumpalan yang berbahaya bagi kesehatan. Garam hitam memiliki rasa berasap dan tanah yang unik, sedangkan garam meja memiliki rasa yang asin. []


Berita terkait
Cara Aman Konsumsi Garam bagi Penderita Kolesterol Tinggi
Orang yang mengidap kadar kolesterol tinggi harus membatasi asupan garam demi kesehatan tubuh Anda. Berikut cara mengkonsumsinya.
Kelapa Muda, Jeruk Nipis, Garam, Covid-19, Pakar UGM: Bohong
Menurut Profesor dari Fakultas Farmasi UGM, Zullies Ikawati, campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam, tidak spesifik sembuhkan Covid-19.
Kebiasaan Orang Inggris Tebar Garam saat Musim Dingin, Kenapa?
Di Inggris, musim dingin disambut kebiasaan menebar garam di saluran pembuangan air. Untuk apa ya?
0
Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Garam Hitam
Kebanyakan orang menggunakan garam hitam sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kram otot, gas, dan mulas.