Manfaat Exfoliasi pada Kulit Wajah yang Wajib Diketahui

Exfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati tampak membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Berikut manfaat lengkapnya.
Ilustrasi - Exfoliasi pada kulit. (Foto: Tagar/IStock)

Jakarta – Banyak sekali orang yang meremehkan pemakaian exfoliasi pada wajah, terutama pada wajah kusam. Exfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati tampak membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut, serta dapat membantu perawatan kulit yang lebih efektif.

Manfaat dari exfoliasi adalah dapat menyumbat pori-pori dengan cara menjaga sel-sel kulit mati dan menghalangi pembukaan pori-pori. Selain itu, ada beberapa manfaat lagi dari pemakaian exfoliasi dengan cara yang benar.

Exfoliasi juga berguna untuk mencerahkan wajah karena sel-sel kulit mati yang terdapat pada wajah menyebabkan kulit kusam dan warna kulit yang tidak merata. Exfoliasi dapat membantu regenerasi sel agar menjadi lebih cepat tiap harinya dan membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dan cerah.

Manfaat dari exfoliasi pada kulit wajah yang lainnya adalah membantu pencegahan jerawat. Dengan pemakaian exfoliasi, kotoran yang berada pada kulit wajah mengangkat jadi lebih maksimal. Dapat membersihkan kotoran yang mungkin saja masih menempel pada wajah, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Tidak hanya untuk kesehatan pada kulit wajah, exfoliasi juga bermanfaat untuk membuat make-up menjadi tahan lebih lama. Kulit wajah yang sehat tentu dapat membuat make-up lebih flawless dan tahan lama.

Penggunaan exfoliasi pada wajah juga tidak boleh sembarang dan tidak boleh dipakai sebagain pemakaian rutin tiap harinya. Sebelum exfoliasi, kita perlu tahu jenis kulit pada wajah kita agar tidak terjadi kesalahan pemakaian produk.

Untuk jenis kulit berminyak, exfoliatornya bisa menggunakan facial scrub dan bisa diaplikasikan dengan cleansing brush. Exfoliating brush juga dapat membantu membersihkan muka kita menjadi lebih bersih dan membuat kulit wajah menjadi lebih lembut secara menyeluruh.

Untuk jenis kulit kering, exfoliatornya dapat menggunakan dalam bentuk lotion dan mengandung AHA agar menjadi sangat efektif. Kandungan AHA dapat meluruhkan sel-sel kulit mati yang terdapat pada permukaan kulit kering. Dan anti oksidan yang terdapat pada kandungan AHA akan menutrisi kulit.

Pemakaian exfoliasi pada kulit kering hanya dilakukan 1-2 kali dalam seminggu, bila terlalu kering itu dapat membuat kulit wajah lebih kering lagi. Untuk pemakaian jenis kulit kombinasi, membutuhkan perhatian yang lebih, terutama pada daerah T-zone.

Karena daerah tersebut mengeluarkan minyak. Pemakaian pada kulit kombinasi bisa menggunakan 2 produk yang berbeda dengan kandungan enxymes seperti BHA, dan untuk penggunaan pada kulit sensitif, dapat menggunakan exfoliasi dengan cara yang alami seperti menggunakan oatmeal dan madu. Dan digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

(Syva Tri Ananda)


Berita terkait
6 Manfaat Niacinamide bagi Kulit Wajah
Produk skincare yang menggunakan niacinamide ramai dicari karena dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kulit wajah.
Manfaat Masker Organik Bagi Wajah Agar Tetap Sehat
Banyak orang yang tertarik memakai masker organik karena manfaat yang diberikan kepada wajah sangat terlihat. Berikut manfaat yang dirasakan.
Manfaat Tidur Menggunakan Masker Wajah
Perawatan wajah dengan masker wajah semalam juga cocok dirangkaikan dengan pelembab malam hari.
0
Manfaat Exfoliasi pada Kulit Wajah yang Wajib Diketahui
Exfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati tampak membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Berikut manfaat lengkapnya.