Manfaat Anjak Piutang yang Harus Kamu Ketahui

Setiap perusahaan atau jasa pemberi pinjaman utang pastinya ingin para klien atau nasabahnya membayar utangnya tepat waktu dan dilunasi.
Ilustrasi anjak piutang (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Setiap perusahaan atau jasa pemberi pinjaman utang pastinya ingin para klien atau nasabahnya membayar utangnya tepat waktu dan dilunasi. Namun telat membayar utang atau utang tidak terbayarkan adalah hal yang seringkali ditemui di mana saja.

Untuk menyiasati orang yang telat atau susah ditagih dalam pembayaran utang, terdapat satu cara yang ampuh, yakni menggunakan jasa anjak piutang. Anjak piutang atau factoring merupakan aktivitas pengalihan atau pengalihan suatu masalah piutang dari satu pihak ke pihak lainnya.

Beberapa hal yang termasuk dalam anjak piutang juga menyangkut urusan penagihan, pengingat, sampai penerimaan pembayaraan dari debitur. Anjak piutang ini bertujuan agar klien bisa menerima kembali uangnya yang pernah dipinjamkan.

Berikut ini adalah 4 manfaat anjak piutang yang harus kamu pahami dan ketahui.


1. Memperlancar Arus Kas Perusahaan

Dengan adanya anjak piutang, arus kas perusahaan akan berjalan dengan lancar baik secara nyata ataupun di atas laporan neraca. Perusahaan anjak piutang akan membeli seluruh invoice piutangmu dan kamu akan mendapatkan pembayaran lebih cepat dari debitur.


2. Memindahkan Risiko ke Pihak Anjak Piutang

Demi menghindari adanya kemacetan dan risiko dalam pembayaran utang, perusahaan biasanya menggunakan jasa anjak piutang untuk menyelesaikan hal ini. Segala urusan utang nasabah akan diserahkan kepada jasa anjak piutang, lalu perusahaan anjak piutang nanti akan menagih dan mencari orang yang berutang untuk menyelesaikan hal ini.


3. Mempercepat Proses Produksi

Dengan adanya jasa anjak piutang akan mempercepat proses produksi karena keuangan akan kembali berputar dengan lancar. Selain itu, jumlah kas riil akan semakin besar dan kamu dapat menggunakannya untuk menambah kapasitas produksi perusahaan.


4. Mengalihkan Tugas Penagihan

Dalam menggunakan jasa anjak piutang, kamu tidak perlu repot-repot dalam proses penagihan utang. Hal ini karena utang tersebut sudah dialihkan kepada jasa anjak piutang dan giliran mereka yang menagih utang tersebut kepada peminjam utang.

Itulah tadi 4 keuntungan atau manfaat yang dapat kamu rasakan ketika kamu menggunakan jasa anjak piutang. Proses pembayaran akan cepat karena ditanggung oleh perusahaan anjak piutang, sehingga kamu tidak perlu repot-repot dalam menagih utang.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Piutang Rp 41 Miliar, Palangka Raya Hapus Denda PBB
Kota Palangka Raya berencana menghapus denda PBB. Piutang PBB capai Rp 41 miliar.
Piutang BPJS RS Pemprov Jatim Capai Rp 408,3 Miliar
Tunggakan piutang di empat rumah sakit milik Pemprov Jatim mencapai Rp 408,3, miliar, ini kata DPRD Jatim.
Guys, Ini Cara Memperbaiki Kesalahan Keuangan di Usia 20-an
Berikut adalah tujuh kesalahan keuangan paling umum yang dilakukan saat usia 20-an dan cara untuk menyelesaikannya.
0
Manfaat Anjak Piutang yang Harus Kamu Ketahui
Setiap perusahaan atau jasa pemberi pinjaman utang pastinya ingin para klien atau nasabahnya membayar utangnya tepat waktu dan dilunasi.