Mana yang Lebih baik, Susu Sapi atau Susu Kerbau?

Kedua jenis susu ini memiliki sisi positif dan negatifnya, susu sapi lebih ringan dan lebih mudah dicerna, sedangkan susu kerbau dianggap berat.
Ilustrasi susu. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Susu terdiri dari berbagai nutrisi dan mineral penting bagi tubuh kita. Susu kaya akan kalsium, protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak susu yang bermanfaat bagi tubuh kita, mulai Dari membantu menjaga berat badan hingga meningkatkan kesehatan tulang. Susu tersedia dalam berbagai jenis seperti susu beras, susu mete, susu sapi, susu rami, susu kerbau dan lain - lain.

Jenis yang paling banyak dikonsumsi adalah susu sapi dan susu kerbau. Apa persamaan dan perbedaan dari kedua jenis susu ini dan pengaruhnya terhadap kesehatan? Sebenarnya, kedua jenis susu ini memiliki sisi positif dan negatifnya, susu sapi lebih ringan dan lebih mudah dicerna, sedangkan susu kerbau dianggap berat.

Meskipun berbeda satu sama lain dalam hal komposisi dan kekayaan nutrisinya, susu kerbau maupun susu sapi memiliki khasiat yang dapat disesuaikan dengan nilai gizi dan manfaat kesehatannya. Untuk nilai gizi, 100 gram susu sapi memiliki 42 kalori, sedangkan 100 gram susu kerbau memiliki 97 kalori.

Manfaat kesehatan susu sapi

  1. Meningkatkan kesehatan tulang : susu sapi kaya akan kalsium, fosfor, dan mineral lain yang penting untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga membuat tulang kita tetap sehat. Selain itu, kandungan kalsium dalam susu juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perbaikan gigi.
  2. Meningkatkan kesehatan jantung : asam lemak omega-3 dalam susu sapi sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung kita, membantu mengatur kadar kolesterol darah dan menjaga kesehatan jantung, serta membantu mencegah timbulnya kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke.
  3. Membantu menurunkan berat badan : dengan membatasi asupan kalori sepanjang hari karena kaya akan kandungan protein di dalamnya, susu sapi bermanfaat jika kita ingin menurunkan berat badan. Ini juga membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lama.
  4. Mencegah diabetes : konsumsi susu sapi secara teratur membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Kadar vitamin B dan mineral penting yang tinggi meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mengatur kadar glukosa dan insulin. 
  5. Mendorong pertumbuhan : susu sapi mengandung protein lengkap yang membantu produksi energi serta pertumbuhan dan perkembangan alami. Menurut berbagai penelitian, kesehatan fisik dan mental seseorang dapat ditingkatkan dengan minum susu.
  6. Beberapa manfaat lain dari minum susu sapi adalah meningkatkan kekebalan tubuh, sifat anti-inflamasi dan pembentukan otot.

Efek samping susu sapi

  • Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan tulang Anda kehilangan kandungan kalsiumnya.
  • Meningkatnya risiko terkena kanker prostat dan ovarium.
  • Laktosa di dalamnya bisa menyebabkan mual, kram, gas, kembung, dan diare.
  • Peningkatan prevalensi jerawat.
  • Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan.


Manfaat kesehatan susu kerbau

  1. Meningkatkan kesehatan jantung : kandungan rendah lemak pada susu kerbau membuatnya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Ini dapat membantu menyeimbangkan kembali kadar kolesterol dan mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular, aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.
  2. Mendorong pertumbuhan : dengan kandungan protein yang tinggi, susu kerbau sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak dan remaja. Ini juga bermanfaat untuk orang dewasa.
  3. Meningkatkan kekebalan : kandungan vitamin A dan vitamin C dalam susu kerbau berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menghilangkan radikal bebas dan racun yang dapat menyebabkan penyakit kronis.
  4. Meningkatkan kesehatan tulang : memiliki lebih banyak kalsium daripada susu sapi, susu kerbau membantu mencegah timbulnya osteoporosis dan meningkatkan kekuatan dan ketahanan tulang.
  5. Meningkatkan sirkulasi : susu kerbau efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah dan melindungi tubuh dari anemia. Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh, susu kerbau meningkatkan oksigenasi sehingga meningkatkan fungsi organ tubuh. Susu kerbau juga efektif dalam mengatur tekanan darah.

Efek samping susu kerbau

  • Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara tiba-tiba, ini karena susu kerbau memiliki kandungan lemak yang tinggi.
  • Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara tiba-tiba.
  • Orang lanjut usia harus menghindari konsumsi susu kerbau karena memiliki kalsium yang lebih mudah diserap dibandingkan dengan jenis susu lainnya.
  • Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan diabetes.


Mana pilihan yang lebih sehat?

  • Susu kerbau memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi yang memiliki persentase lemak yang rendah, sehingga konsistensinya lebih encer.
  • Susu kerbau mengandung lebih banyak protein (11% lebih banyak) dibandingkan dengan susu sapi, sehingga sulit untuk dicerna.
  • Susu sapi (3,14 mg / g) memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dibandingkan dengan susu kerbau (0,65 mg / g).
  • Susu sapi memiliki kandungan air yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu kerbau. Susu kerbau memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi karena protein dan lemaknya.

Setelah membandingkan perbedaan mendasar antara kedua jenis susu tersebut, dapat dikatakan bahwa seseorang tidak dapat menyangkal fakta bahwa keduanya sehat dan aman untuk diminum. Misalnya, susu kerbau dapat diawetkan secara alami untuk waktu yang lebih lama karena aktivitas peroksidase yang tinggi; tetapi memiliki lebih banyak kalori dibandingkan susu sapi. 

Baik susu kerbau maupun susu sapi memiliki khasiat tersendiri, serta efek sampingnya yaitu memudahkan dalam memilih jenis susu yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh dan kesehatan. Artinya, jika ingin menurunkan berat badan, pilihan terbaik adalah susu sapi karena rendah lemak, kalori, dan kandungan protein. Demikian juga, jika ingin menambah berat badan dan meningkatkan kesehatan tulang, pilihan yang lebih baik adalah susu kerbau. Karena itulah seperti yang disebutkan di atas, kedua jenis susu tersebut sehat dan bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. []

Berita terkait
5 Cara Mengetahui Perbedaan Susu UHT dan Pasteurisasi
Meski berbeda jenis, keduanya sama-sama baik untuk tubuh.
Manfaat dan Efek Samping dari Susu Nabati
Tidak hanya bebas dari lemak, susu nabati juga emiliki kandungan protein yang baik
5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh
Rumah ini dituding merupakan hasil dari korupsi endemik selama bertahun-tahun.
0
Mana yang Lebih baik, Susu Sapi atau Susu Kerbau?
Kedua jenis susu ini memiliki sisi positif dan negatifnya, susu sapi lebih ringan dan lebih mudah dicerna, sedangkan susu kerbau dianggap berat.