Waktu Terbaik Minum Susu, Pagi atau Malam Hari?

Kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi susu? Cari tahu jawabannya berikut ini.
ilustrasi segelas susu. (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Susu merupakan minuman kaya nutrisi yang menyediakan protein, kalsium, dan beberapa nutrisi lainnya. Minum susu adalah cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan harian dan tubuh.

Menurut pengobatan Ayurveda, yaitu sistem kesehatan alternatif di India yang dikutip pada laman Healthline, Susu sapi harus dikonsumsi pada malam hari. Ini karena Ayurveda menganggap susu dapat merangsang tidur dan sulit dicerna, sehingga tidak cocok diminum pada pagi hari.

Namun, apakah ada bukti ilmiah lain yang mendukung hal ini, atau apakah minum susu di waktu lain memiliki manfaat yang berbeda tergantung pada tujuan kesehatan Anda. Simak ulasan berikut untuk mengetahui waktu terbaik saat meminum susu.

Manfaat Kesehatan Minum Susu

Susu mengandung berbagai nutrisi esensial bagi tubuh manusia seperti fosfor, iodin, kalsium, kalium, dan kalsium. Tidak hanya itu, susu juga kaya akan vitamin A, vitamin B2, vitamin B12 dan vitamin D. Keseluruhan nutrisi ini sangat diperlukan untuk menjaga berbagai fungsi organ di tubuh.

Minum susu pada waktu tertentu dapat membantu memberikan banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat minum susu untuk kesehatan:

1. Manfaat Susu untuk Kesehatan Secara Umum

Susu menyediakan berbagai nutrisi yang meningkatkan kesehatan. Kalsium dalam susu mendukung pertumbuhan tulang, sedangkan magnesium dan potasium sangat penting untuk pengaturan tekanan darah. Minuman ini juga rendah kalori tetapi kaya protein.

Faktanya, 1 cangkir (240 ml) susu mengandung:

149 Kalori

Protein (8 gram)

Lemak (8 gram)

Karbohidrat (12 gram)

Kalsium (21%)

Magnesium (6%)

Kalium (7%)

Vitamin D (16%)

Namun, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa kapam waktu tertentu minum susu untuk mendapatkan manfaat kesehatan secara umum.

2. Untuk Menurunkan Berat Badan dan Menambah Otot

Karena kaya akan protein, susu dapat membantu menurunkan berat badan dan pembentukan otot. Dengan meningkatkan metabolisme dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan, susu dapat menurunkan asupan kalori harian.

Minum susu setelah berolahraga mendukung pertumbuhan otot dan peningkatan komposisi tubuh. Sebuah studi membukti bahwa waktu terbaik minum susu untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan penurunan berat badan adalah setelah berolahraga.

Namun, perlu diingat bahwa minum susu dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan karena asupan kalori yang tinggi.

3. Untuk Meningkatkan Pencernaan

Beberapa orang percaya bahwa susu dapat meningkatkan pencernaan, meskipun belum ada bukti ilmiah mengenai gagasan ini. Oleh karena itu, tidak ada saran waktu berapa kali sehari Anda minum susu untuk melancarkan pencernaan.

Namun, Anda dapat mencoba meminumnya dengan makanan untuk melihat apakah ada perbedaannya. Meskipun demikian, beberapa produk susu fermentasi, termasuk yogurt dan kefir, dapat meningkatkan pencernaan dan pergerakan usus yang sehat. Produk ini mengandung probiotik, atau bakteri menguntungkan yang mendukung mikrobioma usus

Kapan Waktu Terbaik Minum Susu?

Kebanyakan orang terbiasa minum susu di pagi hari ataupun sebelum tidur. Tapi, sebenarnya tidak ada waktu terbaik minum susu. Pasalnya, susu bisa Anda konsumsi kapan saja baik pagi, siang, sore, atau malam malam hari, sesuai kebutuhan.

Namun, khusus bagi anak-anak, hindari memberi susu mendekati waktu makan. Dilansir dari laman detik health, seorang pakar gizi medik dari Universitas Indonesia, Dr dr. Saptawati Bardosono, MSc, mengatakan pemberian susu sebelum makan akan membuat anak jadi cepat kekenyangan sehingga anak justru jadi tidak nafsu makan.

Idealnya, entah bagi anak-anak ataupun dewasa, minumlah susu dua jam sebelum atau sesudah makan. Selain untuk menghindari efek kekenyangan, hal ini juga dilakukan agar kandungan kalsium dalam susu bisa terserap dengan sempurna.

Secara keseluruhan, waktu terbaik untuk minum susu tergantung pada tujuan dan kebutuhan pribadi Anda.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Kenali 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan
Selain mencegah dehidrasi, air kelapa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, berikut beberapa manfaat dari air kelapa.
7 Manfaat Teh Mint untuk Kesehatan, Ampuh Mengatasi Maag
Mengatasi Maag, menghilangkan bau mulut, dan meningkatkan energi, berikut manfaat meminum Teh Peppermint untuk kesehatan.
Empat Manfaat Saffron Bagi Kesehatan Manusia
Safron banyak diperbincangkan oleh masyarakat luas terutama di Indonesia. Berikut empat manfaat Safron bagi kesehatan manusia
0
Dugaan Penipuan Jumlah Tes Covid-19 di Jerman
Dugaan penipuan jumlah tes Covid-19 di Jerman meningkat, otoritas keseharan Jerman membahas mekanisme kontrol jumlah tes