Makanan dan Minuman Lezat Mengatasi Stres dan Cemas

Makanan dan minuman lezat ternyata ampuh mengatasi stres dan cemas. Berikut makanan yang cocok dikonsumsi untuk mengatasi persoalan tersebut.
Ilustrasi Cokelat. (Foto: Pixabay/thephilippena)

Jakarta - Makanan dan minuman lezat ternyata bisa mengatasi stres dan cemas. Namun, yang terpenting perlu ada pemahaman mengenai kudapan nikmat apa saja yang bisa dikonsumsi untuk mencegah persoalan tersebut. 

Jangan khawatir, berikut Tagar rangkumkan makanan yang cocok dikonsumsi untuk mengatasi stres dan cemas. 

1. Cokelat

CokelatIlustrasi Cokelat. (Foto: Pixabay/thephilippena)

Cokelat memang sudah menjadi favorit bagi semua orang karena makanan yang satu ini dipercaya dapat memperbaiki mood. Jadi, tidak bisa dipungkiri camilan tersebut menjadi salah satu alternatif yang kerap kali dimanfaatkan seseorang untuk mengatasi keadaan hatinya di saat sedang kacau balau hingga stres. 

Makanan tersebut mampu mengatur kadar hormon kortisol yang berfungsi mengatasi rasa stres seseorang. Bahkan, cokelat juga bisa menstabilkan metabolisme tubuh manusia. 

2. Madu

MaduMadu bermanfaat untuk menurunkan berat badan. (Foto: blog.frontiersin.org/Shutterstock)

Madu memang memiliki banyak manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan. Bahkan, makanan ini dapat mengatasi stres seseorang. Hal itu disebabkan karena kandungan triptofan yang tinggi. 

Jika ingin merasakan kegunaannya, cukup hanya menyediakan madu dan dicampurkan di atas yoghurt, semangkuk buah, atau dihidangkan bersama roti bakar. Dengan konsumsi makan tersebut, dipastikan stres akan hilang. 

3. Alpukat

Biji AlpukatBiji Alpukat. (Foto: Pixabay/silverstylus)

Alpukat juga salah satu buah yang banyak disukai orang, baik dimakan secara langsung atau diolah seperti jus. Kandungan kalium yang ada di dalam buah tersebut, berguna menurunkan tingkat stres dan memberikan rasa tenang. 

Meski tergolong aman dikonsumsi, sebaiknya bisa mengontrol diri untuk memakan buah ini. Sebab, alpukat dikenal sebagai asupan lemak yang harus diperhatikan kegunaannya. 

Namun, buah tersebut memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti beta karoten, folat, lutein, dan vitamin E. Bahkan, kandungan glutathione yang ada di dalam alpukat bermanfaat memblokir penyerapan lemak tertentu dalam usus. 

4. Kacang Mete

Kacang MeteIlustrasi Kacang Mete. (Foto: Pixabay)

Kacang Mete sering kali dijadikan camilan seseorang dikala dalam kondisi bosan hingga stres. Makanan ini dikenal dengan sumber zinc yang baik yang dapat mengendalikan tingkat stres hingga cemas. 

Bila tingkat zinc yang ada dalam tubuh rendah, hal itu bisa menyebabkan terjadinya rasa stres, depresi, dan cemas. Mengatasi persoalan itu, sebaiknya mengonsumsi kacang mete secara rutin untuk mengatasi stres hingga cemas.

5. Susu

SusuIlustrasi. (Foto: Pixabay/Ilona Couleur)

Kandungan kalsium yang ada di dalam susu bermanfaat untuk menenangkan saraf dan mengurangi ketegangan otot. Sehingga, dengan kandungan yang dimilikinya itu, tentu bisa mengatasi stres seseorang. 

Jika ingin menikmati manfaatnya, cukup dengan mencampurkan susu hangat di atas semangkuk sereal. Makanan ini bisa menjadi camilan nikmat dikala santai atau sebelum tidur

Namun, bila sedang diet dan kondisi sedang stres, disarankan memilih susu yang rendah lemak. Hal itu bertujuan supaya berat badan tetap stabil. 

6. Teh

Teh HijauLima Makanan dan Minuman Bikin Tajam Penglihatan. (Foto: zulfa-muthia.blogspot.com)

Berdasarkan penelitian di Jepang, seseorang mengonsumsi teh sebanyak empat gelas setiap hari bisa terhindar dari resiko stres hingga depresi. Namun, sebaiknya memilih teh hijau untuk dapat merasakan manfaatnya. 

Pasalnya, teh hijau memiliki banyak kandungan antioksidan. Sehingga, dapat mencegah stres, cemas dan depresi tersebut. Bagi siapa saja yang sedang diet, teh hijau bisa menjadi solusi yang ampuh dan tepat untuk menurunkan berat badan. []    

Baca juga:

Berita terkait
Lima Makanan dan Minuman Bikin Tajam Penglihatan
Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Mau tahu ulasannya?
Makanan Sehat Bikin Perempuan Cepat Hamil
Kebanyakan perempuan yang sudah menikah pasti ingin cepat mendapatkan keturunan. Berikut, makanan yang bisa mempercepat kehamilan.
Tujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak
Kanker otak menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi banyak orang. Berikut Tagar ulas Makanan yang dapat memicu kanker.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.