UNTUK INDONESIA
Lima Makanan dan Minuman Bikin Tajam Penglihatan
Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Mau tahu ulasannya?
Lima Makanan dan Minuman Bikin Tajam Penglihatan. (Foto: zulfa-muthia.blogspot.com)

Jakarta - Memilih makanan dan minuman sehat sangat penting untuk mencegah terkena glaukoma, kerusakan saraf mata yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan.

Dilansir dari Boldsky, galukoma bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, beta-karoten, dan antioksidan.

Sejumlah jenis makanan dan minuman dipercaya dapat membantu meningkatkan aliran darah ke mata secara alami tanpa menimbulkan efek samping.

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber beberapa makanan dan minuman sehat yang dapat membantu mempertajam penglihatan.

1. Kecambah

KecambahLima Makanan dan Minuman Bikin Tajam Penglihatan. (Foto: Instagram/yolana_dee)

Kecambah menjadi salah satu bahan makanan yang bisa mempertajam penglihatan. Sayuran ini mengandung antioksidan, seperti beta-karoten dan zeaxanthin, lutein, besama dengan vitamin A dan C.

Antioksidan yang terkandung mampu membantu membersihkan radikal bebas dan mencegah kerusakan saraf optik. Sehingga kecambah bisa mencegah cedera saraf optik pada kasus glaukoma.

2. Seledri

SeledriLima Makanan dan Minuman Bikin Tajam Penglihatan. (Foto: Instagram/murdiyanto20)

Seledri kaya akan nitrat makanan, vitamin A, dan vitamin C. Kandungan ini mampu membantu mengurangi risiko glaukoma, serta mengurangi tekanan intraokular mata yang meningkat.

3. Kangkung

KangkungLima Makanan dan Minuman Bikin Tajam Penglihatan. (Foto: Instagram/wahana_hidroponik)

Kangkung ampuh mencegah terjadinya glaukoma pada manusia. Pasalnya, mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya dapat bertindak sebagai antioksidan.

Kehadirannya dipercaya bisa membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, yang selanjutnya membantu meningkatkan kesehatan mata, serta melindungi makula dari kerusakan.

4. Teh Hijau

Teh HijauLima Makanan dan Minuman Bikin Tajam Penglihatan. (Foto: zulfa-muthia.blogspot.com)

Teh hijau mengandung katekin dan flavanol. Keduanya memiliki sifat antioksidan kuat untuk mengurangi pembentukan amiloid fibril, senyawa yang menyebabkan glaukoma.

5. Anggur Merah

Anggur MerahLima Makanan dan Minuman Bikin Tajam Penglihatan. (Foto: ribuancara.com)

Anggur merah dipercaya ampuh untuk mencegah terserangnya glaukoma. Kandungan resveratrol yang memiliki sifat polifenol aktif dapat menjadi penambah pembuluh darah.

Selain itu, anggur merah membantu dalam mikrosirkulasi dan mencegah penyakit mata, seperti degeneratif makulam glaukoma dan retinopati diabetes. []

Berita terkait
Pengaruh Posisi Jerawat di Wajah dengan Kesehatan
Posisi jerawat di wajah bisa menjadi tanda tubuh akan terserang penyakit. Mau tahu apa? Berikut ulasannya.
Gejala Perut Kembung dan Cara Mencegahnya
Perut kembung merupakan gejala ketika timbulnya rasa tidak nyaman di dalam perut. Berikut ulasannya.
12 Jenis Teh dengan Khasiat Berbeda untuk Kesehatan
Teh memiliki macam jenis dengan aneka manfaat untuk kesehatan. Berikut Tagar ulas khasiatnya.
0
Dampak Corona, Bank Apresiasi Pelonggaran Kebijakan
Pelaku industri perbankan merespon positif pelonggaran kebijakan pada sektor finansial pasca merebaknya virus corona jenis COVID-19.