Makanan Alternatif Pengidap Intoleransi Laktosa

Intoleransi Laktosa merupakan gangguan sistem pencernaan, di mana tubuh tidak dapat menghasilkan enzim laktosa yang cukup.
Ilustrasi sayuran hijau (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Intoleransi Laktosa merupakan gangguan sistem pencernaan, di mana tubuh tidak dapat menghasilkan enzim laktosa yang cukup. Akibat hal itu, tubuh tidak dapat mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh.

Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa, namun anak-anak juga rentang terkena penyakit ini. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini. Seperti faktor genetik, penurunan produksi laktosa, dan kondisi yang terjadi pada bayi prematur.

Orang-orang yang menderita intoleransi laktosa umumnya mengalami berbagai gejala seperti sakit perut, mual, diare, dan kembung. Orang yang mengidap penyakit ini, dianjurkan untuk menghindari konsumsi susu sapi dan produk-produk turunannya, termasuk keju, mentega, dan yogurt.

Berikut makanan yang aman bebas laktosa namun tetap bergizi tinggi.

1. Kacang-kacangan

Protein yang tidak bisa didapat dari hewani masih bisa digantikan dengan protein nabati. Kacang-kacangan menjadi alternatif lain karena dapat memenuhi kebutuhan akan protein, kalsium, serta mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

2. Sorbert

Para penderita intoleransi laktosa sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi es krim. Hal ini karena es krim terbuat dari susu. Untuk menyiasati hal tersebut, sebaiknya konsumsi sorbert, seperti dari jus buah-buahan tanpa susu. Sorbert merupakan camilan dingin yang kaya akan vitamin untuk mendukung berbagai fungsi tubuh.

3. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Jenis ikan yang dimaksud antara lain seperti tuna, salmon, sarden. Itulah yang menjadi dasar penderita intoleransi laktosa banyak mengonsumsi makanan laut, agar kebutuhan kalsiumnya tetap terpenuhi.

4. Sayuran Hijau

Makanan bebas laktosa yang selanjutnya adalah sayuran hijau. Jenis-jenis sayuran hijau yang dimaksud adalah brokoli, bayam, buncis, dan singkong. Sayuran tersebut dipercaya kaya akan kandungan zat besi dan kalsium yang dibutuhkan tubuh.

5. Susu dari kacang-kacangan

Alternatif bagi kamu pencinta susu adalah dengan mengonsumsi susu yang terbuat dari kacang-kacangan. Mengonsumsi susu yang terbuat dari kacang kedelai, almon, dan mete sangat dianjurkan untuk mengganti kalsium yang hilang.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Jenis Makanan Pembangkit Gairah untuk Wik-wik
Buat kalian pasangan suami istri yang merasa gairah untuk berhubungan intim kurang, cobalah untuk memakan makanan yang sudah tertulis di atas.
7 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Hamil
Kali ini ada tujuh makanan yang bisa dikonsumsi agar janin tetap sehat dan berkembang, simak penjelasannya berikut ini.
5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Gairah Seks
akanan yang Anda konsumsi berperan dalam meningkatkan kehidupan seks Anda.
0
Makanan Alternatif Pengidap Intoleransi Laktosa
Intoleransi Laktosa merupakan gangguan sistem pencernaan, di mana tubuh tidak dapat menghasilkan enzim laktosa yang cukup.