UNTUK INDONESIA
Liverpool vs Barcelona, Susunan Tim dan Prediksi
Liverpool diprediksi sulit mengejar defisit gol saat menghadapi Barcelona di laga kedua semifinal Liga Champions di Anfield.
Liverpool melakoni laga kedua semifinal Liga Champions melawan Barcelona di Stadion Anfield, Rabu, 8 Mei 2019, dinihari WIB. Tampak bek Liverpool Virgil van Dijk (kanan) menghadapi pemain depan Barcelona, Lionel Messi di semifinal pertama di Nou Camp. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Liverpool tanpa skuat terbaik saat menghadapi Barcelona di semifinal kedua Liga Champions di Stadion Anfield, Rabu, 8 Mei 2019, dinihari WIB. Tanpa Roberto Firmino dan Mohamed Salah, Liverpool diprediksi sulit mengejar defisit gol. 

Absennya Firmino dan Salah sudah pasti berpengaruh pada ketajaman The Reds. Pasalnya untuk kontribusi gol, keduanya merupakan andalan Liverpool. Dengan komposisi pemain yang berubah, tak mudah bagi tuan rumah untuk membalikkan keadaan. Apalagi, tim Liga Premier Inggris ini sudah kalah 0-3 di semifinal pertama. 

Mereka harus menang minimal 4-0 untuk lolos ke final. Sebaliknya, Barca hanya butuh hasil imbang untuk mendapatkan tiket ke final menghadapi Ajax Amsterdam atau Tottenham Hotspur

Perubahan komposisi pemain dan skema bermain dari Liverpool akan menjadi sorotan. Siapa yang diturunkan oleh manajer Juergen Klopp dengan absennya Salah dan Firmino. 

Di laga ini, Klopp mengubah skema dari 4-3-3 menjadi  4-2-3-1 dengan menempatkan Sadio Mane sebagai ujung tombak. Di sisi kiri biasanya ditempat Daniel Sturridge. Namun Divock Origi bakal menjadi pilihan pertama untuk menopang Mane. Sedangkan di kanan ada Xherdan Shaqiri yang selama ini mengambil alih alih Salah bila pemain asal Mesir ini terpaksa absen. 

Menariknya, Shaqiri dan Origi tampil menawan saat Liverpool mengalahkan Newcastle United 3-2. Ini menjadi modal bagus Klopp bila mereka bisa diandalkan. 

Posisi gelandang bertahan akan diisi Jordan Henderson dan Fabinho. Sedangkan Georginio Wijnaldum berperan sebagai playmaker/gelandang serang dengan beroperasi di belakang Mane. 

Di belakang tidak ada perubahan karena bek tengah Virgil van Dijk dipastikan kembali menjad starter bersama Joel Matip. Namun tidak menutup kemungkinan Dejan Lovren yang dimainkan Sedangkan di kanan ada Trent Alexander-Arnold meski Joe Gomez juga tidak kalah siap untuk diturunkan. Posisi bek kiri tetap menjadi milik Andrew Robertson. 

Kondisi Bugar

Tidak ada perubahan pada skuat Barca karena semua dalam kondisi bugar dan siap diturunkan. Hanya Ousmane Dembele yang absen karena cedera hamstring sehingga posisinya diambil alih eks Liverpool, Philippe Coutinho. 

Dengan skema 4-3-3, Coutinho akan bahu-membahu dengan eks striker Liverpool, Luis Suarez dan Lionel Messi. Di tengah, pelatih Ernesto Valverde bakal membangkucadangkan Arthur. Dia menurunkan Sergio Busquets, Ivan Rakitic dan Arturo Vidal.

Lini belakang juga tak berubah. Kuartet bek Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet dan Jordi Alba tetap menjadi starter. Mereka bakal bekerja keras menghadapi gelombang serangan Liverpool. 

Dengan kekuatan yang tak lagi sama, Liverpool diprediksi sulit mengejar ketinggalan gol. Pasalnya mereka menghadapi lawan yang menjadi unggulan utama di Liga Champions dan pemainnya dalam kondisi bugar. 

Valverde tidak akan membiarkan tim lengah meski sudah menang besar di Nou Camp. Ini yang menjadikan bursa tak mengunggulkan Liverpool. Tidak ada yang diunggulkan karena lek-lekan (0:0). 

Pertandingan diprediksi imbang. Kemenangan yang mungkin diraih Liverpool pun hanya skor tipis. Namun Barca ingin mempertahankan rekor tak terkalahkan. Pelatih Valverde pun sangat berhati-hati dan tetap waspada sehingga dia tidak ingin ada kesalahan sedikit pun di lini pertahanan.  

Prakiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-2-3-1): Alisson-Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho; Shaqiri, Wijnaldum, Origi; Mane

Barcelona (4-3-3): ter Stegen-Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Vidal, Busquets, Rakitic; Messi, Suarez, Coutinho

Bursa

Liverpool vs Barcelona 0:0 (tips Liverpool) []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Guru Teladan Dimutasi, Warga di Sidrap Boikot Sekolah
karena guru yang dianggap teladan di mutasi Dinas Pendidikan Kabupaten Sidrap. orang tua murid menggelar demonstrasi.