UNTUK INDONESIA
Lima Olahan Kuliner Pedas Khas Jawa Timur
Jawa Timur menyimpan aneka kuliner pedas yang populer dan disukai berbagai kalangan. Berikut ini beberapa kuliner pedas khas Jawa Timur.
Nasi Krawu. (Foto: Instagram/kulinergresik)

Jakarta - Jawa Timur menyimpan aneka kuliner pedas yang populer dan disukai berbagai kalangan. Bahkan, beberapa kuliner pedas tersebut tidak hanya dikenal di Jawa Timur saja melainkan sudah tersebar hingga ke daerah lain di Indonesia.

Bermacam jenis makanan dan minuman yang ada di Jawa Timur ini tentu mampu memanjakan lidah penikmatnya terutama para pecinta pedas. Jadi, jangan lupa mencicipi beragam kuliner pedas ketika berkunjung ke Jawa Timur.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah kuliner pedas khas Jawa Timur.

1. Ayam Penyet

Ayam PenyetAyam Penyet. (Foto: Instagram/satitchen)

Ayam penyet menjadi salah satu kuliner pedas khas Jawa Timur yang disukai berbagai kalangan. Kuliner satu ini merupakan olahan ayam goreng yang populer tepatnya di Surabaya.

Ayam penyet terkenal lantaran cita rasanya yang pedas karena diolah bersamaan dengan sambal. Nantinya, ayam akan dipenyet atau dimemarkan bersama sambal yang pedas, tak lupa disajikan bersama tahu dan tempe goreng, serta lalapan yang segar.

2. Ayam Bumbu Rujak

Ayam Bumbu RujakAyam Bumbu Rujak. (Foto: Instagram/yanesthi)

Ayam bumbu rujak menjadi hidangan yang sering ditemui di Surabaya dan daerah lain di Jawa Timur. Dalam proses pengolahannya, ayam terlebih dahulu diberikan perasan jeruk nipis dan nantinya dilumuri dengan bumbu rujak dengan cita rasa pedas yang menggugah selera.

Bumbu rujak sendiri dibuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kemiri, dan merica, serta tidak lupa daun jeruk yang segar. Proses memasaknya terdiri dari beberapa cara, pertama ada yang ayamnya dipanggang setelah dimasak bersama bumbu dan kedua, dimasak langsung bersama bumbunya.

3. Rujak Cingur

Rujak CingurRujak Cingur. (Foto: Instagram/kulinermojo)

Rujak cingur menjadi salah satu kuliner khas Jawa Timur yang populer di daerah lainnya juga. Hidangan ini memiliki cita rasa pedas yang berasal dari bumbu rujaknya.

Dinamakan rujak cingur karena berisi cingur yang dalam bahasa jawa berarti mulut sapi dan dikombinasikan bersama buah, sayur, lontong, tahu, dan tempe. Bumbu dari rujak cingur terbuat dari olahan petis udang, gula merah, cabai, kacang tanah, garam, irisan pisang biji muda, dan bawang goreng.

4. Nasi Krawu

Nasi KrawuNasi Krawu. (Foto: Instagram/kulinergresik)
Nasi krawu merupakan kuliner khas Gresik, Jawa Timur yang biasanya disajikan di atas daun pisang. Kuliner ini berisi nasi dengan aneka lauk, seperti suwiran daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal petis, dan serundeng kelapa yang gurih.

Cita rasa pedas dari hidangan ini terletak pada sambal petisnya. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Jawa Timur jika tidak mencicipi nasi krawu.

5. Nasi Tumpang

Nasi TumpangNasi Tumpang. (Foto: Instagram/miminyadavny)

Nasi tumpang menjadi kuliner khas Jawa Timur tepatnya daerah Nganjuk, Kertosono, dan Kediri. Tumpang sendiri berbahan dasar tempe yang difermentasikan selama dua hingga tiga hari.

Nasi tumpang biasanya berisi nasi yang dicampur bersama sayur-sayuran seperti nasi pecel. Nantinya, penyajian hidangan satu ini disiram dengan kuah sambal tumpang.

Baca Juga: 

Berita terkait
Resep Smoothies Kulit Semangka Sehat dan Menyegarkan
Selain daging buahnya, ternyata kulit semangka bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan smoothies yang sehat dan menyegarkan. Berikut cara membuatnya.
Resep Telur Asin Lezat dan Tidak Berbau
Telur asin menjadi salah satu makanan yang populer dan disukai banyak orang di Indonesia. Berikut resep Telur asin yang lezat dan tidak berbau.
Resep Aneka Risoles Menggoyang Lidah
Risoles bisa menjadi camilan lezat untuk mengisi waktu luang sembari menunggu waktu makan utama. Berikut aneka resep risoles yang menggoyang lidah.
0
Lima Olahan Kuliner Pedas Khas Jawa Timur
Jawa Timur menyimpan aneka kuliner pedas yang populer dan disukai berbagai kalangan. Berikut ini beberapa kuliner pedas khas Jawa Timur.