Lima Manfaat Menakjubkan Buah Maja Usir Penyakit

Buah maja memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, berikut penjelasannya.
Buah Maja. (Instagram/@endripri)

Jakarta - Buah maja memang dikenal memiliki rasa pahit. Tetapi, tanpa disadari memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh karena mengandung vitamin C, riboflavin, niasin, thiamin, karoten, lemak, protein, karbohidrat, alkaloida, steroid, kumarin, minyak alami, limonene, dan marmelosina.  

Berikut Tagar rangkumkan manfaat buah maja untuk kesehatan yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. Obat Diabetes

Kandungan alami yang dimiliki di dalam buah maja tersebut sangat ampuh menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Buah maja ini memang sangat terkenal di seluruh penjuru dunia, namun nama internasionalnya dikenal dengan sebutan bael fruit atau wood apple.

Selain mengandung berbagai jenis vitamin, maja juga dilengkapi dengan nutrisi gizi, seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Buah ini juga diperkaya dengan steroid, marmelosina, alkkaloida, minyak alami, dan kumarin.

2. Mengobati Asma

Bukan hanya buahnya saja yang baik untuk kesehatan. Daun pohon maja juga bisa mengobati sakit asma. Namun, daun yang digunakan haruslah yang sudah kering. 

Caranya, ambil lima gram daun maja kering itu dan campurkan dengan satu sendok teh madu dan minum dalam jangka waktu dua kali sehari. 

3. Meredakan Diare

Buah maja memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Sehingga sangat efektif dimanfaatkan untuk meredakan diare. 

Jika ingin meredakan diare, ada baiknya mengonsumsi buah maja itu secara langsung atau dijadikan jus buah. Namun, itu tergantung dengan selera masing-masing. 

4. Mengobati Darah Tinggi

Daun maja ternyata juga sangat ampuh untuk mengusir penyakit darah tinggi. Caranya sangat mudah dan praktis, yaitu cukup dengan menyiapkan lembar daun maja dan hancurkan.

Selanjutnya, campurkan dengan madu dan buatlah seperti jus. Kemudian, minumlah setiap pagi hari. Dengan begitu, darah tinggi bisa teratasi dengan baik dan tidak memiliki efek samping. 

5. Meningkatkan Konsentrasi

Buah maja juga berkhasiat untuk meningkatkan konsentrasi seseorang. Jika Anda mengalami persoalan tersebut, tentu bisa manfaatkan buah tersebut. 

Caranya, sediakan buah maja yang sudah matang dan campurkan dengan mentega tawar serta gula pasir. Lalu, konsumsilah sekali sehari untuk mendapatkan khasiatnya. 

Diketahui, seluruh bagian pohon maja mulai dari batang, daun, akar, hingga buahnya ternyata sejak ribuan tahun yang lalu sudah dijadikan ramuan tradisional di India. []

Baca juga:

Berita terkait
Tujuh Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan
Buah pala selain untuk olahan makanan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apa saja?
Enam Khasiat Buah Mengkudu yang Menakjubkan
Mengkudu memiliki bau yang menyengat dan rasa pahit, ternyata menyimpan banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh.
Rasakan Khasiat Lima Buah untuk Remajakan Kulit
Selain mengandung banyak vitamin yang dapat menjaga tubuh agar selalu sehat, buah-buahan juga dapat menutrisi kulit wajah untuk mencegah penuaan.
0
Ini Alasan Mengapa Pemekaran Provinsi Papua Harus Dilakukan
Mantan Kapolri ini menyebut pemekaran wilayah sebenarnya bukan hal baru di Indonesia.