UNTUK INDONESIA
Lima Manfaat Rambutan, Lihat Nomor 2
Rambutan memiliki manfaat yang tanpa disadari baik untuk kesehatan tubuh, berikut ulasannya.
Buah Rambutan. (Foto: Pixabay/KRiemer)

Jakarta - Buah rambutan tanpa disadari memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan dianggap remeh dan diabaikan dengan keampuhan dari buah tersebut. 

Rambutan kaya dengan serat, vitamin, dan mineral yang tak kalah dengan buah lainnya. Seperti yang dilansir dari Healthline disebutkan setiap 100 gram daging buah rambutan mengandung 1,3 hingga 2 gram serat. Dari kandungan tersebut tentu baik untuk sistem pencernaan. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat rambutan yang tidak terduga dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan. 

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Buah rambutan juga memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri, yang dapat melindungi tubuh dari serangan segala penyakit. Jika Anda mudah sakit, diharuskan segeralah konsumsi buah yang unik ini.

Antioksidan dalam rambutan sebenarnya bersumber dari kandungan vitamin C yang ada pada buah tersebut. Vitamin C itu akan mendorong sel darah putih untuk melawan infeksi. 

Bila tubuh kurang asupan vitamin C, tentu akan mempengaruhi sistem imun. Sehingga, akibatnya Anda akan rentan sakit. Menghindari hal tersebut, disarankan untuk mengonsumsi rambutan.

2. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal 

Rambutan memiliki kandungan fosfor yang dapat membantu menyaring kotoran ginjal dari dalam tubuh. Bahkan, mineral yang ada di dalam rambutan juga dapat mencegah gumpalan kristal mineral atau batu ginjal. 

Dengan kaya akan kandungan tersebut, tentu akan mencegah penyakit batu ginjal. Jadi, jangan remehkan khasiat dari buah yang satu ini agar fungsi ginjal bisa bekerja dengan baik.

3. Mencegah Sakit Jantung

Kandungan vitamin C pada rambutan juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Penyakit ini sering kali ditakutkan bagi setiap orang, khususnya mereka yang sudah berumur di atas 30 tahun.

Memang penyakit jantung bisa terjadi karena dinding pembuluh darah sedang mengalami kerusakan. Namun, dengan kandungan vitamin C inilah dinding pembuluh darah yang rusak bisa diperbaiki, sehingga dapat mencegah serangan jantung. 

4. Menurunkan Berat Badan

Rambutan memang mampu menurunkan berat badan karena memiliki kandungan serat yang berfungsi menghancurkan lemak di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah itu, Anda akan dibuat kenyang dan menunda rasa lapar karena ada kandungan air yang masuk dalam tubuh. 

Setiap 100 gram daging buah rambutan yang dikonsumsi, mengandung 75 kalori dan 1,3 hingga 2 gram serat. Sehingga, dengan kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah, Anda tidak akan dibuat gemuk meski sudah mengonsumsi buah itu dalam jumlah yang banyak. 

5. Mencegah Diabetes

Dari penelitian di Tiongkok disebutkan kandungan fenolik pada rambutan mampu menurunkan kadar glukosa darah. Sehingga, dengan kandungan yang dimiliki buah tersebut ternyata ampuh mencegah diabetes. 

Manfaat rambutan ini bisa dirasakan, jika Anda mengonsumsi buah tersebut. Namun juga perlu menyeimbangkan asupan nutrisi lainnya agar kesehatan tetap terjaga dan tidak rentan sakit. []

Baca juga:

Berita terkait
Bening Buah Duku, Ini 10 Keajaibannya Untuk Sehat Dan Cantik
Bening buah duku, rasanya manis, memiliki 10 keajaiban untuk sehat dan cantik, di antaranya menjaga tubuh langsing.
Tujuh Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan
Buah pala selain untuk olahan makanan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apa saja?
Manggis Sang Ratu Buah, Kenali Enam Manfaatnya Untuk Kesehatan
Manggis sang ratu buah, di balik daging putih berasa asam manis terkandung enam manfaatnya untuk kesehatan.
0
Penjelasan Pemkab Jember Soal Labeli Bantuan Corona
Sebelumnya DPRD Jember menyoroti pemasangan foto Bupati dan Wakil Bupati Jember di karung beras bantuan dari pemerintah pusat sebagai dampak Corona