UNTUK INDONESIA
Tujuh Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan
Buah pala selain untuk olahan makanan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apa saja?
Buah pala yang memiliki banyak khasiat (Foto: Instagram/yeohkoktat)

Jakarta - Buah pala menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bahan tambahan olahan makanan. Tidak hanya itu, buah berbentuk bulat ini juga kaya kandungan nutrisi serta memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan yang terdapat pada buah ini seperti lemak total, protein, sodium, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C. Umumnya bagian buah ini yang digunakan yaitu daging buahnya yang bisa dijadikan manisan dan bijinya sebagai penambah bumbu pada masakan.

Olahan makanan ketika menggunakan biji buah pala akan menimbulkan rasa serta aroma yang khas ketika dikonsumsi.

Berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat serta khasiat yang dimiliki oleh buah pala.

1. Meningkatkan kesehatan otak

Buah yang mengandung senyawa myristicin dan macelignan ini, dapat mengurangi kerusakan sistem saraf dan fungsi kognitif yang dimiliki pasien demensia atau penyakit alzheimer.

Buah ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak. Selain itu, dapat meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan kelelahan serta stres.

2. Mengurangi rasa sakit

Buah pala mampu menghilangkan rasa sakit secara alami, karena komponen buah ini mirip dengan mentol. Cukup menambahkannya sebagai bumbu masakan bisa mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka, ketegangan, dan peradangan kronis dari kondisi sepeti arthritis.

3. Menjaga Kesehatan Mulut

Buah pala juga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pasta gigi atau obat kumur herbal. Karena dapat meningkatkan kekebalan gusi dan gigi.

Sifat antibakteri yang dimiliki buah ini secara efektif dapat membantu membersihkan bakteri penyebab bau muluy, karena memiliki aroma wangi yang khas.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat yang ada pada buah pala dapat merangsang proses pencernaan dengan mendorong gerakan peristaltik pada otot polos usus. Sehingga dapat merangsang sekresi berbagai cairan di lambung dan usus. Membantu masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan perut kembung.

5. Membantu Menawarkan Racun Pada Tubuh

Mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, hal ini dikarenakan buah pala bertindak sebagai tonik, yaitu zat yang bisa mengeluarkan beragam racun dalam tubuh.

Selain itu, membantu menghilangkan racun yang tersimpan atau terakumulasi di hati dan ginjal. Organ tubuh bisa dibuat bersih dari racun yang tersimpan, seperti alkohol, obat-obatan, polusi, atau makanan ketika mengkonsumsinya.

6. Mengendalikan Tekanan Darah

Kalium yang terkandung dalam buah pala dapat membantu meregangkan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi tekanan darah serta dapat menurunkan ketegangan.

Kandungan mineral dalam buah ini terbukti efektif dalam menjaga fungsi organ. Selain itu, kalsium yang ditemukan buah pala dapat meningkatkan zat besi dan meningkatkan jumlah sel darah merah. Selain itu, dapat mengurangi kemungkinan terkena gejala kekurangan zat besi atau anemia.

7. Mengobati Insomnia

Magnesium yang terkandung dalam buah pala sangat penting dalam mengurangi ketegangan saraf, bahkan merangsang rasa rileks.

Buah pala juga mengandung serotonin yang berubah menjadi melatonin di otak, yaitu sebagai pendorong tidur, membantu seseorang menghilangkan insomnia atau kegelisahan di malam hari. []

Berita terkait
Lima Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan
Ketumbar salah satu bumbu dapur yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Berikut Tagar rangkumkan lima manfaatnya.
Delapan Tanaman untuk Sembuhkan Ambeien
Ambeien atau wasir merupakan peradangan atau pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus. Berikut Tagar bagikan pencegahannya secara alami.
Enam Tanaman Obat Diabetes
Diabetes salah satu penyakit berbahaya dengan ancaman kematian, mencegahnya bisa dibantu dengan tanaman herbal.
0
Viral Hewan Mati Mendadak di Bekasi Bukan Hoaks
Polisi membenarkan video viral hewan mati di Cibarusah, Bekasi, benar terjadi dan bukan hoaks.