Cegah Kanker dan Sembilan Manfaat Buah Aprikot

Buah aprikot kaya akan manfaat untuk kesehatan, jadi jangan sia-siakan khasiatnya.
Buah Aprikot. (Foto: pixnio.com)

Jakarta - Buah aprikot memang masih terdengar asing di Indonesia. Tetapi siapa sangka buah tersebut memiliki beragam jenis manfaat untuk kesehatan.

Aprikot memiliki bentuk yang kecil dan bulat, serta berwarna kuning seperti jeruk. Begitu juga dengan daging buahnya juga memiliki warna yang sama. Buah ini rasanya manis, segar, dan aromanya cukup pekat, sehingga menjadi daya tarik bagi siapa saja yang ingin membeli. 

Buah berwarna kuning tersebut mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, tembaga, magnesium, mengan, fosfor, dan niasin. Jadi, tidak bisa dipungkiri jika aprikot memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Berikut Tagar rangkumkan 10 khasiat buah aprikot untuk kesehatan.

1. Kesehatan Tulang

Bagi seseorang yang mencintai olahraga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah aprikot. Hal itu disebabkan karena buah tersebut memiliki kandungan kalsium, fosfor, mineral, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang.

Tentu dengan menyantap buah ini, bisa mencegah pengeroposan tulang yang dapat menimbulkan penyakit osteoporosis. 

2. Mengobati Sembelit

Aprikot kaya akan serat, sehingga cocok dikonsumsi bagi seseorang yang mengalami sembelit pada perut. Kandungan yang dimiliki buah tersebut akan merangsang produk cairan lambung, dan memudahkan sistem pencernaan untuk menyerap nutrisi.

3. Menyehatkan Mata

Mengonsumsi buah ini akan membantu memperbaiki penglihatan mata. Bahkan, kandungan yang dimiliki aprikot bisa mencegah efek buruk radikal bebas yang umumnya menyerang sistem kekebalan tubuh. Sebab, buah tersebut memiliki kadar vitamin A yang tinggi.

4. Mencegah Kanker

Buah aprikot memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Maka, disarankan untuk mengonsumsi buah kecil kuning ini sebagai upaya pencegahan terserangnya penyakit kanker. 

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit menjadi bagian tubuh yang perlu dirawat dengan baik, khususnya untuk kaum hawa. Minyak dari biji buah aprikot sangat membantu menjaga kulit tetap dalam kondisi sehat dan normal.

Hal ini dikarenakan buah aprikot memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin C dan E yang ada dalam buah tersebut dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit.

6. Baik untuk Jantung

Aprikot bukan hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, buah yang dikemas penuh serat ini juga berguna untuk mengurangi kolesterol jahat. Sehingga, sangat baik untuk memperkuat jantung.

7. Mengatasi Anemia

Aprikot bermanfaat untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Sebab, buah ini memiliki kandungan mineral berupa zat besi yang bisa meningkatkan oksigen di dalam darah.

Buah yang memiliki rasa manis tersebut juga dapat membantu memproduksi sel darah merah. Jadi, bagi siapa saja yang mengidap anemia atau kekurangan darah, konsumsilah aprikot secara rutin. Tujuannya supaya tidak lemas atau lesu ketika sedang beraktivitas. 

8. Baik untuk Pencernaan

Setiap buah-buahan memang memiliki kandungan serat yang melimpah, tak terkecuali aprikot. Sehingga, buah bulat berwarna kuning ini baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh.

Serat pada buah tersebut dapat membantu melancarkan pembuangan, khususnya buang air besar. Kandungan ini juga berguna untuk menyerap nutrisi dengan baik, sehingga pencernaan tetap terjaga.

9. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Buah aprikot mengandung potasium dan sodium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dari Kandungan yang dimilikinya itu, tentu mampu memperbaiki sistem metabolisme dan mencegah kram otot.

10. Menurunkan Berat Badan

Aprikot juga bisa membantu dalam proses penurunan berat badan. Setiap 100 gram buah ini mengandung 45 kalori dan serat. Jadi ketika mengonsumsi buah tersebut, Anda akan dibuat kenyang lebih lama. Dengan begitu bisa membantu menurunkan berat badan.[]

Baca juga:

Berita terkait
Tips Awet Muda dengan Buah Goji Berry
Produk alami seperti halnya buah Goji Berry yang bermanfaat untuk membuat awet muda.
Rahasia Cantik dan Sehat dari Jeruk Nipis
Jeruk nipis, selain digunakan untuk bahan pangan, buah yang satu ini dapat digunakan untuk kesehatan hingga kecantikan.
Lima Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan
Ketumbar salah satu bumbu dapur yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Berikut Tagar rangkumkan lima manfaatnya.
0
Ronald De Boer Dipilih Jadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar
Bintang sepak bola Belanda, Ronald de Boer, mengatakan, dia sangat antusias mendapat kesempatan menjadi Duta Piala Dunia 2022 di Qatar