Lampung Berencana Membangun Pelabuhan Baru di Tanggamus

Pelbuhan baru akan dikhususkan bagi pengiriman logistik berupa komoditas lokal Lampung menuju Pelabuhan Tanjung Priok.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berencana membangun pelabuhan baru yang di Kabupaten Tanggamus untuk memperkuat jalur logistik Lampung.

"Saat ini untuk pelabuhan yang menjadi pusat pengiriman adalah Pelabuhan Panjang, namun untuk membantu kelancaran pengiriman akan kita buat pelabuhan baru lagi di Tanggamus," kata Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi saat menghadiri acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, di Bandar Lampung, Rabu, 24 November 2021.

Nantinya, pembangunan pelabuhan baru di Kabupaten Tanggamus tersebut akan dikhususkan bagi pengiriman logistik berupa komoditas lokal Lampung menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

"Ini untuk membantu pertumbuhan ekonomi daerah, jadi komoditas kita seperti kopi, lada, singkong, jagung, beras bisa dikirim langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok tidak perlu menambah antrean di Pelabuhan Panjang," ujar Arinal.

Menurut Arinal, waktu tempuh pelabuhan baru tersebut nantinya tidak jauh berbeda dengan pengiriman logistik dari Pelabuhan Panjang yang merupakan pelabuhan terbesar di Lampung dengan luas mencapai 105 hektare.



Saat ini untuk pelabuhan yang menjadi pusat pengiriman adalah Pelabuhan Panjang, namun untuk membantu kelancaran pengiriman akan kita buat pelabuhan baru lagi di Tanggamus.



"Waktu tempuh tidak jauh berbeda, sekitar satu jam langsung menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Pelabuhan baru di Tanggamus ini akan dikhususkan untuk pengiriman produk lokal, contohnya dari Bandarlampung atau bagian barat Lampung. Untuk produk dari daerah luar Lampung tetap akan dilakukan di Pelabuhan Panjang," tuturnya.

Arinal menambahkan, perencanaan pembangunan pelabuhan baru itu akan dilakukan langsung pemerintah daerah bekerjasama dengan pemerintah pusat dan sejumlah stakeholder terkait.

"Pembangunan ini tidak akan menggunakan APBD tapi kita bekerja sama dengan pemerintah pusat dan stakeholder. Sebab Lampung ini daerah strategis pintu masuk dan keluar pulau. Terlebih lagi potensi komoditas kita banyak sekali jadi harus dimanfaatkan," ujarnya.

Arinal juga memastikan,pertumbuhan ekonomi Lampung yang mencapai 3,05 persen pada triwulan III-2021,akan terus ditingkatkan dan dijaga melalui pelaksanaan program pembangunan.

"Pemulihan ekonomi Lampung sebesar 3,05 persen ini harus dijaga, dengan program pembangunan di Lampung yang nantinya akan mengurangi tingkat pengangguran, kemiskinan, ketimpangan antar kabupaten/kota, dan yang pasti menjaga kesehatan masyarakat," pungkasnya. []


Baca Juga

Libur Akhir Pekan? Berikut 4 Destinasi Wisata Bogor 

Libur Akhir Pekan? Berikut 4 Destinasi Wisata Bogor 

5 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Lampung

Kota Malang Miliki Konsep Wisata Kuliner Food Truck 





Berita terkait
Kontribusi Pelabuhan Patimban pada Bisnis Sektor Pelayaran
Pelabuhan Patimban akan menjadi pelabuhan besar yang difungsikan untuk kegiatan ekspor impor industri otomotif dan logistik dari dan ke Indonesia.
Opini: Pelabuhan Adil Makmur di Samudera Industri Layer
Perunggasan layer yang adil makmur ibarat pelabuhan akhir dari trip pelayaran para pelakunya di samudera industri layer. Bagas Pujilaksono.
PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan
PLN terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan terutama pengembangan pelabuhan ramah lingkungan.
0
Tidak Perlu Repot! Inilah Cara Simple Membayar BPJS
Cara bayar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan ini cukup mudah dan praktis untuk dilakukan, semoga bermanfaat.