UNTUK INDONESIA
Laga Perdana Dihapuskan, Liga 2 Mulai dari Nol
Pertandingan perdana Liga 2 yang sudah digelar bakal dihapuskan. Kompetisi kasta ke-2 ini dimulai dari awal saat digulirkan kembali pada Oktober.
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno mengatakan pertandingan perdana Liga 2 yang sudah digelar bakal dihapuskan. Kompetisi kasta ke-2 ini dimulai dari awal saat digulirkan kembali pada Oktober. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Jakarta - Pertandingan perdana Liga 2 yang sudah digelar bakal dihapuskan. Kompetisi kasta ke-2 ini dimulai dari nol atau awal saat digulirkan kembali pada Oktober mendatang. Kompetisi juga diubah karena dibagi menjadi 4 grup. 

Mulai dari nol. Kalimat itu tak hanya diucapkan petugas pompa bensin saat mengisi bahan bakar kendaraan. Kompetisi Liga 2 yang bakal diselesaikan setelah dihentikan karena pandemi Covid-19 juga akan dimulai dari nol alias awal.

Beruntung bagi Semen Padang yang menelan kekalahan 3-0 dari PSPS Riau di laga perdana Liga 2. Begitu pula PSIM Yogyakarta yang kalah 2-1 dari Sriwijaya FC di pertandingan tandang. Sedangkan PSMS Medan pun sudah meraih kemenangan 2-1 atas KS Tiga Naga.  

Ini menjadikan pertandingan semifinal bakal lebih ramai dan ketat. Sedangkan 2 tim yang lolos ke final dipastikan promosi ke Liga 1

Ada 10 pertandingan perdana yang digulirkan pada Sabtu, 14 Maret 2020 dan Minggu, 15 Maret 2020. Namun semua laga itu ditiadakan. PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kompetisi Liga 2 mulai dari awal. 

"Laga pertama Liga 2 dihapuskan. Ada 10 pertandingan yang ditiadakan. Dengan demikian kompetisi mulai dari awal yang akan dibagi menjadi 4 grup," kata Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno di Yogyakarta. 

Kompetisi musim ini juga mengalami perubahan dengan ditiadakannya sistem kandang dan tandang (home and away). Kompetisi dibagi menjadi 4 grup yang masing-masing dihuni 6 tim. 

Menurut Sudjarno ada 7 tim yang sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah. Mereka yang mengajukannya, Kalteng Putra, Sulut United, KS Tiga Naga, Persis Solo, Badak Lampung FC, PSCS Cilacap dan Persijap Jepara. 

"Sudah ada 7 tim yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah grup. Dalam sistem baru ini, setiap grup diisi 6 tim. Juara dan runner up lolos ke 8 besar. Selanjutnya masuk semifinal dan final," ujar Sudjarno. 

2 Tim Liga 2 Promosi ke Liga 1

Musim ini hanya juara dan runner up yang promosi ke Liga 1. Pasalnya Liga 1 menghapuskan degradasi sehingga musim berikutnya kompetisi kasta tertinggi diikuti 20 klub. 

"Ini menjadikan pertandingan semifinal bakal lebih ramai dan ketat. Sedangkan 2 tim yang lolos ke final dipastikan promosi ke Liga 1," kata mantan Kapolda Lampung ini. 

Menurut dia semua tim akan diundi akan masuk grup mana. Dengan demikian tim yang mengajukan diri sebagai tuan rumah belum tentu bermain di kandang sendiri. Artinya, Persijap belum tentu bermain di Jepara bila ditunjuk sebagai tuan rumah. Bisa jadi Persijap bermain di Kalimantan atau Sumatera di penyisihan grup. 

Baca juga: 

Ferdinand dan Paulo, Siapa Lagi Menyusul ke PSMS

Terjawab Sudah, Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan

"Dengan menggunakan undian, semua berjalan fair. Kami juga sudah menerima permintaan dari klub yang meminta agar tidak berada dalam satu grup dengan klub tertentu," tutur jenderal bintang 2 ini.

"PT LIB bertindak sebagai penyelenggara pertandingan. Namun untuk perangkat pertandingan ditangani panpel setempat," ujarnya lagi. 

PT LIB merencanakan mengundang klub Liga 2 untuk melakukan manajer meeting. Pertemuan dijadwalkan digelar pada pekan ke-2 Agustus 2020. []

Berita terkait
Persaingan Ketat, PSMS Medan Yakin Hadapi Liga 2
Persaingan ketat di Liga 2 yang rencananya digelar pada Oktober 2020 ini tak menjadikan PSMS ciut nyali. Ini jadi tantangan meraih tiket ke Liga 1.
Amandemen Regulasi Liga 1 2020, Degradasi Dihapuskan
Kompetisi Liga 1 2020 tidak ada degradasi. PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator baru, menerapkan regulasi liga yang sudah diamandemen.
Semen Padang Tak Ikuti PSMS Kumpulkan Pemain Liga 1
Semen Padang FC tak akan mengikuti PSMS Medan yang getol mengumpulkan pemain Liga 1. Skuat Semen Padang sudah cukup mumpuni mengarungi Liga 2.
0
Laga Perdana Dihapuskan, Liga 2 Mulai dari Nol
Pertandingan perdana Liga 2 yang sudah digelar bakal dihapuskan. Kompetisi kasta ke-2 ini dimulai dari awal saat digulirkan kembali pada Oktober.