UNTUK INDONESIA
Kronologi Pelaku Menghabisi Demas Laira, Wartawan di Sulbar
Pelaku pembunuhan wartawan media online di Sulawesi Barat mengaku dendam terhadap korban. Ini penyebabnya.
Demas Laira wartawan media, online yang tewas di bunuh di Sulawesi Barat. (Foto: Tagar/Dok. Demas Laira)

Mamuju Tengah - Pelaku pembunuhan wartawan media online, di Sulawesi Barat, Demas Laira 28 tahun akhirnya tertangkap. Menurut keterangan pelaku yang disampaikan Kapolda Sulawesi Barat Irjen Pol Eko Budi Sampurno, pelaku menghabisi Demas karena sebelumnya Demas sempat menganggu adik Syamsul salah satu pelaku.

"Sesaat sebelum kejadian, adik perempuan pelaku Syamsul, berinisial K, mengaku diganggu korban saat dalam perjalanan,"kata Kapolda Sulbar, Irjen Pol Eko Budi Sampurno, saat menggelar konferensi pers, Rabu 21 Oktober 2020.

Jadi mereka spontan mencari dan membunuh orang yang telah menggangu saudara perempuannya.

Eko mengungkapkan, setelah diganggu Demas, K langsung menelepon kakaknya bernama Syamsul yang saat itu sedang berkumpul disebuah salon bersama lima pelaku lainnya.

Baca juga:

"Ada yang mengejar dan ada yang menusuk. Yang menusuk dua orang. Motifnya, pelaku merasa kesal karena adiknya diganggu oleh Demas saat di perjalanan. Tidak ada perencanaan,"kata Eko.

Dia juga mengungkapkan, pembunuhan tersebut spontan dilakukan ke enam pelaku karena adik dan kakak dari dua orang pelaku diganggu oleh korban dalam perjalanan dari Palu.

"Jadi mereka spontan mencari dan membunuh orang yang telah menggangu saudara perempuannya,"katanya.

Eko menambahkan, msing-masing tersangka sudah bisa dibuktikan perannya, siapa yang mengejar, siapa yang memukul kepala korban, bahkan siapa yang menusuk.

"Sudah diakui oleh masing-masing pelaku dan dikaitkan juga dengan barang bukti,"kata Eko.

Diberitakan sebelumnya, bahwa enam pelaku pembunuhan Demas Leira, seorang jurnalis di Sulbar ditangkap di tiga lokasi berbeda, masing-masing Syamsul, 32 tahun ditangkap di Gorontalo, Nawir, 30 tahun, Doni 20 tahun, Haeruddin 18 tahun, dan Ilham 19 tahun, ditangkap di Karossa, Mamuju Tengah, serta Ali Baba 25 tahun ditangkap di Sarudu, Pasangkayu.

Adapun barang bukti yang diamankan polisi di antaranya empat sepeda motor milik pelaku, satu motor milik korban, dan enam handphone milik para pelaku. Sementara itu, handpone milik korban sampai saat ini belum ditemukan. []

Berita terkait
Motif 6 Pemuda Bunuh Wartawan Sulbar Demas Laira
Polisi mengungkap motif pembunuhan terhadap wartawan Silawesi Barat (Sulbar) Demas Laira. Pelaku mengaku sakit hati adiknya diganggu korban.
Politik Dinasti di Pasangkayu Sulbar Berpotensi KKN
Dinasti politik di Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat berpotensi terjadinya tragedi politik
WFH Berakhir, Pemprov Sulbar Kembali Kerja dari Kantor
Setelah beberapa minggu kerja dari rumah karena beberapa pegawainya terpapar Covid-19, kini pegawai lingkup Pemprov kembali masuk kantor.
0
Lima Pesan Risma ke DPRD Jakarta Soal Penanggulangan Banjir
Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta menemui Tri Rismaharini untuk belajar penanggulangan banjir di Kota Surabaya.