UNTUK INDONESIA
Tim Timor Leste, Ujian Pertama PSM di Piala AFC
PSM Makassar menghadapi ujian pertama di Piala AFC. Di laga pertama playoff, mereka menghadapi juara Liga Timor Leste, Laleno United.
Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak mewaspadai kecepatan pemain Lalenok United saat tim menghadapi ujian pertama di babak playoff Piala AFC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis 22 Januari 2020. (Foto: Tagar/Muhammad Ilham)

Makassar - PSM Makassar menghadapi ujian pertama di Piala AFC. Dalam pertandingan pertama playoff Piala AFC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis 22 Januari 2020 mereka ditantang tim dari Timor Leste, Lalenok United. 

Ujian pertama PSM yang tidak mudah karena mereka masih belum bisa memakai Stadion Andi Mattalatta, Makassar, saat bertanding di kompetisi Asia. Buntutnya, tim Juku Eja harus bertanding di luar Kota Makassar saat bertindak sebagai tuan rumah. Kali ini, mereka mencoba bermain di Bali saat menjamu lawannya. 

Di babak playoff, kedua tim akan bertemu dua kali. PSM mendapat kesempatan pertama menjadi tuan rumah yang harus bisa dimaksimalkan meraih kemenangan. 

Tetapi tim kami sesungguhnya lebih bagus. Persoalannya, pemain baru selesai liburan sehingga kami tidak punya banyak waktu persiapan

Laleno United sendiri merupakan juara Liga Timor Leste. Meski demikian, mereka memiliki kelemahan yang bisa dimanfaatkan PSM. Menariknya, tim itu ditangani pelatih asal Indonesia, Yantje Metmey. Laleno United juga memiliki pemain asal Indonesia, Iner Sontany Putra. 

Jantje Metmey dinilai berhasil menangani Lalenok United. Dirinya membawa tim menjuarai tiga kompetisi dalam satu musim. Termasuk menjadi juara liga sehingga bisa berlaga di playoff Piala AFC.
 
"Lalenok United adalah tim juara di Timor Leste. Mereka punya kelebihan. Pelatihnya dari Indonesia sehingga menurut saya dia tahu banyak tentang PSM," ujar pelatih PSM Bojan Hodak.

"Tetapi tim kami sesungguhnya lebih bagus. Persoalannya, pemain baru selesai liburan sehingga kami tidak punya banyak waktu persiapan," katanya lagi.

Para pemain yang baru bergabung memang menjadi kendala. Bahkan gelandang asal Belanda Marc Klok baru tiba di Makassar sehingga belum bisa mengikuti latihan. Pasalnya, dia baru saja melakukan perjalanan jauh dari Belanda. 

Saat ini, Hodak memang fokus membenahi fisik pemain. Meski menggenjot mereka dengan latihan fisik, namun Hodak juga memperhitungkan pemain akan menjalani pertandingan di Piala AFC. 

"Dia (Klok) baru tiba dari perjalanan jauh dengan waktu 20 jam lebih. Kalau dipaksakan latihan berat, dia bisa cedera. Jadi Klok hanya lakukan beberapa gerakan seperti lari-lari kecil kemudian dia pulang untuk istirahat," kata Hodak. 

Meski dihadapkan dengan problem fisik dan pemain yang baru bergabung, namun Hodak tetap optimistis menghadapi laga tersebut. Menurut dia tim harus disiplin dan fokus pada pertandingan agar bisa meraih kemenangan di laga pertama. 

Hodak juga mewaspadai kecepatan pemain Lalenok United. Dengan postur tubuh yang kecil, mereka tentu memiliki keunggulan dalam kecepatan. 

"Kami harus disiplin dan memaksimalkan kekuatan. Mereka adalah juara di Liga Timor Leste. Pemain mereka rata-rata punya kecepatan dan talenta. Mereka juga cukup bagus untuk berhadapan satu lawan satu. Jadi, kami harus fokus lawan mereka," tutur pelatih asal Kroasia ini. []

Berita terkait
Pelatih Hodak Genjot Fisik Pemain PSM Makassar
Pemain PSM Makassar kembali menjalani latihan di Stadion Andi Mattalatta dengan titik fokus latihan fisik untuk meningkatkan stamina para pemain.
Musim Ini, PSM Makassar Miliki Empat Striker Tajam
PSM Makassar punya empat striker setelah mempertahankan Ferdinand Sinaga dan Ezra Walian. Namun hanya Giancarlo Lopes yang merupakan striker murni.
Pelatih Cari Solusi PSM Sulit Menang di Laga Tandang
Pelatih anyar PSM Makassar Bojan Hodak harus mendapatkan solusi tim bisa menang di laga tandang sehingga bisa bersaing di papan atas liga.
0
Truk Hantam Kedai dan Rusak 8 Kendaraan di Padang
Truk bermuatan sarang walet menghantam kedai martabak mesir hingga menabrak delapan kendaraan di Kota Padang, Sumatera Barat.