UNTUK INDONESIA
Ketua Komisi VIII DPR Apresiasi Kinerja 1 Tahun Kemensos
Yandri Susanto selaku Ketua Komisi VIII DPR sampaikan apresiasinya atas pengelolaan anggaran Kementerian Sosial.
Yandri Susanto selaku Ketua Komisi VIII DPR. (Foto: Tagar/Kemensos)

Jakarta – Yandri Susanto selaku Ketua Komisi VIII DPR apresiasi pengelolaan anggaran Kementerian Sosial di bawah kepemimpinan Menteri Sosial Juliari P. Batubara.

“Saya mengapresiasi kinerja Kementerian Sosial selama satu tahun terakhir. Kinerjanya bagus. Dengan anggaran yang terus meningkat, dan bahkan nomer terbesar, namun serapan anggarannya paling tinggi (di antara K/L) dan penyaluran tepat sasaran,” ucap Yandri pada Kamis, 22 Oktober 2020.

Yandri beranggapan kinerja baik atau tidaknya kementerian atau Lembaga dapat dilihat dari serapan anggarannya. Apabila serapan baik maka kinerjanya juga baik, terlebih bila belanjanya tepat sasaran. Serapan anggaran Kemensos sendiri meraih yang tertinggi di antara kementerian atau Lembaga serta diikuti juga dengan pengelolaan yang tepat sasaran. Realisasi anggaran Kemensos bahkan mencapai 82,30%.

“Kalau serapannya tinggi, itu berarti kinerjanya baik. Sebaliknya kalau SILPA-nya (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan) tinggi, kinerjanya juga kurang baik. Karena kinerja mengikuti serapan anggaran,” kata Yandri.

Menurutnya pengelolaan anggaran kemensos telah memenuhi prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas sebab proses pendataan penerima bantuan yang memenuhi kebutuhan. Hal ini dilakukan secara bertahap melalui musyawarah desa/kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, sebelum akhirnya ditetapkan Menteri Sosial. Namun dirinya tak memungkiri masih terdapat satu atau dua data yang perlu diperbaiki.

“Tapi itu tidak signifikan yang penting prestasi ini perlu dipertahankan dan terus disempurnakan,” ucap Yandri.

Untuk diketahui, sejak pandemi Kemensos bergerak cepat untuk menangani masyarakat yang terdampak Covid-19, Mensos merealokasi anggaran dan merefocusing program. Anggaran juga alami peningkatan dari semual Rp 62,7 triliun untuk tahun anggaran 2019, kemudian meningkat dua kali lipat menjadi Rp 104,4 triliun, naik lagi Rp 124,7 triliun, dan terkini Rp 134,008 triliun.

Dengan anggaran besar Kemensos mampu menjaga dan meningkatkan kinerja terbukti dengan realisasi anggaran kamid yang terus meningkat, dan menjadi yang tertinggi di antara kementerian atau lembaga. []

Baca juga:



Berita terkait
Faisol Riza, Dari Aktivis Hingga Ketua Komisi VI DPR
Pembentukan Panja DPR dinilai lebih efektif dan secara administratif cenderung lebih cepat dalam menemukan solusi segala permasalahan Jiwasraya
Ketua Panja Komisi VI DPR: Kemenyan Toba Siap Ekspor
Ketua Panitia Kerja (Panja) Perdagangan Komoditas Ekspor Komisi VI DPR RI Martin Manurung menginginkan haminjon atau kemenyan Toba diekspor.
Anggota DPR Dua Hari Kerja dari Rumah
Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar menjelaskan, lembaganya kembali memberlakukan kerja dari rumah selama dua hari pada 22-23 Oktober 2020.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.