Ketahui Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

Telapak tangan berkeringat merupakan kondisi ketika kelenjar keringat memproduksi keringat secara berlebihan yang disebut hiperhidrosis.
Ilustrasi Telapak Tangan Berkeringat (Foto:Tagar/Freepik)

Jakarta - Sebagian orang mengalami telapak tangan yang basah dan berkeringat dalam beberapa kondisi. Tangan licin atau berkeringat biasanya umum terjadi ketika seseorang sedang merasakan gugup.

Telapak tangan berkeringat merupakan kondisi ketika kelenjar keringat memproduksi keringat secara berlebihan yang disebut hiperhidrosis. Namun, jika Anda sering mengalaminya, tentu Anda perlu menelusuri kemungkinan penyebabnya.

, inilah beberapa penyebab telapak tangan berkeringat.Dilansir dari American Academy of Dermatology, inilah beberapa penyebab telapak tangan berkeringat.


1. Faktor genetik

Perlu diketahui kalau tangan yang selalu basah oleh keringat sangat besar kemungkinannya disebabkan oleh faktor genetika atau keturunan. Dalam hal ini keringat yang muncul pada telapak tangan disebabkan oleh kelenjar yang terlalu aktif.

Orang seperti ini mudah sekali mengeluarkan keringat meskipun tidak melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga misalnya. Kelenjar keringat atau ekrin ditemukan pada ketiak, kaki, telapak tangan dan wajah.


2. Faktor psikologis

Penyebab paling mungkin telapak tangan sering berkeringat adalah kondisi psikologis. Perasaan cemas, khawatir, stres, atau panik dapat berimbas pada meningkatnya produksi keringat, khususnya di telapak tangan.

Saat seseorang sedang mengalami masalah atau gugup misalnya harus berbicara di depan orang banyak, telapak tangan akan terasa basah. Hal ini terjadi karena tubuh mengeluarkan hormon stres (kortisol) yang dapat meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh. Sebagai bentuk penyesuaian akan kondisi tersebut, tubuh mengeluarkan keringat untuk membuang panas.


3. Berat badan berlebih

Seseorang dengan berat badan berlebih atau obesitas, hiperhidrosis sangat mungkin terjadi. Tak hanya di telapak tangan, tetapi di seluruh bagian tubuh. Penyebabnya adalah suhu tubuh pada mereka yang beratnya berlebih lebih tinggi, dikarenakan sel lemak yang banyak bersifat sebagai isolator atau penyekat panas.


4. Merokok

Kebiasaan merokok juga diketahui memiliki efek meningkatkan reaksi sara simpatik, yang fungsinya adalah meningkatkan denyut nadi dan keringat.

Meskipun jarang mendatangkan masalah kesehatan yang serius namun Anda juga perlu tahu bahwa pada beberapa kasus tangan berkeringat terjadi pada orang yang mengalami kondisi sebagai berikut.

  • Gangguan pada tiroid
  • Diabetes
  • Gangguan pasca sakit stroke

Itulah beberapa faktor penyebab telapak tangan berkeringat, semoga bermanfaat.[]

(Indi Lusiani)

Baca Juga:

Berita terkait
Ini Tips untuk Mengurangi Rasa Cemas
Terjadinya perasaan cemas umumnya berhubungan dengan rasa stres yang bertumpuk dan dapat menyebabkan hal yang sangat fatal.
15 Tips Aman ke Rumah Sakit Selama Pandemi Covid-19
Selain menangani pasien virus corona, rumah sakit juga berupaya memberikan perawatan kepada pasien lain yang membutuhkan.
Tips Membersihkan Sepatu Berbahan Polyester
dahulu bahan sepatu banyak terbuat dari kulit, canvas, denim, hingga karet. Saat ini telah dikembangkan bahan polyester yang lebih ringan.
0
Ketahui Penyebab Telapak Tangan Berkeringat
Telapak tangan berkeringat merupakan kondisi ketika kelenjar keringat memproduksi keringat secara berlebihan yang disebut hiperhidrosis.