6 Cara Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark tidak hilang sepenuhnya, tetapi pengobatan bisa memudarkannya.
Ilustrasi stretch mark. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Stretch mark adalah garis berwarna yang muncul pada kulit bagian tubuh yang banyak mendandung lemak seperti, payudara, perut atas, lengan atas, paha, dan bokong.

Tanda-tanda ini awalnya berwarna merah atau ungu, perlahan-lahan memudar menjadi putih. Umumnya stretch mark ini muncul karena ukuran tubuh bertambah cepat daripada perkembangan elastisitas kulit. Stretch mark tidak hilang sepenuhnya, tetapi pengobatan bisa memudarkannya. Dilansir dari Healthline, berikut cara menghilangkan stretch mark.


1. Eksfoliasi

Eksfoliasi atau exfoliation adalah pengelupasan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit luar. Cara sederhana ini bisa kamu lakukan untuk memudarkan tanda stretch mark. Cara ini juga bisa membuat kulit kamu menjadi lebih halus setelahnya.


2. Microneedling

Secara umum, metode ini menggunakan jarum halus yang ditusukkan ke kulit untuk menimbulkan luka kecil sehingga merangsang peremajaan kulit. Metode ini aman dan efektif untuk menghilangkan stretch mark untuk semua jenis kulit.


3. Terapi laser

Terapi laser adalah opsi umum yang dipilih untuk menghilangkan tanda stretch mark. Terapi ini akan merangsang produksi kolagen dan elastin di kulit. Untuk melihat hilangnya tanda ini, terapi laser membutuhkan lebih dari satu sesi untuk melihat hasilnya.


4. Mikrodermabrasi

Metode ini tidak menimbulkan rasa sakit untuk mengurangi tanda stretch mark. Prosedur ini menargetkan lapisan atas kulit dan bekerja dengan merangsang kulit untuk mengencangkan kolagen dan serat elastin. Bisanya mikrodermabrasi ini digunakan untuk wajah, tetapi prosedur ini juga efektif digunakan untuk stretch mark.


5. Krim retinoid

Krim ini mengandung tretinoid yang dimanfaatkan sebagai perawatan kulit. Pemakaian ini diyakini efektif untuk menghilangkan stretch mark dan membuat kulit lebih mulus. Akan tetapi krim ini tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang mengandung atau menyusui.


6. Operasi kosmetik

Jika perawatan lain tidak berhasil, operasi kosmetik adalah sebuah pilihan terakhir untuk kamu yang ingin menghilangkan stretch mark. Mahal, namun sangat efektif untuk menghilangkan tanda ini. Namun, harus dipahami bahwa operasi dapat meninggalkan bekas luka.

Stretch mark sangatlah wajar dimiliki oleh semua orang. Sebelum kamu memilih untuk melakukan cara di atas jangan lupa untuk konsultasi ke doktur kulit pilihanmu.


(Ghariza Syifa Riyashi)

Berita terkait
Ibu Hamil Harus Pahami Ini Jika Ingin Melahirkan di Rumah
Apakah melakukan home birth di tengah pandemi Covid-19 merupakan pilihan yang lebih baik?
5 Makanan yang Harus Dihindari di Masa Kehamilan
Meskipun beberapa jenis makanan mungkin tidak menyakiti Anda tetapi itu dapat membahayakan si bayi yang sedang dikandung.
5 Manfaat Telur untuk Ibu Hamil
Telur adalah sumber protein dan kolin yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin.
0
Bukan Hanya Lapar, Berikut Penyebab Perut Berbunyi
Perut bunyi juga bisa disebabkan oleh masuknya udara ke dalam usus dan beberapa kondisi medis yang memengaruhi sistem pencernaan.