UNTUK INDONESIA
Kedekatan Wali Kota Parepare dengan BJ Habibie
Dia memiliki kedekatan dengan Habibie, karena Taufan pernah diangkat menjadi anak intelektual.
Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe. (Foto: Tagar/Irsal Masudi)

Parepare - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe turut merasakan luka yang dalam saat menerima kabar kalau Presiden RI ke tiga, BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. 

Dia memiliki kedekatan dengan Habibie, karena Taufan pernah diangkat menjadi anak intelektual. "Dengan adanya kabar ini, saya secara sangat sedih," kata Taufan Pawe, Rabu 11 September 2019.

Taufan Pawe pun menceritakan pengalamannya bertemu dengan BJ Habibie di berbagai kesempatan. Kata Taufan, Bapak Teknologi Indonesia itu pernah mengganti nama Wali Kota Parepare.

"Nama saya pernah duganti oleh Ayahanda Habibie, menjadi Taufan Dahsyat," ceritanya.

Kejadian tersebut berlangsung pada 2015 silam saat BJ Habibie meresmikan Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun di Lapangan Andi Makkasau Parepare.

Saya menjadikan ia sebagai inspirasi saat membangun Parepare, baik dari segi infrastuktur maupun karakter kota

Tentunya nama ini memiliki pesan dan makna yang luar biasa bagi Taufan Pawe, dalam menjalankan amanah memimpin Kota Parepare, yang tak lain adalah kampung halaman BJ Habibie.

Terlepas dari itu semua, Taufan Pawe menaruh simpati dan mengidolakan sosok Habibie. Bahkan untuk membangun Kota Parepare, dirinya mengaku sangat terinspirasi oleh BJ Habibie.

Dia juga mengatakan, antara dia dan BJ Habibie selalu bertukar informasi melalui WhatsApp, baik informasi inovasi teknologi maupun sekadar saling sapa.

"Terakhir kami tidak komunikasi yaitu 28 Agustus lalu, itu masih sempat mengirimkan saya sebuah artikel," sebutnya.

Bagi Taufan, sosok BJ Habibie sebagai sumber inspirasinya dalam membangun Kota Parepare, tidak hanya dilihat dari sisi kepribadian Habibie.

"Saya menjadikan ia sebagai inspirasi saat membangun Parepare, baik dari segi infrastuktur maupun karakter kota," ujar Taufan.

Selain monumen cinta Habibie Ainun, juga terdapat ikon Kota Parepare yang mencantumkan nama Habibie. Di antaranya, Balai Cinta Habibie Ainun, ia juga tengah menggodok beberapa bangunan lainnya. Seperti RS Hasri Ainun Habibie, Museum Habibie dan Taman Habibie.[]

Berita terkait
Presiden ke-3 RI, BJ Habibie Meninggal Dunia
Presiden ke-3 Indonesia, Baharudin Jusuf Habibie dikabarkan meninggal dunia.
Intip Tempat Tidur Semasa Kecil BJ Habibie
Begini kamar semasa kecil mantan Presiden ke tiga BJ Habibie di kota kelahirannya Parepare Sulawesi Selatan.
Kebijakan Ekonomi Masa Pemerintahan BJ Habibie
Kebijakan awal yang dilakukan BJ Habibie adalah melakukan restrukturisasi dan rekapitulasi perbankan melalui pembentukan BPPN.
0
Semarang-Demak Perluas Jaringan Tol Trans Jawa
Pembangunan jalan tol dan tanggul Semarang-Demak diproyeksikan dimulai pada akhir 2019 ini dan selesai tahun 2022 mendatang.