5 Persepsi yang Salah Terhadap Kartu Kredit

Walau sudah banyak digunakan dan digemari banyak kalangan, namun masih saja banyak anggapan atau persepsi keliru terhadap kartu kredit.
Menggesek kartu kredit (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Selain kemudahan dalam membayar menggunakan e-money, kini kartu kredit juga digemari karena kemudahannya dan efisien dalam membayar segala keperluan. Tujuan setiap orang menggunakan kartu kreditpun kian beragam.

Walau sudah banyak digunakan dan digemari banyak kalangan, namun masih saja banyak anggapan atau persepsi keliru terhadap kartu kredit. Karena kekeliruan ini, masyarakat tidak dapat memanfaatkan kartu kredit secara benar dan maksimal.

Berikut adalah 5 persepsi keliru terhadap kartu kredit.


1. Dapat Digunakan Bila Pengguna di Bank Bersangkutan

Untuk memperoleh kartu kredit, kamu tidak perlu membuka tabungan selama kamu memiliki riwayat kredit yang baik. Adapun tagihan kartu kredit dapat dengan mudah dibayar melalui ATM dari tabungan bank yang dimiliki saat ini.


2. Kartu Kredit adalah Uang Tambahan

Banyak yang menggunakan kartu kredit sebagai alat utang karena menganggap kartu kredit sebagai solusi terhadap kekurangan uang. Asumsi tersebut nyatanya keliru. Kartu kredit sendiri bisa diibaratkan pengganti uang konvensional yang aman dan digunakan untuk menunda pembayaran belanja kamu.


3. Biaya Administrasi Rendah, Sedikit Manfaat

Sebenarnya yang terpenting dalam kartu kredit adalah bukan seberapa besar biaya administrasi, namun apakah kartu kredit yang nantinya diambil akan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup kita? Karena pada umumnya tidak ada hubungan antara biaya administrasi dengan jumlah manfaat yang diberikan.


4. Biaya Kartu Kredit Besar Walaupun Tidak Ada Transaksi

Jika kamu membayar lunas tagihan per bulannya, kamu hanya perlu membayar biaya administrasi tahunan saja. Biasanya biaya bunga akan dikenakan jika kamu telat membayar tagihan serta tidak adanya biaya gesek saat melakukan transaksi.


5. Jika Tidak Dipakai, Riwayat Kredit akan Buruk

Asumsi ini merupakan hal yang keliru, karena jika kamu jarang menggunakan kartu kredit, akan menyebabkan kesulitan saat meminta kenaikan limit dari pihak bank. Namun hal itu tidak akan membuat riwayat kreditmu buruk. Riwayat kredit akan memburuk jika kamu sering menunggak atau terlambat membayar tagihan.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
6 Tips Agar Keuangan Aman Usai Liburan
Cerdas dalam berbelanja berarti hemat, namun tidak pelit. Setidaknya jangan hanya berpacu pada satu penjual saja.
Tips Atur Keuangan Saat Banyak Cicilan
Jangan panik dulu, tips-tips di bawah ini bisa dilakukan untuk meringankan beban tagihan kamu.
5 Kunci Sukses Mengatur Keuangan
Ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pengelolaan keuanganmu.
0
Tanam Pohon Pepaya Depan Rumah Bawa Sial, Mitos atau Fakta?
Setiap orang berlomba-lomba untuk memiliki pekarangan rumah yang asri dipenuhi berbagai tanaman hidup.