5 Tips Menggunakan Kartu Kredit Pertama Anda

Kartu kredit dapat menyebabkan tumpukan hutang yang harus Anda bayar selama bertahun-tahun.
ILustrasi kartu kredit. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Kartu kredit adalah sebuah kartu yang dikeluarkan oleh bank atau perusahaan jasa keuangan, yang memungkinkan pemegang kartu meminjam dana untuk membayar barang dan jasa dan melunasi pembayaran belakangan. Kartu kredit memberlakukan ketentuan bahwa pemegang kartu membayar kembali uang yang dipinjam, ditambah bunga yang berlaku, serta biaya tambahan yang disepakati.

Kartu kredit pertama Anda mungkin dapat membantu Anda dalam segi keuangan atau malah sebaliknya, kartu kredit dapat menyebabkan tumpukan hutang yang harus Anda bayar selama bertahun-tahun. Sebelum menggunakan kartu kredit pertama Anda, berikut adalah beberapa tips untuk memandu Anda menggunakan kartu kredit dengan benar


1. Menetapkan anggaran

Kartu kredit adalah cara yang nyaman untuk melakukan pembelian karena dapat membayarnya belakangan, tetapi kartu kredit tidak boleh digunakan untuk membeli barang yang tidak mampu Anda bayar tagihannya dikemudian hari. Memiliki gagasan realistis tentang jumlah yang dapat Anda belanjakan dan lunasi pada akhir bulan akan mencegah Anda melampaui batas kemampuan finansial.


2. Mencatat pembelian Anda

Menghitung jumlah yang mampu Anda belanjakan adalah langkah pertama. Setelah itu, rajinlah melacak pembelian Anda sepanjang bulan, gunakan bantuan aplikasi seluler atau situs web kartu kredit Anda. Setelah Anda memenuhi batas pengeluaran bulanan, hindari menggunakan kartu tersebut sampai Anda melunasi total hutang Anda. Disiplin semacam ini membantu Anda membangun finansial yang baik dan menjauhkan Anda dari hutang kartu kredit.


3. Periksa laporan tagihan secara teratur

Setiap bulan penerbit kartu kredit Anda akan mengirimkan laporan yang merinci transaksi Anda dari total penagihan kartu kredit yang Anda gunakan. Membaca laporan tagihan Anda adalah hal yang penting. Anda harus meninjau laporan tersebut untuk mengetahui kesalahan atau tagihan tidak sah. Jika Anda menemukan salah satu dari ini, segera laporkan ke penerbit kartu kredit Anda untuk diselesaikan.

Jika Anda bisa mengakses laporan tersebut secara online atau mengunduh aplikasi seluler kartu kredit, Anda dapat memeriksa transaksi secara real-time dan menemukan kesalahan lebih cepat. Anda bahkan dapat mengatur peringatan yang dapat membantu Anda segera menangkap aktivitas mencurigakan.


4. Gunakan fasilitas ekstra

Banyak kartu kredit menawarkan fasilitas lain selain cashback, hadiah perjalanan, asuransi mobil, asuransi perjalanan, atau bahkan menjamin pengembalian dana jika harga barang turun setelah Anda membelinya. Hal tersebut hanya beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh banyak penyedia jasa keuangan yang menerbitkan kartu kredit. Anda dapat bertanya-tanya tentang fasilitas yang disertakan dengan kartu kredit Anda dengan cara hubungi layanan pelanggan.


5. Unduh aplikasi seluler

Menggunakan aplikasi seluler untuk kartu kredit Anda, dapat memungkinkan Anda mengecek penggunaan kartu kredit Anda saat bepergian. Anda dapat masuk kapan saja untuk melihat saldo Anda, memeriksa kredit yang tersedia, memastikan pembayaran Anda diunggah, melaporkan kartu kredit yang hilang atau dicuri, dan banyak lagi. Anda dapat melakukan banyak hal ini dari ponsel Anda.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga:

Berita terkait
Waspada! Jangan Coba-coba Gesek Kartu Kredit di Tempat Ini
Di balik kemudahan tersebut, penggunaan kartu debit dan kartu kredit di sembarang tempat dapat meningkatkan risiko tindak kejahatan.
Sejarah Kartu Kredit di Dunia dan Indonesia
Mulai 1946 muncul sistem pembayaran kredit dipelopori oleh institusi perbankan di Amerika Serikat.
5 Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Penggunaan Kartu Kredit
Kerugian utama menggunakan kredit ketika Anda tidak memiliki uang tunai adalah bunga yang berbiaya tinggi
0
5 Tips Menggunakan Kartu Kredit Pertama Anda
Kartu kredit dapat menyebabkan tumpukan hutang yang harus Anda bayar selama bertahun-tahun.