Menabung dan Berinvestasi Uang, Apa Bedanya?

Menabung dan berinvestasi tetap diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan. Dengan mempelajari tips membantumu mengelola uang dengan disiplin.
Ilustrasi foto Saving Money (Foto: Tagar/Pexels/Karolina Grabowska)

Jakarta - Menabung dengan menginvestasikan uang adalah hal yang berbeda. Tujuan dan perannya dalam strategi keuangan juga berbeda. Menabung melibatkan penyisihan dana di rekening aman dan likuid. 

Sementara investasi melibatkan pembelian aset, seperti saham dan dengan harapan mendapatkan return. Pastikan kamu memahami dengan jelas konsep keduanya sebelum membangun kekayaan dan menemukan kemandirian finansial.

Dengan portofolio yang hebat, kamu masih berisiko kehilangan semuanya jika kamu tidak menghargai peran menabung. Pelajari cara menemukan keseimbangan yang tepat antara menabung dan berinvestasi uang.


Perbedaan Menabung dan Berinvestasi

Menabung adalah kegiatan yang menyisihkan uang di rekening yang aman. Uang ini juga bisa cair dalam waktu yang sangat singkat. Tabungan ini mencakup rekening giro, rekening tabungan, dan rekening pasar uang.

Sementara, investasi uang adalah proses menggunakan uang atau modal untuk membeli aset yang menurutmu mempunyai probabilitas bagus dan menghasilkan return yang dapat diterima dari waktu ke waktu. Tujuan investasi adalah menggandakan kekayaan. Investasi mencakup saham, obligasi, reksadana, dan real estat.


Berapa Banyak yang Harus Ditabung dan Diinvestasikan?

Menabung selalu dilakukan terlebih dahulu sebelum menginvestasikan uang. Anggap saja sebagai pondasi keuangan dibangun. Tabungan ini juga bisa menjadi modal untuk berinvestasi. Jika di masa sulit membutuhkan uang tunai, mungkin kamu akan menjual investasi pada saat harga sedang turun. Hal ini menyebabkan kerugian.

Umumnya, tabungan harus cukup menutupi semua pengeluaran pribadi, termasuk hipotek, pembayaran pinjaman, biaya asuransi, tagihan, makanan, dan pakaian setidaknya selama tiga sampai enam bulan.

Menabung dan berinvestasi tetap diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan. Dengan mempelajari tips membantumu mengelola uang dengan disiplin dan bisa menikmati kuseksesan di masa mendatang.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Jenis Instrumen dari Pasar Uang yang Perlu Diketahui
Di dunia investasi, pengertian pasar uang adalah kegiatan perdagangan surat berharga (efek) untuk memenuhi permintaan dan penawaran/
Inilah Tips Jitu Mengenalkan Anak Soal Uang
Mengenalkan soal uang tidak diajarkan di sekolah. Pengetahuan itu akan lebih terasah saat anak Anda duduk di bangku sekolah.
6 Cara Sederhana Mengelola Uangmu Lebih Baik
Hidup akan jauh lebih mudah ketika memiliki keterampilan keuangan yang baik. Menjadi pengelola keuangan lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan.
0
Menabung dan Berinvestasi Uang, Apa Bedanya?
Menabung dan berinvestasi tetap diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan. Dengan mempelajari tips membantumu mengelola uang dengan disiplin.