UNTUK INDONESIA
Kapal Dibajak, TNI-AL Kerahkan Kapal Perang
Pasukan TNI-AL dari Lanud Aru, Maluku, dikerahkan bersama KRI untuk membebaskan ABK KM Mina Jaya
Pasukan TNI-AL dari Lanud Aru, Maluku, dikerahkan bersama KRI untuk membebaskan ABK KM Mina Jaya. (Foto: TNI AL)

Ambon - Pasukan TNI-AL dari Lanud Aru, Maluku, dikerahkan bersama KRI untuk membebaskan ABK KM Mina Jaya yang dibajak tiga orang ABK kapal tersebut, Minggu 18 Agustus 2019.

Penyelamatan ini, dilakukan menyusul informasi dari instansi berwenang tentang adanya pembajakan kapal pada 17 Agustus 2019.
Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Adolf Bormasa menyatakan, setelah mendapat informasi pembajakan kapal, pihak langsung berkoordinasi dengan Lanal TNI-AL guna melakukan pertolongan pembebasan ABK yang disandera.

"Kapal perang telah dikerahkan untuk memburu kapal yang dibajak tersebut termasuk menyelamatkan ABK yang disandera," ujar Adolf saat dihubungi tagar, Minggu 18 Agustus 2019.

Adolf menyatakan, proses pengejaran sementara dilakukan untuk membebaskan sejumlah ABK yang disandera termasuk nahkoda kapal.

"Informasi terkini kapal masih dalam pengejaran. Saya masih pantau terus informasi upaya penyelamatan terhadap sejumlah ABK Disandera," tandasnya.

Komandan Lanal Aru, Letkol (Laut) Suharto Silaban yang dihubungi tagar  tidak menjawab panggilan telepon dan juga membalas pesan melalui WathApp. Sebelumnya, Kapal penangkap ikan KM Mina Sejati dilaporkan dibajak di Perairan Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Informasi diterima Tagar menyebutkan, pembajakan dilakukan oleh anak buah kapal (ABK) kapal tersebut, pada Sabtu 17 Agustus 2019 pukul 16.00 WIT.

Jumlah ABK termasuk nahkoda berjumlah 30 orang. Nahkodanya bernama Ko Awi. Saat terjadi pembajakan, 9 ABK berhasil loncat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Sedangkan sekitar 18 lebih ABK belum diketahui nasibnya. Saat ini, mereka masih berada di kapal tersebut belum diketahui pasti nasib mereka. []

Baca juga

Berita terkait
HUT ke-74 RI, Warga Ambon Gelar Aksi Bersih Laut
Sambut HUT ke-74 RI, Pemimpin Provinsi (Pemprov) Ambon melakukan aksi bersih pantai dan laut di pesisir Teluk Ambon pada Jumat, 16 Agustus 2019.
Bawa Ganja Satu Kg Security di Ambon Ditangkap BNNP
Salah seorang petugas keamanan pusat perbelanjaan di Maluku di ringkus petugas BNNP, karena membawa satu kilogram Ganja.
Sekolah yang Disegel di Ambon Dibuka Kembali
Setelah Sekot Ambon menggelar pertemuan dengan ahli waris, sekolah yang sempat disegel bisa kembali digunakan.
0
Foto: Mahasiswa Desak Masuk, Gerbang DPR Nyaris Rubuh
Mahasiswa secara bersama-sama mengoyanglan pagar yang berada di sebesebelah kanan gerbang pintu masuk.