UNTUK INDONESIA
HUT ke-74 RI, Warga Ambon Gelar Aksi Bersih Laut
Sambut HUT ke-74 RI, Pemimpin Provinsi (Pemprov) Ambon melakukan aksi bersih pantai dan laut di pesisir Teluk Ambon pada Jumat, 16 Agustus 2019.
Ilustrasi Laut. (Foto: Pixabay/Bonsens-Tono)

Ambon - Sambut HUT ke-74 Republik Indonesia (RI), Pemimpin Provinsi (Pemprov) Ambon melakukan aksi bersih pantai dan laut di pesisir Teluk Ambon pada Jumat, 16 Agustus 2019.

Aksi bersih ini dilakukan atas arahan Pemimpin Provinsi (pemprov) Maluku dalam menyambut kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019.

"Aksi bersih pantai dan laut ini dilalukan sesuai surat Pemprov Maluku nomor 536/2718/ VIII/2019 tanggal 15 Agustus 2019, perihal dukungan sarana transportasi laut dalam rangka menyambut HUT Proklamasi RI dan HUT Provinsi Maluku ke-74," kata Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon, Jumat, 16 Agustus 2019, saat dilansir dari Antara.

Kegiatan tersebut melibatkan berbagai unsur pemerintahan, mulai dari Kantor Search and Rescue (SAR) SAR Ambon, Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi, Balai Budidaya Laut, BPPP, PLTD Poka dan Galala, serta instansi terkait lainnya. Bahkan, hingga para karyawan dari Terminal BBM Wayame Ambon juga ikut turut serta.

Menurut dia, aksi bersih pantai dan laut sudah dimulai dari pukul 08.00 WIT hingga pukul 12.00 WIT. "Sesuai surat pemprov yang meminta dukungan transportasi laut. Maka, kami dari Kantor SAR Ambon mengerahkan perahu karet guna kelancaran aksi bersih dimaksud," ujar dia.

Semua unsur yang terlibat dalam kegiatan itu melakukan pembersihan dari tepi pantai di sekitar bawah Jembatan Merah Putih hingga ke tengah laut di dalam perairan Teluk Ambon. Pengangkatan sampah-sampah yang terbawa arus air juga dikumpulkan pada beberapa titik untuk dilakukan pembakaran.

Sementara Kabid Humas Polisi Daerah (Polda) Maluku Komisaris Besar Polisi M. Roem Ohoirat mengatakan peringatan HUT ke-74 RI, Pihaknya akan menggelar upacara bendera di tengah laut.

"Upacara yang dimulai pukul 07.00 WIT ini akan menggunakan puluhan speed boat, kapal, rakit, maupun perahu-perahu nelayan yang akan memenuhi kawasan perairan di dalam teluk," ucap Roem Ohoirat.[]

Baca juga:

Berita terkait
Sekolah Disegel, Siswa di Ambon Diliburkan
Pintu masuk tiga gedung sekolah di Kota Ambon, disegel lantaran Pemerintah Kota Ambon belum membayar ganti rugi.
Sambut HUT Ke-74 RI, Polres Pangkep Gelar Zikir
Menyambut Dirgahayu Republik Indonesia personel Polisi Resor Kabupaten Pangkep menggelar doa dan zikir bersama
HUT RI, Langit Jeneponto Dihiasi Layangan Khas Jeneponto
alam rangka Perayaan HUT RI Ke-74 Pemerintah Kabupaten Jeneponto mengadakan lomba menaikkan layang-layang
0
Kenapa Adian Napitupulu Tidak Mau Jadi Menteri?
Kenapa Adian Napitupulu tidak mau jadi menteri? Ini pasti pertanyaan yang ada dalam pikiran banyak orang. Tulisan opini Denny Siregar.