UNTUK INDONESIA
Jokowi Targetkan Murid dan Guru Tidak Korupsi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan guru dan murid di sekolah, sadar sejak dini mengenai sikap antikorupsi.
Presiden Joko Widodo. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar kesadaran perilaku antikorupsi dan penanaman hal tersebut penting ditumbuhkan sejak dini bagi generasi muda, sejak menimba ilmu di sekolah.

Korupsi itu tidak boleh dilakukan oleh siapa pun. Jadi penekanan itu yang ingin kita berikan.

"Kita tahu, saya kira Pak Mendikbud memiliki 300 ribuan sekolah, ada siswanya 50 juta pelajar. Inilah yang harus menjadi target, karena apapun, demografi kita ke depan, anak-anak inilah yang akan mengisi negara ini di titik-titik jabatan apapun," kata Jokowi usai menghadiri acara Hari Antikorupsi, di SMKN 57 Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.

Baca juga: Jokowi Ingin Fokus Penindakan Korupsi Tidak Sporadis

Menurutnya, pendidikan antikorupsi juga harus ada di setiap jenjang sekolah untuk membentuk karakter anak dan guru. "Korupsi itu tidak boleh dilakukan oleh siapa pun. Jadi penekanan itu yang ingin kita berikan," ucap Jokowi.

Salah satu alasan bagi dia untuk mengisi agenda Hari Antikorupsi di sekolah, karena Jokowi nilai sekolah bisa menjadi akar untuk menumbuhkan sikap antikorupsi.

Baca juga: Ma'ruf Amin Ingin KPK Kerja Sama China

Selain bisa menjangkau sekitar 50 juta pelajar, lanjutnya, sekolah juga dapat dijadikan tempat penanaman kesadaran antikorupsi hingga menyasar para guru yang dia catat jumlahnya ada 3,5 juta di seluruh Indonesia.

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia yang digelar di SMKN 57 Jakarta juga dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, dan juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. []

Berita terkait
Puan Maharani Sebut Tatap Muka Penyebab Korupsi
Ketua DPR RI Puan Maharani menjelaskan formula terbaru untuk menekan korupsi dengan mengurangi metode tatap muka, memanfaatkan teknologi digital.
Firli Bahuri Berharap Tak Peringati Hari Antikorupsi
Ketua KPK terpilih Firli Bahuri berharap, ke depan dia tidak lagi memperingati hari antikorupsi sedunia di Indonesia, sudah bersih dari Tipikor.
Hari Antikorupsi, Agenda Jokowi-Ma'ruf Amin Berbeda
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pentas #PrestasiTanpaKorupsi di SMKN 57, Jakarta. Sementara Wakil Presiden Maruf Amin datang ke KPK.
0
Pemetaan ASN di Jakarta Yang Akan Dipindah ke Kaltim
Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengatakan pengaturan pembagian pegawai ASN di Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur (Kaltim) akan diperhitungkan