Jawara Elektabilitas Parpol: PDIP, Gerindra, dan Golkar

PDIP, Gerindra, dan Golkar masih menjadi tiga partai terkuat elektabilitasnya.
Parameter Politik, meyelenggarakan survei bertajuk Peta Politik Nasional menuju Pilpres 2024 yang dilakukan pada 23-28 Mei 2021. (Foto:Tagar/Parameter Politik)

Jakarta - Parameter Politik, meyelenggarakan survei bertajuk Peta Politik Nasional menuju Pilpres 2024 yang dilakukan pada 23-28 Mei 2021. Hasilnya, PDIP, Gerindra, dan Golkar masih menjadi tiga partai terkuat elektabilitasnya.

Tiga terbesar masih ada di PDI Perjuangan, Gerindra, dan Golkar.

"Bila kita lihat elektabilitas partai politik apabila pemilu legislatif dilaksanakan hari ini tiga terbesar masih ada di PDI Perjuangan, Gerindra, dan Golkar," tutur Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno, Sabtu, 5 Juni 2021.

Dalam survei tersebut, PDIP ada di posisi pertama dengan dukungan 22,1% responden, menyusul Gerindra dan Golar masing-masing dengan dukungan 11,9% dan 10,8%. 

logo PDIPLogo PDIP (Dok Tagar)

Sementara Partai Demokrat ada di posisi keempat dengan 8,4% dan PKB di posisi kelima dengan 8,2%. PKS di urutan keenam memperoleh dukungan 7,5% responden, lalu Partai Nasdem 5,0%, PAN 4,3%PPP 3,5% PSI 1,6% serta Perindo 1,5%.

Sedangkan Partai berada di bawah 1% di posisi 12-17 yakni Hanura, Berkarya, Gelora, Ummat, PBB, dan PKPI. Namun pemilih yang belum menentukan pilihan partai politik (parpol) yang akan ia pilih apabila Pemilu Legislatif dilaksanakan saat ini mencapai 12,9%.

GerindraPartai Gerindra. (Foto: Tagar/Partai Gerindra)

Survei Nasional Parameter Politik Peta Politik Nasional menuju Pilpres 2024 diikuti 1.200 responden melalui survei telepon dengan margin of error survei sebesar ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. []

Berita terkait
Politikus PDIP Jagokan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Politisi PDIP Effendi Simbolon menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI mengantikan Hadi Tjahjanto.
Gerindra Beri Sinyal Siap Koalisi dengan PDIP di 2024
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan terbuka pada opsi koalisi dengan PDIP di pilpres 2024 lantaran hubungan mereka baik.
Partai Golkar Klaim Menangi 70 Persen Pilkada di Sumut
Partai Golkar mengklaim 70 persen paslon usungan partainya bersama koalisi parpol lain unggul dalam Pilkada 2020 di Sumut.