UNTUK INDONESIA
Jambret di Kediri Babak Belur Dihakimi Warga
Satu korban jambret meninggal dunia karena kecelakaan di simpang 4 bence Kediri saat mengejar pelaku.
Pelaku jambret di Kediri ditangkap warga. (Foto: Tagar/Fendhi Lesmana)

Kediri - Seorang pelaku jambret berinisial P, 40 tahun, jadi bulan-bulan warga setelah tertangkap warga usai menjambret seorang perempuan di Jalan Raya Jalur Kediri-Blitar, Kelurahan Ngeronggo, Kota Kediri, Selasa, 28 April 2020.

P sempat diamankan di dalam rumah Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat untuk menghindari aksi main hakim sendiri.

Waktu kecelakaan korbannya pas jatuh, katanya kena jambret . Waktu itu pelakunya saya tangkap terus saya serahkan ke pak RT.

"Kulo mboten nate jambret (Saya enggak pernah jambret) pak ," ujarnya saat diinterogasi warga.

Dari hasil pemeriksaan warga, diketahui jika pelaku beraksi tidak sendirian melainkan bersama satu orang temannya yang berhasil kabur dari kejaran warga.

Saksi mata, Riswanda mengaku berhasil menangkap satu orang yakni P usai menjambret seorang wanita. Wanita tersebut terjatuh di jalan.

"Waktu kecelakaan korbannya pas jatuh, katanya kena jambret . Waktu itu pelakunya saya tangkap terus saya serahkan ke pak RT. Kalau enggak salah pelakunya 2 orang. Satu pelaku lainya kabur masuk ke sawah," kata dia.

Tak ingin terjadi main hakim sendiri, Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resort Kediri Kota Ajun Komisaris Gusti Agung Ananta datang langsung untuk mengevakuasi pelaku jambret.  

Begitu pelaku dibawa petugas secara spontanitas warga meneriaki pelaku corona dan menghajarnya beramai-ramai. Melihat massa tak terkendali Kasat Reskrim berusaha untuk menenangkannya.

"Yang main hakim saya tangkap ya, saya Kasat Reskrim," teriak Gusti.

Begitu mendapat ancaman ditangkap, warga berhenti memukuli pelaku dan langsung digiring ke dalam mobil petugas untuk dibawa ke Polres Kediri Kota.

Satu korban bernama Nanda mengatakan saat itu dirinya berboncengan bersama temanya usai mengantarkan pesanan di wilayah Kecamatan Pesantren.

Namun, dirinya tak sadar jika sudah dibuntuti oleh pelaku. Dan akhirnya pelaku berhasil mengambil handphone miliknya. 

"Pelaku sempat menendang motor kami sehingga terjatuh. Tapi teman berusaha mengejar," ujarnya. 

Namun nahas, saat berusaha menghentikan laju kendaraan pelaku . teman Nanda meninggal dunia karena terlibat kecelakaan dengan kendaraan lain.

Kepala Kepolisian Resort Kediri Kota Ajun Komisaris Besar Miko Indrayana membenarkan jika korban kecelakaan ada keterkaitan dengan kasus jambret. 

"Yang meninggal ini kan ada keterkaitan korban jambret, kemudian mengejar pelaku jambret menuju arah simpang 4 Bence," ujarnya kepada Tagar. 

Di simpang empat bence, korban mengambil jalur kanan selatan dari Blitar. Akibatnya dari arah berlawanan ada motor. 

"Akhirnya terjadi tabrakan melibatkan kendaraan lain, yang meninggal ini yang membonceng," tuturnya. []

Berita terkait
Masjid Setono Gedong, Sejarah Syiar Islam di Kediri
Sebelum Islam masuk, daerah Setono Gedong sebelumnya menjadi tempat sesembahan bagi warga Kediri menganut kepercayaan Animisme.
Dua Kaki Pencuri Mobil di Kediri Ditembak Polisi
Resmob Polres Kediri menembak kedua kaki pencuri mobil lintas daerah karena mencoba kabur saat hendak ditangkap.
Bonceng Tiga, Pemuda di Kediri Tewas Terlindas Truk
Kecelakaan terjadi saat sepeda motor berboncengan tiga saat hendak mendahului truk dan tidak bisa menghindari tabrakan di jalur Kediri-Blitar.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.