Ini Sayur dan Buah yang Baik untuk Kesehatan Paru-paru

Setiap orang tentu ingin memiliki organ tubuh yang sehat. Untuk mendapatkannya, bisa dengan mengatur pola makan dan kebiasaan yang sehat.
Ilustrasi - Sayur dan Buah yang Baik untuk Kesehatan Paru-paru. (Foto: Tagar/iStock)

TAGAR.id, Jakarta - Setiap orang tentu ingin memiliki organ tubuh yang sehat, untuk mendapatkannya, bisa dengan mengatur pola makan dan kebiasaan yang sehat. Misalnya memulai konsumsi buah untuk paru-paru. Penyakit gangguan pernapasan yang paling umum yaitu asma, penyakit paru akibat kerja dan hipertensi paru.

Penyebabnya bisa karena asap tembakau, faktor-faktor risiko lain seperti polusi udara, bahan kimia dan debu pekerjaan, serta infeksi pernapasan yang terjadi selama masa kanak-kanak. Untuk menjaga kesehatan paru-paru tetap sehat, bisa dengan mengonsumsi buah untuk paru-paru dan sayur.

Seperti kita tahu, sayur ataupun buah-buahan memang bagus untuk kesehatan. Tapi, ada pula anjuran lebih baik dalam mengonsumsi buah dan sayur untuk kesehatan alat pernapasan kita. Berikut Sayur dan Buah baik untuk Paru-Paru.


1. Bayam

Bayam dan sayuran berdaun gelap lainnya seperti kangkung, lobak, dan lobak hijau sarat dengan vitamin dan mineral, bayam mengandung phytochemical yang membantu mencegah kerusakan oksidatif, mengurangi peradangan, dan melawan kanker.

Konsumsi bayam setidaknya satu cangkir setiap hari untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan paru-paru dalam kondisi yang baik.


2. Brokoli

pecinta sayuran berdaun hijau gelap ini? Brokoli adalah sumber sulforaphane (SFN) yang baik, dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, antikanker, dan antimikroba.

Sulphoraphane ditemukan dapat mencegah kanker paru-paru, lambung, dan payudara. Konsumsi sejumlah brokoli rebus atau panggang setiap hari untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan paru-paru secara keseluruhan.


3. Apel

Apel kaya akan sumber antioksidan dan fitokimia (seperti katekin, asam klorogenik, dan phloridzin) Ini dapat membantu mengurangi risiko asma, kanker, peradangan, dan penyakit kardiovaskular.

Cobalah untuk rutin makan apel setiap hari untuk sarapan, atau sebagai camilan. Buah untuk paru-paru sehat ini salah satu yang mudah untuk didapatkan, bukan?


3. Buah Beri

Buah untuk paru-paru beri seperti stroberi, raspberry, cranberry, blackberry, dan blueberry, mengandung asam fenolik, flavonoid, tanin, asam askorbat, dan fitokimia.

Kandungan ini membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan, melindungi jantung, dan melawan berbagai jenis kanker bisa membuat olahan buah beri seperti smoothie, tambahkan ke oatmeal untuk sarapan, atau sebagai camilan biasa.


4. Aprikot

Aprikot tidak hanya lezat dan manis, tetapi juga dapat menjaga kesehatan paru-paru agar tetap baik. Para peneliti menemukan bahwa buah untuk paru-paru ini adalah sumber terbaik untuk vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan likopen, yang membantu mengatasi radikal bebas yang berbahaya.Aprikot juga memiliki sifat anti alergi, antimikroba, antiinflamasi, dan antikanker.


5. Jeruk

Jeruk adalah buah untuk paru-paru yang kaya akan vitamin C dan vitamin B6. Ini membantu paru-paru untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, ia juga tinggi dengan antioksidan untuk melawan infeksi dan peradangan pada paru-paru.

Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan dalam Allergy, Asthma & Clinical Immunology menemukan bahwa vitamin C memainkan peran penting dalam mengurangi asma akibat olahraga sebesar 52%. Asma yang disebabkan oleh olahraga mengacu pada penyempitan saluran udara di paru-paru yang disebabkan oleh olahraga berat.

( Iskandar Isnan )

Berita terkait
Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan Tubuh
Buah leci kerap ditemukan dalam banyak olahan makanan, seperti jeli, koktail, manisan, dan es krim buah leci juga dikenal banyak manfaatnya.
Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui
Jambu biji juga mengandung Antioksidan tinggi dan juga vitamin yang terkandung didalamnya.
Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan
Pohon jarak merupakan salah satu jenis tanaman semak yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.
0
Ini Sayur dan Buah yang Baik untuk Kesehatan Paru-paru
Setiap orang tentu ingin memiliki organ tubuh yang sehat. Untuk mendapatkannya, bisa dengan mengatur pola makan dan kebiasaan yang sehat.