Ibu dan Anak di Denpasar Tertipu Perwira TNI AD Gadungan

Tersangka NI ditangkap di kos-nya usai ketahuan bukan perwira TNI AD dan telah melakukan penipuan terhadap dua perempuan di Denpasar, Bali.
Penipuan berkedok perwira TNI AD gadungan di Denpasar ditangkap. (Foto: Tagar/Istimewa/Nila Sofianty)

Denpasar - Denpom IX/3 Denpasar menahan perwira Tentara Negara Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) gadungan berinisial NI usai menipu seorang ibu dan anaknya. NI menipu warga dengan mengaku berdinas di satuan intel TNI AD dan berpangkat kapten.

Kapenrem 163/Wira Satya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia mengatakan NI menipu warga berinisial J dan AN. Ida Bagus mengatakan JI ditangkap di rumahnya di Jalan Merta Sandi Nomor 1 Kepaon, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar pada Rabu, 11 November 2020.

Pertama NI meminjam uang sebesar Rp 1,5 juta pada Oktober 2020 dengan jaminan sebuah laptop. Pada bulan yang sama juga NI meminjam uang sebesar Rp 8,5 juta.

"Dia menipu dua warga pemilik warung ikan bakar dengan modus mengaku sebagai perwira TNI AD dengan pangkat Kapten," kata dia melalui keterangan tertulisnya kepada Tagar, Jumat, 13 November 2020.

Ida Bagus dengan menjelaskan penipuan di mulai saat NI berhasil menggaet NA. Karena sudah ada kedekatan akhirnya NI melancarkan aksinya untuk mengeruk keuntungan dengan modus meminjam uang jutaan rupiah sebanyak dua kali.

Baca juga:

"Pertama NI meminjam uang sebesar Rp 1,5 juta pada Oktober 2020 dengan jaminan sebuah laptop. Pada bulan yang sama juga NI meminjam uang sebesar Rp 8,5 juta. NI beralasan peminjaman tersebut untuk menalangi anggotanya yang lagi berdinas," tuturnya.

Merasa curiga dengan keanggotaan NI, korban mencoba mendatangi Ksatrian Praja Raksaka Kepaon, Denpom IX/3 Denpasar. Setelah dicek, ternyata NI bukan seorang anggota TNI AD.

"Berdasarkan hasil penyelidikan atas laporan korban ternyata NI ini bukan anggota TNI AD. Setelah tahu kami langsung tangkap yang bersangkutan di kos-nya di Jalan Merta Sadi Nomor 1, Banjar Mertasai Kepaio, Denpasar," tuturnya.

Karena bukan anggota TNI, selanjutnya tersangka NI diserahkan ke Kepolisian Resor Kota Denpasar untuk dijerat tindak pidana penimpuan.

"Karena tersangka adalah sipil, kita serahkan ke kepolisian untuk ditindak secara hukum," ucapnya.[]

Berita terkait
Garuda Luncurkan Penerbangan Kargo Rute Denpasar-Hongkong
Garuda Indonesia mulai Sabtu 7 November 2020, melayani penerbangan rute khusus kargo Denpasar-Hongkong.
Polisi Bekuk Pengedar dan Pecandu Narkoba di Denpasar
Polisi Denpasar mengamankan 37 orang yang terlibat kasus narkoba, 16 di antaranya pengedar.
Basarnas Denpasar Hentikan Pencarian KM Tanjung Permai
Basarnas Denpasar memutuskan menghentikan pencarian terhadap 11 ABK KM Tanjung Permai yang hilang di selat Badung Selatan.
0
Politikus PDIP Jagokan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Politisi PDIP Effendi Simbolon menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI mengantikan Hadi Tjahjanto.