UNTUK INDONESIA
Hasil Pajak Likuid Vape di Gresik Rp 12,1 Miliar
Bea Cukai Gresik memenen pajak dari cairan likuid rokok elektrik (vape) mencapai Rp 12,1 miliar.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Gresik, Jawa Timur memanem pajak dari cairan likuid rokok elektrik (vape) di wilayah itu mencapai Rp 12,1 miliar sepanjang semester I-2019

Kepala Bea Cukai Gresik, Bier Budi Kismulyanto menyebut penerimaan pajak itu hasil dari upaya Bea Cukai yang terus menggelar sosialisasi maupun penindakan.

Ia mengatakan, pungutan cukai likuid vape mulai efektif diberlakukan pada 1 Juli 2018 sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 146/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.

Sistem tersebut akan memberikan kemudahan dari sisi administrasi, baik untuk pemerintah maupun pelaku usaha.

Meski demikian, pemerintah sempat memutuskan melonggarkan aturan tersebut hingga 1 Oktober 2018. Keputusan tersebut, sejalan dengan sejumlah pengusaha vape yang belum memiliki pita cukai.

"Sejauh ini pajak vape mendapat respons positif dari pengguna di Gresik. Mereka justru beranggapan, penerapan cukai itu bisa membuat pemakaian likuid vape aman," kata dia di Gresik, seperti dilansir dari Antara, Jumat 20 Agustus 2019.

Direktur PT Ejuice Murah Jaya Makmur, sebagai salah satu industri likuid asal Gresik, Andy Kristanto mengatakan, penerapan pajak membuat penggunaan vape di wilayah setempat aman.

Namun, Andy meminta agar pemerintah menurunkan tarif cukai likuid karena dinilai terlalu tinggi, dan mengubah sistem tarif cukai menjadi sistem nominal.

"Sistem tersebut akan memberikan kemudahan dari sisi administrasi, baik untuk pemerintah maupun pelaku usaha," katanya.

Dengan sistem tarif cukai prosentase yang diterapkan saat ini, pemerintah akan kesulitan dalam pengawasan dan penghitungan cukai likuid.

Berita terkait
Pajak dan Retribusi BUMD Belum Dongkrak PAD Jabar
PAD Provinsi Jabar dari sektor pajak, retribusi daerah sampai deviden BUMD sampai saat ini belum banyak mendongkrak PAD di APBD 2019 Perubahan
Ini Alasan Pajak Randis Pemda Jeneponto Menumpuk
Kendaraan dinas Pemerintah Jeneponto banyak yang menunggak pajak. Ini alasannya
Bahan Baku Narkoba Liquid Vape dari Shanghai dan Belanda
Dittipid Narkoba mengamankan puluhan liquid vape dari Belanda. Liquid bermerk Dvtch Amsterdam mengandung narkoba jenis Cannabinoid atau zat dalam pohon ganja.
0
Jaringan Kiai Tahlil Sleman Dukung Kustini - Danang
Sejumlah tokoh kiai NU Sleman mendeklarikan diri dalam Jaringan Kiai Tahlil mendukung paslon Kustini - Danang pada Pilkada 2020.