Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menjalani Diet

Terapkan pola makan seimbang dan olahraga teratur
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Kita pasti akan merasa semangat saat baru memulai program penurunan berat badan. Tidak sedikit dari kita bahkan terobsesi untuk menurunkan berat badan dalam jumlah besar dengan waktu secepat mungkin.

Tapi, melakukan diet bukan hanya sekedar menahan lapar atau mengurangi asupan makanan.

Diet agar mendapatkan tubuh yang ideal tak perlu membuat kita tersiksa, ada 2 hal yang perlu diperhatikan agar diet yang kita jalani tetap aman untuk tubuh dan hasilnya maksimal.


Pola makan seimbang

Pola makan yang cepat mengenyangkan telah sering dikaitkan dengan asupan protein dan serat yang lebih tinggi, serta makanan dengan beban glikemik yang lebih rendah. Asupan protein yang tinggi dapat mencegah hilangnya massa otot dan meningkatkan oksidasi lemak.

Lebih lagi protein dikenal sebagai makronutrien yang memiliki Thermic Effect of Food (TEF) lebih tinggi daripada makronutrien lainnya, yakni kemampuan dimana makanan dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

Di sisi lain, adapun serat yangj berperan dalam mengontrol berat badan. Serat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dikunyah dan dicerna sehingga memungkinkan peptida di dalam usus untuk dilepaskan selama waktu makan, serta mencegah pengosongan lambung, hasilnya kita akan merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama.

Konsumsi makanan dengan kepadatan energi yang rendah seperti sayuran, buah-buahan utuh, dan kacang-kacangan, serta makanan rendah karbohidrat seperti daging tanpa lemak memiliki beban glikemik yang juga rendah sehingga dapat membantumu mengontrol berat badan.


Olahraga yang teratur

Olahraga memiliki efek yang positif pada penurunan dan pengendalian berat badan, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, olahraga secara teratur juga dapat meningkatkan oksidasi lemak dan sensitivitas otak terhadap leptin dan insulin, serta meningkatkan sinyal kenyang.

Salah satu latihan yang dapat membantu proses penurunan berat badan adalah aerobik. Latihan aerobik dapat mengurangi massa lemak, sedangkan latihan kekuatan meningkatkan massa otot, sehingga gabungan keduanya dapat membantumu dalam menurunkan berat badan.

Keberhasilan setiap orang dalam menurunkan berat badan dan mempertahankannya membutuhkan konsistensi, pola makan yang bisa diadaptasi secara berkelanjutan, aktivitas fisik, dan yang tak kalah penting, kesabaran. Karena itu penting untuk mengikuti pola diet yang sesuai dengan gaya hidup dan preferensi kamu sehingga dapat bertahan dalam jangka panjang. []


Baca Juga


(Hosea Leonard Hutabarat)

Berita terkait
5 Efek Samping Diet Keto yang Harus Anda Ketahui
Meskipun dapat menurunkan berat badan, diet ini masih menuai banyak kontroversi.
Tips Aman Mengonsumsi Seafood Saat Diet
Ikan dapat berkontribusi pada penurunan berat badan asalkan diolah dengan cara yang benar.
Beberapa Jenis Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan
Kita harus memilih jenis diet dengan pola yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus menjaga kesehatan tubuh.