UNTUK INDONESIA
Goenawan Mohammad: Saya Gak Niat Menampar Felix Siauw
Sastrawan Goenawan Mohamad menolak hadir sebagai pembicara di ajang IIBF 2019 lantaran adanya Felix Siauw diundang dalam acara tersebut.
Goenawan Mohammad. (Foto: Instagram/@patrickdanardono)

Jakarta - "Saya gak berniat menampar," kata Goenawan Mohammad ketika dikirimi link berjudul Ketika Goenawan Mohammad Menampar Felix Siauw oleh Tagar, Senin malam, 9 September 2019.

Sastrawan Goenawan Mohamad menolak hadir sebagai pembicara di ajang Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019. Hal itu lantaran adanya Felix Siauw yang juga diundang dalam acara tersebut.

Dalam kicauannya, GM, begitu dia akrab disapa, di akun Twitter, dia mengaku kecewa dengan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) mengundang ustaz mualaf itu.

"Dalam acara Indonesian International Book Festival, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menghadirkan Felix Siauw, orang yg menentang asas NKRI. Acara itu dibiayai dana publik yg dikelola NKRI. Sebuah hipokrisi," tulis @gm_gm.

Sebelumnya, pendiri Majalah Tempo itu diundang untuk mengisi panel diskusi pada pada hari ini, Jumat, 6 September 2019, bersama Direktur Frankfurt Book Festival, Jürgen Bosch.

Indonesian International Book Festival, berencana menghadirkan panel diskusi, dgn pembicara Jürgen Bosch, direktur Frankfurt Book Festival, dan saya. Saya membatalkan diri.

Namun, akhirnya dia memutuskan untuk membatalkan kehadirannya di IIBF 2019. Keputusannya ini menjadi perbincangan publik.

"Indonesian International Book Festival, berencana menghadirkan panel diskusi, dgn pembicara Jürgen Bosch, direktur Frankfurt Book Festival, dan saya. Saya membatalkan diri," kicau GM.

"Dalam acara IIBF, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menghadirkan Felix Siauw. Orang yang menentang asas NKRI. Acara itu dibiayai dana publik yang dikelola NKRI. Sebuah hipokrisi," kata dia.

Ketua Panitia Indonesian Internasional Book Festival (IIBF) Djadja Subagdja menyebut siapapun bisa dihadirkan asal membicarakan soal buku.

"Siapa pun yang tampil di IIBF koridornya adalah buku dan yang dibicarakan adalah buku yang tidak melanggar hukum," katanya.

Jadwal yang tertera dalam flyer dan buku agenda IIBF pukul 16.00-17.30 WIB, Felix Siauw tampil di panggung utama yang berlangsung di Hall A, Jakarta Convention Center.

Menurutnya, di hari pertama penyelenggaraan IIBF, Felix Siauw hadir dalam sesi diskusi membahas buku 'Wanita Berkarier Surga'.

"Kita di IIBF kan ada banyak acara ada 60 acara, beragam ada wisata literasi dan bedah buku Felix Siauw. 'Wanita Berkarier Surga', salah satu bukunya. Buku itu ya buku tentang wanita, gimana tugas wanita di rumah sebagai seorang ibu untuk mendidik anak-anak. Ada teladan wanita yang sudah berhasil. Itu aja sih ceritanya," kata Djaja.

IIBF yang diinisiasi oleh IKAPI digelar di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada 4-8 September 2019. []

Berita terkait
Ketika Goenawan Mohammad Menampar Felix Siauw
Goenawan Mohammad tak mau berbicara di International Book Fair 2019 karena ada Felix Siauw di sana. Tulisan opini Denny Siregar.
Goenawan Mohamad Sebut Prabowo Munahong, Sok Membela Rakyat
Goenawan Mohamad sebut Prabowo Subianto munahong, sok membela rakyat. Ini catatan GM selengkapnya.
Andi Arief Terjerat Narkoba, Goenawan Mohamad: Saya Sedih
Sastrawan Goenawan Mohamad Prihatin dengan kasus Andi Arief yang terjerat penyalahgunaan narkoba.
0
Kabut Asap Batalkan 5 Penerbangan ke Bandara Silangit
Kabut asap kembali membatalkan sejumlah penerbangan ke Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit.