UNTUK INDONESIA
Felix Siauw Tanggapi Imbauan Salat di Rumah
Ustaz Felix Siauw menanggapi imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) soal salat di rumah di masa corona (Covid-19).
Felix Siauw. (Foto: Instagram/@felixisauw)

Jakarta - Ustaz Felix Siauw menanggapi imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang salah satu poinnya menyarankan masyarakat untuk beribadah dari rumah, guna menekan penyebaran virus corona atau Covid-19. 

"Itu bukan menjauh dari Allah, justru menaati hukum Allah," kata Felix dalam siaran langsung di akun Instagram @felixsiauw, Rabu, 18 Maret 2020.

Baca juga: Ini Alasan Kakak Felix Siauw Jadi Mualaf

Orang salat di masjid bisa jadi makruh, apalagi kalau dia bisa menularkan ke orang lain, bisa jadi hukumnya haram.

Dalam video tersebut, pria 36 tahun itu juga berpandangan kalau upaya menunaikan ibadah salat di rumah bukanlah suatu tindakan mengubah hukum Allah.

"Kita sedang pergi dari satu keputusan hukum kepada keputusan hukum yang lain yang insyallah sama-sama halal," ujarnya.

Menurutnya, di tengah pandemi corona yang semakin meluas dari hari ke hari, maka menunaikan salat di masjid hukumnya dapat berubah menjadi makruh.

"Orang salat di masjid bisa jadi makruh, apalagi kalau dia bisa menularkan ke orang lain, bisa jadi hukumnya haram," tuturnya.

Felix beranggapan keputusan hukum dalam Islam dapat menyesuaikan situasi dan kondisi pada suatu masa. Namun, apapun keputusan hukum tersebut akan selalu berpegang pada dalil.

"Ini bukan permasalahan iman, tapi ikhtiar," katanya.

Felix SiauwSiaran langsung Felix Siauw melalui instagramnya. (Foto: Instagram/felixsiauw).

Sebelumnya, penulis buku Yuk, Berhijab itu sempat mengunggah sebuah foto yang memerlihatkan Felix tengah berjalan di sebuah bangunan tua. Dalam foto tersebut dirinya menuliskan hal serupa di kolom caption.

"Salat berjamaah itu istimewa, tapi bila Anda penderita TBC, hukumnya bisa menjadi berbeda bagi Anda, salat berjamaah bisa menjadi makruh bahkan haram, karena berpotensi menular," tulisnya seperti dikutip Tagar, Rabu, 18 Maret 2020.

Ceramah singkatnya pada postingan tersebut langsung dibanjiri komentar netizen. Beberapa warganet menanggapi positif, namun tak sedikit juga yang tak setuju dengan pendapatnya.

Baca juga: Kontroversi Felix Siauw-Sinta Nuriyah tentang Jilbab

Seperti komentar akun @widiyawith yang merasa keraguannya untuk menunaikan salat di rumah sementara waktu akhirnya terjawab sudah.

"Jazakallahu khoir tulisannya ustadz, saya awalnya ragu-ragu untuk meminta anak-anak laki-laki saya untuk jangan dulu jamaah di masjid, karena saya tauu anak2 laki2 harus jamaah di masjid, tapi karena sudah melihat fatwa MUI dan tulisan ustadz bismillah saya sudah bisa ambil keputusan untuk sekarang ini," tulis @widiyawith.

Namun, akun @cahyoahmadirsyad menilai Felix Siauw terlalu mencampuradukan pembahasan antara iman dan fikih.

"Sory ya lur,... komen paling serius yang pernah tak tulis....qqqqq...lha piye meneh....banyak yang rada gimana gitu nanggapi status antum....bras brus bras brus.... campur aduk antara apa yang harus dimasukkan dalam iman apa yang seharusnya masuk dalam pembahasan fikih....," tulis @cahyoahmadirsyad.

Senada dengan @cahyoahmadirsyad, akun @rezalvr08 melihat upaya salat di rumah semata-mata dilakukan karena takut tertular Covid-19.

"Saya kurang setuju dgn ustadz, dulu sebelum ada virus covid-19 orang sholat di rumah biasa aja tuh, gak ada rasa takut kepada Allah, lha sekarang sholat di rumah karena takut virus covid-19. Baru sadar kalo begini cara orang mikir," tulis akun @rezalvr08.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengimbau seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. 

Hal tersebut dilakukan seiring dengan kian meningkatnya angka pasien positif corona di Indoensia. Imbauan tersebut berisi permintaan agar masyarakat menerapkan social distancing dengan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah. []

Berita terkait
Denny Siregar: Fenomena Felix Siauw dan Ustaz Sejenisnya
Fenomena mualaf yang harusnya belajar malah didaulat mengajar. Kata generasi milenial, pembicara dan jemaahnya halu semua. Tulisan Denny Siregar.
Felix Siauw dan Bachtiar Nasir Ditolak di Yogyakarta
Keraton Yogyakarta tidak mengizinkan Kagungan Ndalem Masjid Gede Kauman digunakan untuk acara yang rencananya diisi Felix Siauw dan Bachtiar Nasir.
Kakak Felix Mualaf, Orang Tuanya Belum, Kok Bisa?
Freddy Siauw yang mengikuti jejak Felix memeluk Islam. Namun, hingga kini kedua orang tuanya masih beragama Katolik.
0
Jokowi Buka Kemungkinan PKL dapat Stimulus Ekonomi
Presiden Jokowi membuka kesempatan kepada pedagang kaki lima (PKL) mendapatkan stimulus kebijakan ekonomi dari pemerintah.