Evolusi Natalius Pigai, Saya Tidak Membela Abu Janda

Membahas kata EVOLUSI, status Twitter Abu Janda untuk Natalius Pigai yang membuat Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim Polri. Apa maksud evolusi itu.
Natalius Pigai. (Foto: Tagar/Instagram @natalius_pigai)

Judul Asli: Evolusi 

Kepada yang terhormat Kabareskrim Polri. Dengan hormat. Saya yakin sepenuhnya, Polri akan sangat berhati-hati dan cermat dalam menanggapi pengaduan masyarakat, lebih-lebih jika dikaitkan dengan isu SARA. Saya tidak sedang membela Permadi Arya alias Abu Janda. Saya hanya ingin menjernihkan suasana.

Kata evolusi banyak dipakai di semua bidang keilmuan dengan mengarah pada suatu fenomena unik masing-masing bidang. Di bidang keilmuan saya, yaitu Material Temperatur Tinggi, dikenal juga dengan istilah materials evolution, dan microstructure evolution, di mana dimaknai adanya perubahan sifat mekanik, sifat kimia, sifat fisik, sifat korosi, dan struktur mikro karena pengaruh temperatur tinggi, pola pembebanan mekanik dan dalam waktu cukup panjang.

Sama sekali saya tidak sedang mencampuri internal Bareskrim Polri, dan saya tidak sedang membela Permadi Arya alias Abu Janda.

Natalius PigaiNatalius Pigai dan Permadi Arya yang populer dengan nama Abu Janda. (Foto: Tagar/Detik/Instagram @permadiaktivis2)

Secara harfiah, kata evolusi menggambarkan suatu proses yang berjalan sangat lambat atau butuh waktu yang panjang. Panjang pendeknya waktu proses evolusi untuk bidang-bidang keilmuan, berbeda-beda.

Kata evolusi dalan twit Abu Janda di Twitter ditujukan kepada Natalius Pigai belum tuntas penulisannya. Jadi justru tidak bermakna sama sekali. Maksudnya apa? Hanya Abu Janda yang tahu apa maksudnya.

Kalau ada pihak-pihak tertentu mencoba menggiring ke arah evolusi ragawi manusia, agar bisa masuk kategori isu SARA, itupun tidak masuk akal. Karena, evolusi ragawi manusia waktunya amat sangat panjang, jutaan tahun, jauh lebih panjang dari usia manusia. Bagaimana bisa menuduh ke seseorang dengan evolusi ragawi? Tidak masuk akal.

Bisa jadi yang dimaksudkan Abu Janda adalah evolusi pola pikir. Saya mengalami sendiri suatu evolusi pola pikir, ketika saya sekolah, dalam memandang suatu proses belajar saya saat di sekolah hingga kampus. Suatu perubahan paradigma, di mana saya hafal dengan cara menghafal berubah menjadi hafal karena saya sering membaca dan memahami masalahnya. Evolusi pola pikir saya, tidak ada kaitannya sama sekali dengan keetnikan saya sebagai orang Jawa.

Sekali lagi, panjang pendeknya waktu evolusi tergantung bahasannya. Kata evolusi tidak bisa dimaknai dari aspek bahasa saja, namun harus melihat konteksnya.

Mohon maaf jika ada kata yang salah dalam tulisan ini. Sama sekali saya tidak sedang mencampuri internal Bareskrim Polri, dan saya tidak sedang membela Permadi Arya alias Abu Janda.

*Akademisi Universitas Gadjah Mada

Berita terkait
Denny Siregar: Abu Janda Permadi Arya Vs Natalius Pigai
Natalius Pigai memang pintar, membuka diri untuk dihina secara rasis, saat ada yang terjebak, ia mainkan. Apa Abu Janda rasis? Denny Siregar.
Natalius Pigai Sebut PDI Perjuangan Orang-orangnya Rasialis
Natalius Pigai, menuding PDI-P berisikan sekelompok orang yang rasis. Berikut penilaian mantan Komisioner Komnas HAM itu selengkapnya.
Profil Natalius Pigai, Viral Lewat Kasus Rasis Mirip Gorila
Berikut profil Natalius Pigai yang diduga menjadi korban rasisme Politikus Partai Hanura Ambroncius Nababan.
0
Pemprov DKI Bangun Tugu Sepeda, Anggota DPRD: Mending Bangun Tugu Ojek Online
Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan, sebaiknya Pemprov DKI Jakarta membuat tugu ojek online ketimbang tugu sepeda.