UNTUK INDONESIA
Manfaat Lima Macam Daun Buah-Buahan untuk Kesehatan
Daun buah-buahan ternyata memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh.
Daun Nangka. (Foto: Pixabay/sarangib)

Jakarta - Daun buah-buahan ternyata memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Hal inilah yang selalu diabaikan oleh kebanyakan orang pada umumnya. 

Meski rasanya cenderung pahit, tetapi siapa sangka dapat membantu melawan berbagai penyakit. Berikut Tagar rangkumkan daun buah-buahan yang menyehatkan tubuh. 

1. Daun Jambu Biji

Daun Jambu BijiDaun Jambu Biji. (Foto: Pixabay/shantanukashyap)

Daun biji jambu memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, karena dapat menyembuhkan penyakit ringan hingga berat. Zat flovanoid dan tanin yang terkandung mampu mengurangi diare dan membunuh mikroorganisme di lapisan usus. 

Namun juga bisa meningkatkan kualitas otak dan mengatasi penyakit di mulut. Bahkan, tinggi seratnya mampu menghambat penyerapan gula dalam darah sehingga mencegah diabetes, mengontrol kolesterol, menjaga kesehatan jantung, mencegah sembelit, menurunkan berat badan.

2. Daun Pepaya

Daun PepayaDaun Pepaya. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Rasa pahit yang dimiliki daun pepaya ini kerap kali menjadi alasan setiap orang tidak mau mengonsumsinya. Padahal, kandungan alkaloid yang ada di dalamnya berguna untuk menurunkan demam, mengurangi tekanan darah, membunuh mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, dan bakteri berbahaya lainnya.

Daun pepaya juga memiliki kandungan anti malaria yang bisa mengobati penyakit demam berdarah. Bahkan, bisa menjadi obat penambah nafsu makan, mengatasi nyeri haid hingga melancarkan ASI bagi ibu menyusui.

3. Daun Mangga 

Daun ManggaDaun Mangga. (Foto: Pixabay/Mvtteo)

Senyawa tanin dan anthocyanin yang ada di dalam daun mangga, dapat membantu penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh penyerapan gula berlebih ini.

Daun mangga memang populer dijadikan teh yang bisa mengatasi masalah pernapasan seperti flu, asma dan bronkitis, menurunkan tekanan darah, mengobati disentri, gangguan telinga hingga kecemasan berlebih.

4. Daun Nangka

Daun NangkaDaun Nangka. (Foto: Pixabay/sarangib)

Manfaat daun nangka ini mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Tetapi, kandungan phytonutrisi bisa mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker dan jantung. 

Bukan hanya itu, ternyata daun mangga juga dapat menyembuhkan luka dan obat bisul, penyembuhan sakit gigi, penurun panas dan tekanan darah, hingga melancarkan ASI bagi ibu hamil.

5. Daun Sirsak

Daun SirsakDaun Sirsak. (Foto: Pixabay/alidaferreira1985)

Daun sirsak terkenal memiliki khasiat untuk menyembuhkan kanker. Itu karena ada kandungan acetogenin yang mampu melawan sel kanker lebih kuat dari obat kemoterapi adriamycin.

Senyawa ini juga bersama annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat mampu mengobati penyakit asam urat yang sering dialami manula.  

Dengan kandungan zat yang dimiliki, daun sirsak juga mampu membuang racun dalam tubuh, meredakan nyeri punggung, rematik, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Meski memiliki banyak manfaat, kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan dan berkepanjangan, karena akan menimbulkan dampak yang buruk pada organ tubuh, seperti hati, ginjal, dan sistem saraf. Daun ini pun tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

Mulai sekarang jangan abaikan pentingnya daun buah-buahan untuk kesehatan tubuh kamu. Segeralah rasakan manfaatnya.[] 

Baca juga:

Berita terkait
Waktu Terbaik Mengonsumsi Buah-buahan
Ternyata mengonsumsi buah sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari. Bukan tanpa sebab, serat yang terkandung dalam buah akan memberi energi.
Manggis Sang Ratu Buah, Kenali Enam Manfaatnya Untuk Kesehatan
Manggis sang ratu buah, di balik daging putih berasa asam manis terkandung enam manfaatnya untuk kesehatan.
Yuk, Kenali Manfaat Buah Naga dari Warnanya
Ternyata, manfaat buah yang sering kita temui di sop buah tersebut berbeda tergantung warnanya loh! Mau tahu?
0
Dalam Sehari Dua Korban Meninggal Tenggelam di Gowa
Dalam sehari di kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, dua orang meninggal akibat tenggelam. Satu remaja berusia 16 tahun dan satunya anak SD 11 tahun.