UNTUK INDONESIA
Empat Cara Menjaga Kesehatan Mental Cegah Corona
Akibat wabah virus Corona atau Covid-19 yang semakin merebak membuat kesehatan mental seseorang akan terganggu.
Ilustrasi menjaga kesehatan mental. (Foto: monthlyreview.org/Saul Albert/Flickr)

Jakarta - Dampak wabah virus Corona atau Covid-19 yang telah merebak di sejumlah negara, membuat semua orang menjadi panik. Akibatnya mempengaruhi pada kesehatan mental dan efeknya bisa fatal jika dibiarkan. 

Apalagi dengan mendengar banyak pasien meninggal karena terserang virus Corona yang setiap harinya terus bertambah. Hal ini yang menjadikan rasa khawatir dan kepanikan selalu menghantui di masyarakat. 

Dilansir dari laman New York Times, Psikolog Lisa Damour membeberkan tips untuk menjaga kesehatan mental dari Covid-19.

1. Bekali Diri dengan Informasi yang benar

Tak jarang rasa takut muncul akibat seseorang hanya menerima sejumlah berita yang tidak jelas kebenarannya. Sehingga, masyarakat harus membekali diri dengan informasi yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Contohnya, informasi dari laman pemerintah dan surat kabar resmi yang sudah pasti akurat dan dijamin kebenarannya. 

2. Bergabung Grup Bermain

Saat social distancing, tentu aktivitas di dalam rumah terbatas sehingga dapat menimbulkan stres. Namun mengatasi kondisi tersebut disarankan mencoba bergabung dengan grup bermain.

Lisa mengatakan aplikasi Tik Tok bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan stres dan rasa panik. Dalam aplikasi tersebut, anak muda dapat membuat video unik mengenai kesehatan tangan. 

"Tapi pastikan Anda membatasi waktu di depan layar karena bisa mengganggu kesehatan mata," kata Lisa.

3. Membuat Distraksi

Bagi seseorang yang malas menyempatkan diri untuk membaca informasi yang benar, alangkah baiknya langsung membuat distraksi saja. Disarankan untuk melakukan beragam hal atau kegiatan yang membuat hati senang, seperti menyalurkan hobi, dan sebagainya. 

Lisa menuturkan otak seseorang dibagi menjadi dua kategori, yaitu apa yang bisa dikerjakan dan tidak. "Coba perbaiki suasana hati dengan melakukan apa yang bisa, contohnya berkebun atau bermain musik untuk mengalihkan pikiran dari yang tidak bisa dikerjakan itu," tutur dia.

4. Fokuslah pada Diri Sendiri

Melihat kondisi sekarang ini setiap orang bisa melakukan hal yang baru seperti memasak, menjahit, dan sebagainya untuk menghindari rasa panik dan khawatir. 

Fokus pada diri sendiri dan mulai mengerjakan hal-hal produktif bisa menjaga kesehatan mental.

Lisa menceritakan dirinya sekarang sudah mulai menyusun sejumlah kegiatan untuk mencegah rasa stres dan panik tersebut. Sebab, hal tersebut bisa mempengaruhi pada kesehatan mental. 

"Saya pribadi telah membuat daftar semua buku yang ingin saya baca dan hal-hal yang ingin saya lakukan," ujarnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Makeup Aman Wabah Virus Corona
Menggunakan makeup menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk diperhatikan saat merebaknya virus Corona.
Tips Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh Cegah Corona
Virus Corona sangat rentan menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Berikut Tagar berikan Tips meningkatkan imun tubuh.
Tips Betah #diRumahAja ala Dian Sastro
Dian Sastrowardoyo membagikan tips mengisi kebosanan ketika bekerja di rumah.
0
Tips Menggunakan AC yang Benar Selama Pandemi Corona
Selama pandemi Corona masyarakat sudah harus memperhatikan panduan penggunaan AC dengan benar agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.