UNTUK INDONESIA
Tips Makeup Aman Wabah Virus Corona
Menggunakan makeup menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk diperhatikan saat merebaknya virus Corona.
Ilustrasi alat makeup. (Foto: stuff.co.nz/RAPHAEL LOVASKI/ UNSPLASH)

Jakarta - Menggunakan makeup menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk diperhatikan saat merebaknya virus Corona atau Covid-19. Pasalnya aktivitas tersebut sangat berkaitan dengan sentuhan pada wajah.

Mengaplikasikan kosmetik ke wajah tentu harus memperhatikan kebersihannya karena ini salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona. 

Dilansir dari Antara, Co-Founder dan CMO Social Bella Chrisanti Indiana membagikan sejumlah tips merias wajah dengan cantik serta aman.

1. Mulai dan Akhiri dengan Tangan yang Bersih

Chrisanti Indiana menganjurkan untuk membiasakan mencuci tangan selama 20 detik saat menggunakan sabun dan air mengalir sebelum mengaplikasikan produk perawatan wajah.

"Pastikan tangan sudah benar-benar bersih ya, termasuk bagian bawah kuku dan sela-sela jarimu. Jangan lupa untuk juga mencuci tangan setelah mengaplikasikan makeup," kata Chrisanti Indiana.

2. Hindari Bertukar Alat atau Produk Makeup dengan Orang Lain

Sudah tidak umum lagi khususnya kaum hawa untuk saling meminjamkan alat atau produk makeup pada orang lain. Namun hal ini sangat tidak disarankan saat virus Covid-19 sudah mulai mewabah.

Perlu diingat, serupa dengan barang-barang lain pada umumnya, alat atau produk makeup juga rentan dalam menyebarkan virus dan bakteri. Sehingga, kaum hawa harus mulai menjaga kebersihan peralatan makeup

3. Hindari Menggunakan Makeup di Tempat Umum

Walaupun saat ini sejumlah kegiatan di luar rumah dibatasi, namun ada beberapa acara yang tidak mungkin untuk dihindari seperti pernikahan, rapat krusial atau bekerja di kantor.

Chrisanti menyarankan merias wajah di rumah sebelum berangkat ke beberapa tempat tersebut. Hal ini sebagai bentuk meminimalisir alat rias terpapar virus dan bakteri. Misalnya, saat di transportasi atau toilet umum.

4. Membersihkan Alat Rias

Alat rias atau makeup juga penting untuk dibersihkan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menghindari paparan virus serta bakteri pada wajah nantinya.

Caranya mudah, cukup rendam secara berkala terutama, spons, kuas, atau beauty blender dengan air hangat. Namun, bisa juga dengan mengelap packaging makeup, misalnya bedak, blush on, lipstik dengan cairan alkohol atau tisu anti bakteri. Jangan lupa pastikan juga sejumlah alat tersebut kering sebelum digunakan kembali agar terhindar dari jamur.

5. Jangan Menggunakan Tester Produk Langsung ke Wajah

Menggunakan tester harus dilakukan dengan benar untuk meminimalisir risiko tertularnya bakteri dan penyakit, termasuk virus Corona. Namun, sebaiknya lebih berhati-hati ketika memakai sejumlah tester produk kecantikan pada wajah. Misalnya saat mencoba lipstik, cukup oleskan di tangan atau bagian kulit lain saja agar tidak merusak tekstur bibir.

6. Membeli Produk Secara Daring

Membeli produk secara daring atau online menjadi salah satu cara alternatif untuk mengurangi interaksi dengan keramaian. Hal ini menjadi upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 agar tidak semakin merebak. Namun, jangan lupa pastikan juga membeli produk di tempat yang aman serta terpercaya.

7. Makan dan Minum Bernutrisi

Makanan dan minuman bernutrisi juga sangat penting diperhatikan supaya penampilan terlihat cantik dan sehat. Tak perlu produk mahal untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cukup hanya rutin konsumsi makanan bergizi dan minum air putih sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit.

atau riasan wajah tampak lebih berkilau. Jadi, jangan abaikan hal tersebut jika ingin terlihat cantik alami. []Memang kulit dan badan yang sehat akan menunjang makeup atau riasan wajah tampak lebih berkilau. Jadi, jangan abaikan hal tersebut jika ingin terlihat cantik alami. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Asyik Manfaatkan Waktu Isolasi Corona di Rumah
Akibat virus Corona atau Covid-19 membuat banyak orang mulai berkegiatan di rumah dan mengisolasi diri.
Tips Work From Home Agar Produktif
Belajar dan bekerja dari rumah hanya dalam waktu sementara selama berlangsungnya pandemik virus corona.
Tips Cegah Virus Corona Terhadap Manula
Manula atau orang tua sangat rentan terhadap virus Corona atau Covid-19 yang sedang mewabah di sejumlah negara.
0
Tips Makeup Aman Wabah Virus Corona
Menggunakan makeup menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk diperhatikan saat merebaknya virus Corona.